Senin, 03 Januari 2022

Kaleidoskop Film Indonesia x Dita Tahun 2021 Part 2

Part 2 akan diisi dengan Top 10 film favoritku tahun 2021, diurut dari yang disuka sampai paling disuka :


10. June & Kopi


Sutradara : Noviandra Santosa

Perusahaan produksi : Aurora Films

Available on : Netflix


9. Tersanjung The Movie


Sutradara : Pandu Adjisurya, Hanung Bramantyo

Perusahaan produksi : MVP Pictures, Dapur Film

Available on : Netflix


8. One Night Stand

Sutradara : Adriyanto Dewo

Perusahaan produksi : Relate Films

Available on : Bioskop Online


7. Losmen Bu Broto

Sutradara : Ifa Isfansyah, Eddie Cahyono

Perusahaan produksi : Ideosource Entertainment, Paragon Pictures, Fourcolours Films, Ideoworks

Available on : -


6. Yang Tak Tergantikan

Sutradara : Herwin Novianto

Perusahaan produksi : Falcon Pictures

Available on : Disney+ Hotstar


5. Sobat Ambyar


Sutradara : Charles Gozali, Bagus Bramanti

Perusahaan produksi : Magma Entertainment, Ideosource Entertainment, Paragon Pictures, Rapi Films

Available on : Netflix


4. Backstage

Sutradara : Guntur Soehardjanto

Perusahaan produksi : Paragon Pictures, Ideosource Entertainment, Astro Shaw, Endeavor Content, NFC Indonesia

Available on : -


3. Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas

Sutradara : Edwin

Perusahaan produksi : Palari Films, Phoenix Films, E&W Films, Match Factory Productions, Bombero International, Kaninga Pictures

Available on : -


2. Aum!


Sutradara : Bambang "Ipoenk" Kuntara Mukti

Perusahaan produksi : Lajar Tantjap Film

Available on : Bioskop Online


1. Yuni


Sutradara : Kamila Andini

Perusahaan produksi : Fourcolours Films, Kharisma Starvision Plus, Akanga Film Asia, Manny Films

Available on : -

Minggu, 02 Januari 2022

Kaleidoskop Film Indonesia x Dita Tahun 2021 Part 1

After one bleak year, aka 2020, Indonesian Cinema is having a wave this year. And I couldn't be happier, thus, I decided to do this kinda post again to celebrate Film Indonesia in 2021. Yay!

Sejauh ini, aku lumayan clean slate dengan tidak melewatkan satupun film dengan "potensi tinggi tidak mengecewakan" di 2021. Walau setelah dihitung hitung, film Indonesia yang kutonton ternyata baru 21 dari seratus lebih film Indonesia yang rilis tahun ini. Delapan di antaranya ditonton di bioskop offline dan sisanya di OTT.

Sebelum aku umumkan 10 film favoritku di antara 21 film itu (wkwk konyol juga ini mau sok sok bikin list tapi nonton film juga ga serajin itu :P), aku mau berbagi beberapa kategori yang aku sarikan dari film film yang sudah aku tonton tersebut. Enjoy the recommendation!


Memorable Scene

Hot scene di One Night Stand, yang awal yaaa, bukan yang di akhir film hehe. Kudos buat Adriyanto Dewo, Agnes Naomi dan Jourdy Pranata yang bisa meramu scene paling memorable di tahun 2021. Jarang banget aja nemu scene ginian di film Indo, dan dengan eksekusi yang berhasil pula, jauh dari kesan canggung. Oh iya sebagai pembuka, scene ini juga lumayan bisa nge-set mood buat keseluruhan film.

Special mention untuk adegan adegan komedi di sepanjang 2021 yang menyelamatkanku dari kesedihan karna cintaku bertepuk sebelah tangan : date pertama karakter Jatmiko setelah diputusin Saras di Sobat Ambyar, adegan melahirkan di Tersanjung The Movie, adegan kebun binatang di Aum!, dan semua dialog Laura di Paranoia (yang terakhir konyol tapi menghibur).


Best Opening

Opening Losmen Bu Broto yang mengingatkan sama opening film Arisan. Warna warni ceria, dan efektifitasnya mengenalkan penonton sama setting Losmen yang akan jadi nyawa di sepanjang film.


