Selasa, 12 Maret 2019

Jangka Pendek

Buat aku, periode cuti selalu jadi periode merenungkan banyaaaak hal. Secara anaknya mageran banget ya, cuti ya di rumah aja. Mandi makan berak. Hiburannya juga di rumah, baca buku, nonton film atau variety show Korea dan twitteran. Serumahan itu. Ga produktif samsek. Makanya aku malu deh sama orang kayak Alira atau mbak Trinity karna duhhh kayaknya aktif banget dese.

Haha ya itulah aku.

Anyway, dari hasil perenungan itu, ada beberapa goal yang ingin aku capai. Untuk itu, aku bakal bikin kebiasaan jangka pendek untuk selangkah lebih dekat dengan goal goal itu. Mari dijabar di blog ini kebiasaan apa aja itu dan deadline-nya kapan untuk dilihat gimana aku merealisasikan kebiasaan ini.

TABUNGAN

Selama ini aku nabung sporadis aja. Huhu sediiih dipikir padahal kalau mau serius nabung dari beberapa bulan pertama kerja harusnya bisa. Kelamaan fase honeymoon sama duitnya aku tuh T_T But better late than never, aku mau mulai serius nabung dan invest mulai dari sekarang.

Lebih lengkapnya tentu ada di financial plan aku yang konsumsi pribadi ya. Tapi aku mau jabarkan kasarannya di sini. Jadi dalam sebulan, aku punya gaji pokok dan gaji tambahan (nilainya minimal 1 kali gaji pokok, bisa lebih 2 kali lipat). Nah yang mau aku jadikan tabungan itu yang gaji pokok. Ini bakal aku keep per bulan, sampai tercapai nilai minimum yang aku mau. Let's say, nilai minimum aku itu 4 kali gaji pokok aku. Sisanya bakal aku bikin tabungan untuk liburan (ini salah satu goal liburan aku dalam hidup hehehe). Huuu dari dulu udah beberapa kali mau planning trip ini kehalang karna aku senewen :P Nah kebetulan kali ini seperti ada cahaya terang, jadi semoga aja jadi kali ini ya. Peernya cuma tinggal ngumpulin duit yang banyak!!!

Untuk uang menyambung hidup dan foya foya, aku bakal maksimalkan dari gaji tambahan itu. Ada beberapa strategi yang bakal aku pakai. Let's see keakuratannya dalam beberapa minggu ke depan ya hehe.

Beberapa hal foya foya yang ga bisa aku skip : buku (more on this later), salon (also later), jajan di saat orang lain juga jajan. Ok yang terakhir perlu elaboration kayaknya haha. Seperti yang aku bilang aku anaknya mager. Frekuensi ke luar rumah khusus untuk jajan itu bisa dikontrol (yay) dan ga ada gofood juga toh di lingkungan aku. TAPI sebagai supir motor di rumah, aku harus selalu siap kalau adek aku minta beli ini itu. Nah di situlah aku ga bisa give up untuk ga jajan juga. Haha. Oke selain itu juga aku ga bisa give up : nonton film Indonesia pilihan di bioskop. Sumpah ini favorit banget dan sesungguhnya yang masuk kriteria pilihan itu jarang ada, jadi ya tentu ga bisa skip. Satu lagi yang tentu ga bisa dilewatkan... album Winner! Haha so far udah kebeli semua selain 2014 S/S Limited White Version. Tentunya sama future album kalau mereka comeback lagi hehe. Sama traktir keluarga kalau family dinner? I don't wanna skip it too!

SKIN CARE

Aku bukan skin care atau make up junkie jadi aku ga pernah kecolongan pengeluaran di bidang ini. Paling kecolongan di sifat impulsif aku yang bisa tiba tiba beli 1 item mahal gituuu. Gemes juga ini kebiasaan. Jadi nyambung dari nabung, aku bener bener akan membatasi pengeluaran di dua bidang ini.

Kutulis yang aku ga bisa give up deh biar jadi acuan buat lifestyle baru ini.

