Kamis, 25 Maret 2021

Satu Hari Bersama Dita (dan Dana)

Jadi Minggu kemarin ceritanya kita mau gegayaan yaaa. Kita mau cobain satu tempat makan baru di Samarinda Kota yaitu Good Quarter di Jalan Mulawarman. Ngomong ngomong, aku tuh anaknya suka banget cobain tempat makan dengan ambience yang oke dan ramah buat nongkrong sendirian. Plus, karna sekarang lagi pandemi, idealnya juga harus sepi (atau minimal memungkinkan untuk berjarak). DISCLAIMER : TAPI TETAP DINE IN GA DISARANKAN YA DI JAMAN PANDEMI. I HAVE NO EXCUSE, REALLY. Makanan dan harga bukan prioritas, makanya harga sudah hampir dipastikan lebih tinggi dari rata rata Samarinda dan makanan kadang B aja (atau porsi secimit haha). Nah aku punya beberapa rekomendasi nih buat teman teman yang tinggal di Samarinda dan sekitarnya. Aku bagiin rekomendasi aku dulu ya sebelum cerita tentang hari Minggu kemaren ngapain aja :


1. Satu Kata Coffee Co

Tapi terakhir kesini sih udah 2 tahun lalu jadi ga tau deh apa tulisan ini valid/gak haha. Yang jelas cinta banget ambience-nya pas pertama masuk. Langsung harum kopiiii huhu enak. Pilihan seatingnya beragam, ada yang outdoor juga jadi buat pandemi cocok. Kafe ini buka dari pagi jam 8 jadi aku sangat sarankan buat kesini pagi aja. Soalnya aku pernah nongkrong sore 2 kali dan selalu rame, agak ga nyaman kalau nongkrongnya sendirian.

Dua kali kesana selalu nongkrong indoor. Tp peer bawa laptop soalnya mejanya kecil


Ice Chocolate

Pilihan minumannya banyak baik kopi dan non kopi. Seingatku sih kopinya serius ya, pakai mesin mesin gitu. Aku pernah minum Red Velvet latte dan suka, kalau Ice Chocolate B aja. Nah untuk makanannya aku lupa. Seingatku aku cuma pernah beli french fries (kayaknya sih karna yang lain mahal deh huehehe). Di sini dua tahun lalu juga ga ada cake, padahal kalau ngopi kan enaknya sambil makan cake ya hehe. French fries sendiri oke, penyajiannya lucu dan spicy mayo-nya enak.

2. House of Chicken

Di Samarinda, HOC ini ada tiga cabang tapi my favorite would be the one in Juanda, karna ini yang paling dekat rumah hehe. Oh dan lebih lapang juga dari cabang di Gatsu, kalau selama Pandemi cocok lah karna jarak antar meja jauh dan konsep tempat makannya berdinding terbuka gitu. Kalau ngomongin ambience sebenarnya B aja tapi HOC jadi favoritku karna... MAKANANNYA ENAK!!! Best caramel chicken in town. Burgernya juga enak. Dan minumannya ada pilihan Milo. Plus harganya cukup reasonable menurut aku ya, ga yang bikin boncos gitu juga. Dia konsepnya standar fast food gitu jadi pengalaman makannya ya B aja, menang di rasa yang memang oke hehe.


Mungkin tampilannya B aja, tapi buat penggemar manis ini tuh ena bangetttt


3. XXI Cafe Samarinda Square

Dari semua Cafe XXI di Samarinda, menurutku yang di Samarinda Square ini paling oke buat nongkrong sendirian karna atriumnya luas dan sisi dining in-nya lumayan berjarak dari Counter. Plusss ini mall ga populer gitu jadi menurutku kemungkinan ketemu orang yang dikenal paling tipis hehe (pentiiiing). Harganya super duper pricey tentu saja, dan so far aku tuh belum pernah beli makanan khusus buat dimakan dari Cafe XXI ini jadi ga bisa kasih review hehe. Aku mentok cuma beli minum Premium Ice Chocolate & Milo Dinosaurs dan dua duanya mantap abissss (tapi harganya juga mantap, kakak).

Kalau ambience jelas ga dapat lah, standar nongkrong di mall aja. Tapi aku cinta banget sama es coklat Cafe XXI jadi ya udahlah ya haha.

Eh tapi semenjak pandemi aku belum pernah samasekali ke sini jadi mungkin tulisan ini ada bagian ga validnya hehe.

My loveeeee. Best Ice Chocolate in town!!

Nah atriumnya gede kaaan jadi lapang. Btw, kalau mau colokan duduk di meja paling kanan ya.