Best Ending

Aku suka banget endingnya Yuni baik yang festival version maupun theatherical version. Yang festival version berasa magis, sendu dan indah sekali secara visual. Trus diiringi narasi puisi dan musikalisasi yang bagaikan nyanyian surga di telingaku. Endingnya open yang bisa memantik diskusi setelah nonton (the best thing about cinema, if you ask me).

Ending versi bioskop berbeda sedikit dengan tambahan 1 scene dengan nuansa dreamy. Scene ini tanpa dialog, hanya diiringi lagu akustik tapi ngasih statement yang menurutku sangat kuat tentang apa yang menjadi inti dari film ini. Dan entah kenapa aku kuat nahan nangis di sepanjang nonton Yuni tapi pas adegan ini dada rasanya mau meledak karna sesak.


Best Ensemble Cast

Aum! diisi sama empat pemeran utama yang sama kuatnya dan deretan pemeran pendukung yang tampil tanpa cacat sesuai porsinya masing masing.

***

Kali ini aku mau ngeranking penampil terfavorit aku di sepanjang 2021. Aku urutkan dari yang paling aku suka yaaa...

1. Lulu Tobing (Yang Tak Tergantikan)

Satu hal yang aku suka banget adalah gimana Lulu Tobing bisa delivery skrip yang panjang dan berat dan kesannya menggurui menjadi bisa diterima sebagai percakapan sehari hari aja gitu. Selain itu aku suka roller coaster emosi karakternya dari yang sedih, marah dan content. Ga ngomong bahagia karna kayaknya ga pernah dikasih bahagia ini karakter :')

2. Ladya Cheryl (Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas)

Suka sekali sama gestur Ladya saat jatuh cinta, totalitas adegan aksinya, cara dia membangun chemistry baik dengan Ajo Kawir maupun Budi Baik. Di sini dia berkelahi, patah hati, trauma, hamil, marah dan kita bisa merasakan semua emosi itu. Well, setidaknya aku bisa merasakan semua itu.

3. Putri Marino (One Night Stand)

Gak tau ya, menurutku ini akting Putri Marino paling aku suka sih tahun ini. Dari cara dia menghembuskan nafas aja tuh udah beda dari peran yang lain, kayak ini tuh Lea yang aku liat. Dia jadi a whole new person aja gitu di film ini.

4. Kevin Ardilova (Yuni)

Di paruh awal, aku suka banget gimana Yoga digambarkan sebagai cowo cupu dan pemalu dan itu ada banget di sekitar kita bukan?? Trus bagai menaiki anak tangga satu per satu, karakter Yoga bermetamorfosis jadi lelaki jantan seiring dengan rasanya yang samar samar dibalas Yuni, gongnya menurutku pas dia cium Yuni hehe. Ga hanya gaya rambutnya yang dibuat obvious berubah, gestur Kevin pun berubah sepanjang film. Smooth.

Ps, tapi adegan merokok menurutku ga perlu.

5. Muhammad Khan (Yuni)

Ini sebenarnya cuma secuil sih perannya, jujur aku ragu juga mau masukin atau engga di list ini hehe. Tapi di semua adegan yang ada dia, aura mas mas sok ganteng sangean sok iye itu sangat terpancar. Ga ngerti lagi.

6. Neneng Wulandari (Yuni)

Surprise of the year! Neneng bermain dengan porsi yang sangat pas untuk komedi dan drama pendukung di Yuni, baik di adegan full dialog maupun di adegan tanpa dialog.

7. Jefri Nichol (Aum!)

Jujur bingung mau milih siapa dari Aum! untuk dimasukkan di list ini karna menurutku kekuatannya ya saat semua ngumpul gitu. Tapi aku pribadi suka sekali muka tolol Jefri Nichol di paruh kedua. Aku ga pernah nonton film dia sebelumnya jadi ga bisa bandingkan apakah itu default mukanya atau memang segitu bagus aktingnya memerankan aktor pendatang baru yang hanya mau menampilkan yang terbaik.