Skin care routine aku cuma : double cleansing (oil and foam), moisturizer sama facial mask (wash off, no more random sheet mask huhu). Make up cukup bedak bayi dan lip cream Maybelline. Yang lainnya aku ga bisa give up adalah set Moisturizer + EDT White Musk Body Shop. Duh favorit banget baunyaaa. Trus hair care aku yang harus L'oreal warna ungu itu satu set sama conditioner Rudy yang ginseng. Oke itu aja ya Ditaaaa, stick to the plan!

Nah yang peer banget banget itu adalah aku... salon junkie banget!!!! Parah ini sih parah. Apalagi semenjak kerja, tiap off pokoknya aku ke salon. Dan aku tipe yang adventurous banget deh. Salon kampung iya, salon mall iya, berbagai macam pijet dan lulur suka, nail care gitu aja juga suka. Paling gong aku pernah ke Tenggarong asli buat nyobain satu salon doang (punya mantan Bupati yang mewah blas). Duh gemassss berasa crazy rich banget tapi ini tuh emang menyenangkan banget :( Well, karna tau ini ga sehat buat dompet jadi aku berusaha humbling dan downgrade gaya hidup aku deh. Aku bakal bikin jadwal ke Salon dan membatasi perawatan apa yang mau diambil. Oke semoga ini dijalankan.

DIET PLAN

Diet diet di site itu bakal susah banget sih jadi aku ga mimpi haha. Tapi satu yang pasti, aku bisa membatasi intake jajan aku. Harapannya sih ini bener bener stop minuman manis (kecuali Premium Medium Cafe XXI) yang take away gitu. Jadi bye bye Chocolatos Drink yang wenakkkk banget. Atau favoritku dunia akhirat milo kaleng dingin T__T Snack juga bakal stop (tapi ini gampil lah karna aku pada dasarnya juga ga suka jajan). Jadi ya ini sekalian nyambung ke nabung ya emang pengen diet. Selain cut di junk food aku mau konsisten olahraga!! I said this so many times but I really really want it to happen seriously X_X So let's start having sit up (ten times only wkwk kurang amatir apa) every morning and night shall we? Amin semoga konsisten.

BUKU

Wah ini juga peer banget sama seperti salon haha. Kemarin Konmari aja aku skip buku karna beneran deh ga bisa ngurangin ini huhu. Tapi biar less guilty aku mau batasin kalau belanja sebulan. Kalau sekarang unlimited btw, apalagi kalau abis gajian :P Jadi sekarang minimal beli buku 3 dengan 1 buku wajib untuk self development. Self development di sini berupa buku latihan soal CPNS dan TOEFL/IELTS. Spesifik banget ya karna gol jangka panjangku juga spesifik berhubungan dengan 2 bidang itu.

INVESTMENTS & BUSINESS

Oh iya aku ada proyek investment mengikuti what my dad does best. Jadi beneran cuma modal uang doang enak banget kannn. Selama ini juga sifatnya sporadis untuk jumlah per bulan, tapi aku mau mulai menyeragamkan. Bakal seret banget sih sampai tabungan minimum tercapai. Setelah itu bakal double amount untuk invest-nya. Selain itu aku juga bisnis sporadis yaitu jualan pulsa haha. Kemarin nilainya masih beda beda tapi aku mau bikin seragam juga mulai bulan ini. Ntar uangnya juga mungkin akan dipisah karna aku butuh gambaran apakah bisnis ini worth it. Selain dua itu, aku mau menjajaki bisnis impian aku. Ga muluk toh nanti aku cuma bisa hadir dua hari dalam dua minggu :') Tapi buat aku bisnis ini masih possible jadi aku mau coba, mungkin 2-3 bulan lagi bisa dijalankan. Doakan semua berjalan lancar yaaa.

***

Dannnnn dengan semua planning ini akhirnya aku yakin kalau aku ga bakal resign dalam waktu dekat. Wkwkwwk fck. Aku sumpah masih sakit hati dan dendam sama kejadian tahun baru, but let's start anew and lick asses again for at least 10 months. Yup kalau lancar harusnya ga sampai setahun udah bisa keluar. Amin amin amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NO SPAM PLEASE T_T