Selasa, 01 November 2022

Preferensi Pemenang FFI 2022

Judulnya mengkoreksi postingan sebelumnya karna ini yang lebih sesuai hehe.

Aku ga akan berkomentar maupun memilih nominasi yang filmnya belum kutonton ya, by the way..


1. Lagu Tema

Aku suka semua lagunya, tapi aku ga ragu buat menyebut "Bangun, Bajingan" dari film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas jadi pilihan favoritku. Lagunya asik, vibe-nya benar benar in line sama keseluruhan film, bahkan juga masih nyambung sama bukunya menurutku. Perumpaan titit dengan bajingan itu keren!

2. Sinematografi
Gambar semua nominasi bagus-bagus, susah milihnya. Ini belum termasuk Ngeri Ngeri Sedap dan Keluaga Cemara 2 yang menurutku layak juga masuk sih meski ga tau mau geser siapa juga wkwk. Tapi dari semuanya, pilihanku jatuh ke Nana. Cantik, cantik sekali.

3. Film Cerita Panjang
Bener-bener layak semuaaaaa. Kalaupun Autobiography ditendang, kita juga masih bisa masukkan Noktah Merah Perkawinan dan Inang. Sebagus itu film-film tahun ini huhuuuu. Nah kalau dari nominasi ini sendiri aku ga akan ragu buat menyebut Ngeri Ngeri Sedap sebagai nominator favoritku. Sebuah sajian paket lengkap dari segi cerita (orisinal dan sangat apik baik secara tempo maupun dialog!), kumpulan gambar indah, lagu yang otentik dan setting the mood, decent acting, bahkan departemen art-nya pun menurutku keren (more on this later). MRS dan Seperti Dendam spesial juga, tapi aku segitu pengennya sih Ngeri Ngeri Sedap ini menang. Akan menjadi sebuah kemenangan manis buat jiwa jiwa yang kelihatan banget bikin filmnya dengan hati <3

4. Sutradara
Huwaaa ini juga susaaaah. Btw, sekali lagi kita punya alternatif seandainya Makbul Mubarak ga dimasukkan karna menurutku Sabrina Rochelle Kalangie layak banget!! Dia merangkai NMP menjadi sajian cantik penuh sensivitas dengan resolusi yang manis (bahkan aku yang bitter pun bisa menerima kemanisan ini dan ga merasa dipaksakan). Hatiku terbelah hampir 50:50 untuk Angga Dwimas Sasongko dan Bene Dion Rajagukguk karna kerasa banget woy kalau film mereka itu ya passion project-nya mereka. The ambition would really get you far in this industry,, huhu what a message to the kids righttt???!?! *usap air mata

Ps, Film NNS itu investor utamanya Angga, jadi siapapun yang menang ya juara di hati penonton Indonesia ya tetap Angga sih yang memungkinkan passion projects yang cakep cakep itu terwujud hehe.

5. Pemeran Utama Perempuan
Ada satu slot kosong di nominasi ini di hati kecilku, dan pada akhirnya diisi oleh Maudy Koesnaedi yang dipilih juri Citra. Selain itu aku suka kali sama semua nominator. Happy Salma untuk adegan nangis kecengkak habis ketemu Ibnu Jamil. Tika Panggabean untuk transformasinya menjadi mamak mamak Batak. Nah, Ladya Cheryl dan Marsha Timothy ini... bener-bener blend menjadi karakter (dengan tingkat kompleksitas tinggi) di film masing-masing. Bingung mau milih yang manaaa. Aku bakal senang sama siapapun di antara dua ini yang menang.

6. Pemeran Utama Pria
Ada tiga yang lumayan aku suka, tapi tiga ini juga ada kekurangannya masing-masing. Kalau harus milih banget aku pilih Vino G. Bastian, terutama karna pengen aja liat dia sama Marsha Timothy sama-sama menang tahun ini hehe.

7. Musik
Hehe no doubt aku pilih Ngeri Ngeri Sedap! Lagu-lagunya punya vibe dan lirik yang sangat setting the mood filmnya, dan walau punya languange barrier karna aku ga ngerti bahasa Batak tapi gapapa banget!

8. Artistik
Menurutku NNS layak masuk nominasi ini juga dan PS 2 bisa ditendang. Tapi kan itu maunya aku yaaa. Untuk jagoanku sih kayaknya Seperti Dendam. Tapi siapapun yang menang aku bakal happy deh, kecuali PS 2.

9. Rias
It's a tie in my heart between Nana dan Seperti Dendam. Pokoknya mau antara dua ini aja yang menang!!!

10. Busana
It's also a tie in this category between Nana and Losmen Bu Broto! Atau Seperti Dendam menang masih happy deh.

11. Efek Visual
Mencuri Raden Saleh pleaseeee!!!

12. Penyunting
Dari semua nominator, tiga film punya scene paling ciamik tahun ini : Pengabdi Setan 2, Miracle in Cell & Mencuri Raden Saleh. Tapi kalau untuk keseluruhan film, pilihanku pastinya Mencuri Raden Saleh!!!

13. Pemeran Pendukung Perempuan
Gita Bebhita snubbed!!! :(((((
Di luar itu, semua nominator punya karakter yang kuat dan dimainkan dengan mulus, kecuali peran Maudy Ayunda. Sorry banget nih Maudy, you kurang meyakinkan banget aja jadi mba2 Jogja menurutku. Di sini aku menjagokan Putri Marino / Laura Basuki, I can't choose really. Mereka benar-benar definisi mencuri perhatian dari konflik pemeran utama.

14. Pemeran Pendukung Pria
Yang aku pribadi suka ada 2 : Elang El Gibran & Reza Rahardian. Sayang sekali jagoan-jagoanku di post ini ga masuk karna aku genuinely mikir mereka layak semua huhu. Untuk menang, aku berharap banget Elang El Gibran sih, he really stole the show in Srimulat.

15. Suara
Jujur ga terlalu ngerti kategori ini wkwk. Tapi aku maunya sih Mencuri Raden Saleh yang menang.

16. Skenario Adaptasi
Semua nominasi layak menang menurutku, kecuali Losmen Bu Broto (karna ga cermat memanfaatkan peran Tarjo). Tapi my favorite would be Seperti Dendam!! Bener-bener bisa memberikan nafas bukunya tanpa menjiplak mentah-mentah. Kudos Edwin! Kudos Eka!

17. Skenario Asli
Kategori tersusah untuk aku milih satu aja buat jadi juara!!! Bener bener hatiku terbelah antara Ngeri Ngeri Sedap dan Mencuri Raden Saleh. Sama rapinya, sama cakepnya. By the way, menurutku sih Cinta Pertama, Kedua & Ketiga ga layak masuk nom ini ya, akan lebih layak kalau diganti sama Inang imo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NO SPAM PLEASE T_T