8. Clara Bernadeth (Tersanjung The Movie)

Satu satunya kekurangan dia adalah totalitas penggunaan bahasa yang ga sesuai setting, but I guess that's on the director, not her. Selain itu menurutku Clara sukses memerankan karakter Yura dan membawa penonton bergembira, bersedih dan bersimpati. Karakternya juga berkembang sepanjang film dan Clara cukup luwes menggambarkannya.

9. Nirina Zubir (Paranoia)

Asli kalau bukan karna akting Nirina mah boro boro ikutan parno yaaa. Film ini benar benar bergantung sama akting dia dan Lukman Sardi, tapi tetap kekuatan utamanya menurutku di Nirina.

10. Bhisma Mulia (Sobat Ambyar)

Another surprise of the year!! Doi bahkan belum punya laman Wikipedia saking masih perawan karirnya. Tapi aku pribadi suka banget akting dia di Sobat Ambyar ini. Sedihnya, bahagianya, nular. Bonus poin karna gantengnya bukan ganteng tipikal bintang film jadi berasa karakternya ini ya lebih membumi.

Setelah dibaca baca lagi aku kayak maksain banget ya antimainstream ga masukin Arawinda dan Putri Marino (di Losmen Bu Broto) yang banyak menuai penghargaan hehe. Tapi ini preferensi pribadi ya, kalau listnya dibuat sampai 15 pasti mereka masuk, bersama Sisca JKT48 di Sobat Ambyar atau Kevin Ardilova di Tersanjung The Movie, tapi ya karna listnya ga mau terlalu panjang jadi dibuat 10 besar aja.

Bersambung ke part 2 karna ternyata kepanjangan :P

Kamis, 28 Oktober 2021

Es Coklat Terbaik Part 1

 - Cafe XXI

Seri coklatnya ada 2 (cmiiw), yaitu Premium Iced Chocolate & Milo Dinosaurus. Yang bikin cinta banget sama Premium Ice Choco itu potongan coklat batangnya yang manisnya pas dan ngasih tekstur. Trus kalau Milo Dino surprisingly rasanya ga medok milo tapi ya es coklat yang ditaburin bubuk milo di atasnya. Enak!


- Janji Jiwa

Es Susu Soklat. Sebenarnya B aja, cuma endeus karna di Janji Jiwa ada pilihan pakai topping ice cream. Dan minum es coklat dikasih topping ice cream coklat tuh ena bangaaaattt. Menurutku rasanya Es Soklat ini dominan banget menyerupai susu kental manis coklat, pekat gitu dia, jadi jelas beda rasanya sama minuman bubukan.


- Kopi Lain Hati

Es Coklat Pak Muh is the best! Sebenarnya sih ini ga medok coklat, tapi sebagai penggemar aroma dan rasa rum ini tuh oks gilsss. Trus ada whipped cream-nya juga yang mengimbangi rasa manis dari es coklat dan segarnya rum itu.


- Point Cafe

Seri KopiBaper alias Kopi Bawa Pergi tapi ini masuk di menu non kopi hehe. Yang aku favoritkan adalah menu Choco Nut. Nah kalau Pak Muh, coklatnya ada aroma dan rasa rum yang kental, di sini itu diganti sama nut alias kacang. Nah perpaduan keduanya itu pas menurutku ga saling overpowering aja gitu.


- Chatime

My favorite one and only : Chocolate Mousse. Coklat yang medok + whipped cream adalah kebenaran sejati. Selain itu aku juga wajib pakai topping Grass Jelly alias cincau untuk kasih tekstur gigit gigit manja (karna cincaunya lembut banget sih hampir ga berasa kalau digigit wkwk).

***

Yang udah dicoba tapi menurutku B aja : Starbucks, Jco, Dunkin Donuts, Satu Kata Coffee Co. Kalau ada rekomendasi es coklat lainnya (terutama dom Samarinda) ditunggu komentarnya yaaa...

Senin, 11 Oktober 2021

Tiga Bulan Terakhir

 .... di tahun 2021, insha Allah akan ketemu film film Indonesia menyenangkan. Hooray!!

Kalau kalian butuh rekomendasi mau nonton apa di bioskop, maka kalian sudah berada di halaman web yang tepat. Berikut daftar film yang akan segera tayang di bioskop kesayangan anda, lengkap dengan jadwal premier, sinopsis dan trailernya. Mari ramaikan bioskop dan tetap patuhi prokes (jaga jarak, pakai masker, segera vaksin)!

Catatan : list update tgl 04/November/2021

ENJOY THE LIST!!

1. Nussa (14 Oktober 2021)


NUSSA, si juara bertahan science fair, ingin kembali memenangkan lomba dengan roket rancangannya didampingi oleh ABBA. Namun, eksperimen roketnya telah gagal, dan teman-teman beralih memperhatikan kecanggihan roket JONNI, anak baru di sekolah sekaligus rival lomba baginya.

2. Paranoia (11 November 2021)


Bercerita tentang Dina, yang melarikan diri dari suaminya, Gion. Ia diburu karena selain lari bersama anak mereka, Laura, ia juga membawa sebuah barang berharga. Dalam persembunyian, seorang pria tak dikenal yang bernama Raka, muncul dan mengusik hubungan Dina & Laura. Situasi menjadi bertambah sulit dan ancaman semakin mendekat.

3. Cinta Bete (18 November 2021)


Setelah Bete, seorang perempuan yang tinggal di perbatasan Atambua, Nusa Tenggara Timur, mengalami menstruasi, ia "diperkenalkan" oleh ayahnya bahwa ia siap dipinang. Setelah Emilio, laki-laki yang ia cintai ingin menjadi pastor, Bete memutuskan untuk kawin lari bersama Alfredo.

4. Losmen Bu Broto (18 November 2021)


Film Losmen Bu Broto menceritakan keseharian Pak Broto dan Bu Broto mengelola sebuah losmen keluarga dibantu dengan ketiga anaknya.

5. Kadet 1947 (25 November 2021)


Sekelompok kadet dari sekolah penerbang Angkatan Udara di Maguwo, yaitu Sigit (Bisma Karisma), Mul (Kevin Julio), Har (Omara Esteghlal), dan Adji (Marthino Lio), berambisi untuk ikut serta menjaga Indonesia dari Belanda. Namun, ambisi mereka terhalang berbagai rintangan dikarenakan mereka masih berstatus pelajar Angkatan Udara, sehingga mereka tidak mendapat izin untuk membawa pesawat dan senjata.

6. Yowis Ben 3 (25 November 2021)


Di tengah ketenarannya sebagai grup musik, Yowis Ben, terancam kehilangan salah satu personilnya dan juga manajer yang selama ini mendampingi mereka.

7. Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas (02 Desember 2021)


Ajo Kawir, seorang jagoan yang tak takut mati. Hasratnya yang besar untuk bertarung didorong oleh sebuah rahasia, ia impoten. Ketika berhadapan dengan seorang petarung perempuan tangguh bernama Iteung, Ajo babak belur hingga jungkir balik, dan dia jatuh cinta. Akankah Ajo menjalani kehidupan yang bahagia bersama Iteung dan, pada akhirnya, berdamai dengan dirinya?

8. Akhirat : A Love Story (02 Desember 2021


Akhirat: A Love Story mengisahkan tentang Timur (Adipati Dolken), seorang akuntan muda yang jatuh cinta kepada perempuan bernama Mentari (Della Dartyan). Meski keduanya memiliki perbedaan, tetapi Timur dan Mentari tetap teguh bersama. Namun nasib nahas menghampiri mereka yang tertimpa kecelakaan mobil serta membuat mereka koma. Timur dan Mentari lantas bertemu di alam baka.
Tak ingin dipisahkan, Timur dan Mentari kini menjelajahi ruang antar dunia akhirat dan bertemu dengan jiwa-jiwa lain yang juga memilih nasib yang sama. Akankah cinta mereka kekal dan mereka dapat kembali ke dunia?

9. Yuni (09 Desember 2021)


Yuni (Arawinda Kirana) seorang gadis píntar dan mempunyai mimpi yang sangat besar. Impiannya ingin bisa kuliah setinggi-tingginya. Suatu hari, Yuni dilamar oleh seorang pría yang tidak dikenali. Ia menolak lamaran tersebut dan menjadi bahan pembicaraan orang-orang disekitarnya. Lamaran kedua pun datang, Yuni masih menolak dan lebih memertingkan untuk menggapai cita-citanya. Namun, sebuah mitos menghantuínya yang dimana jika seorang perempuan menolak dua kali lamaran, dia tidak akan pernah menikah selama-lamanya. Menghadapi semua tekanan yang terjadi dalam hidupnya, membuat Yuni harus berhadapan dergan Yoga (Kevin Ardilova), teman semasa kecilnya yang pemalu serta Pak Damar (Dimas Aditya), guru sastra favoritnya di sekolah.

10. Teka - Teki Tika (23 Desember 2021)


Saat sedang merayakan ulang tahun pernikahan bersama keluarga, Budiman (Ferry Salim), seorang pengusaha kaya tiba-tiba dikejutkan oleh kemunculan seorang perempuan misterius yang mengaku sebagai anak kandungnya yakni Tika (Sheila Dara Aisha).

11. Backstage (30 Desember 2021)


Backstage menceritakan tentang perjuangan Elsa (Vanesha Prescilla ) yang ingin menjadi seorang bintang terkenal. Sebelum itu, Elsa harus menggunakan suara kakaknya, Sandra (Sissy Priscillia) untuk menjadi penyanyi.

***

TBA alias belum ada jadwal rilis, tapi karna dah beredar trailer maka aku masukkan di list juga ya

12. Jakarta vs Everybody


Jakarta vs Everybody mengisahkan sosok Dom yang berusia 23 tahun memutuskan untuk pergi merantau ke Jakarta. Tujuan Dom pergi ke Jakarta adalah untuk mengejar mimpinya sebagai aktor ternama di Ibukota. Namun perjalanan untuk menjadi aktor tidaklah mudah. Dom harus menghadapi kesulitan hidup di kota metropolitan. Hingga pada suatu hari Dom bertemu dengan Pinkan dan Radit. Dom akhirnya bergabung dengan Radit dan Pinkan yang ternyata menjadi kurir narkoba. Dengan memanfaatkan bakat aktingnya, Dom melakukan pekerjaan kurir narkoba agar tidak dicurigai. Dengan bantuan dari atasan sekaligus bandar narkoba (Pinkan), Dom belajar menjadi kurir narkoba. Dom akhirnya bertemu dengan Khansa yang berprofesi menjadi perias mayat, yang akhirnya menyadarkan Dom untuk kembali ke jalan mimpinya.

13. Preman


Seorang penjahat tuna rungu dengan masa lalu yang traumatis dan putranya harus berjuang keluar dari desa kecil mereka di Indonesia setelah menyaksikan pembunuhan yang mengerikan, mengadu domba gangster dengan kelompok massa yang mempekerjakannya.

14. Tali Mati


Tak lama setelah secara bersamaan mendapat firasat tentang ibu mereka, Hari (Cornelio Sunny) dan adiknya Eka (Widika Sidmore) mendapat kabar bahwa ibu mereka telah melakukan bunuh diri. Bersama pacar Eka, Adi (Morgan Oey), mereka pergi ke desa asal mereka untuk menghadiri pemakaman dan mencari pemelihara harta keluarga.

Cat : Sumber Sinopsis dari cuplikan di Wikipedia

Selasa, 24 Agustus 2021

Ending Scene

We tried, but it just didn't work out :)

Sedih sih, tapi dipikir pikir, terharu juga ada orang yang mau nyoba sama aku meski ya, endingnya ga sesuai harapan.

Aku hidup udah bertahun tahun untuk menyaksikan sendiri puluhan kisah manis yang palsu, tapi aku yakin apa yang dulu kita jalanin bukan satu di antaranya. The moments are real, the feelings are real.

Kamu yang baik sekali, semoga selalu jadi orang baik dan jujur seperti yang selama ini aku kenal. Aku paham, tidak pernah ada satupun tindakan kamu yang berniat nyakitin perasaan aku bahkan sampai titik ini. We simply just didn't work out. Tapi kamu baik, semoga Tuhan juga selalu memberikan jalan yang baik untuk kita kemana pun kita melangkah.

With love,

yours.