4. Citra Niaga

Seluruh sudut Citra Niaga adalah kecintaanku untuk nongkrong sendirian 😀

Terutama sudut yang di lorong lorong gitu ya, kalau yang di plazanya atau yang menghadap jalan raya asa kurang sreg untuk nongkrong menurutku, karna berasa diliatin haha. Selama pandemi, aku sudah beberapa kali ke Citra karna aku merasa aman dengan konsep outdoor-nya, daripada harus ke mall. Asal jangan malam aja ya, apalagi weekend, beuhhhh mengerikan gaes. Jam favoritku tentu aja pagi hari meski kalau pagi banyak kafe yang belum buka, tempat burger yang selalu jadi incaranku juga buka minimal siang. Kalau mau agak lebih lengkap bisa kesini jam 3-5 sore lah, masih belum terlalu rame dan tumpah ruah kok manusianya.

Aku baru ke beberapa tempat dan so far yang aku suka :

* Kopi Sajen

Pilihan seatingnya banyak dan tempatnya secluded. Dekat dengan gerai makanan enak kayak Roti Eggos dan Baron's Burger. Pilihan menu kopi dan nonkopi banyak dengan harga bersaing. Dia juga ada jual makanan dengan brand Cucuk kalau ga salah (love the brand btw). Oh iya mbak mbak dan mas mas di Sajen ini menurutku modis semua. Lumayan lah ya menyegarkan mata hehe. Kopi Sajen cocok buat nongkrong rame ataupun sendiri

Sudut favorit di Sajen tentu aja di balik kaca itu, ada pilihan seating dgn kursi super pendek

Makannya beli Roti Eggos yang seberang2an 😋

* Baron's Burger

Nah ini lumayan oke buat nongkrong sendiri karna tempatnya sempiiiit. Di Citra tempat dine in gini alamat ga laku karna sukanya kan nongkrong bergerombol. Jadi kebanyakan yang ke Baron takeaway atau makan di kafe lain. Kalau buat aku tentunya anugerah hehe. Walau sempit tapi tempatnya berkonsep oke banget dengan pilihan menu makanan yang enak dan harga reasonable. Beli minum? Bisa pesan dari gerai sebelah hehe.

Burgernya so yummm. Itu saosnya juga top banget dan jadi signature Baron's

Cuma ada dua meja dan 4 kursi jadi makan sendiripun nyaman

* Himalayan

Yang aku suka dari Himalayan ini dia wangi kopiii. Pilihan menu kopi dan nonkopi banyak dengan harga standar. Kalau dekor sih lumayan ya, tapi ga yang wow banget gitu. Dia seberangan dengan Jack's Burger makanya kemarin aku milih nongkrong di sini (Jack's ga terlalu oke tempat duduknya). Kemarin aku coba Drip on Ice dan kopinya enak (aku sampai tanya ini kopi dari mana sama kakaknya haha).

Tuh kalau makan Jack's Burger cuma outdoor sedangkan waktu itu masih sore dan ada matahari

5. Kokopi Samarinda

Aku udah tau kalau sepanjang Siradj Salman ini banyak tempat makan lucu dari lama, jadi di suatu sore, aku iseng lah jalan kaki menyusuri jalan itu. Awalnya mau ke Janji Jiwa, tapi ga sengaja nemu kafe ini baru buka (saat itu sekitar jam 3 sore). Dan tempatnya gue bangetttt. Tempatnya kecil dan ada pilihan indoor outdoor. Karna saat itu masih terlalu panas terpaksa aku pilih indoor. Walau kecil tapi terkonsep banget dengan pilihan furnitur dan tanaman hiasnya. Waktu itu aku pesan kopi lagi dan suka, sayang di sini ga ada pilihan cake/cookies untuk melengkapi sajian kopinya.

Oke banget pokoknya ini tempat buat nongkrong sore. Rekomeeen.

6. Sokyo

Sudah pernah dibahas di sini sebagian untuk makanannya.

Untuk tempatnya sendiri sangat nyaman, baik untuk makan sendiri maupun rame - rame (kalau makan sendiri bisa ambil seating yang di lorong, udah nyaman banget dah tuh). Harganya masuk akal dengan kualitas yang didapatkan.

Salmon Mentai Don yang juarak

Oke kita kembali ke cerita awal ya tentang aku dan Dana yang mau makan siang di Good Quarter. Kita datangnya pas banget di jam makan siang dan rameee. Kita udah pasrah aja duduk di meja dekat pintu, tapi kemudian aku ke WC dan menemukan kalau Good Quarter ini ada area semi outdoor dan outdoor dan kebetulan kosong dong. Langsung lah kita pindah ke area semi outdoor. Pilihan yang tepat karna ga lama kemudian hujan deras mengguyur Samarinda.

Tampak depan dgn parkiran yang lapang

Counter area.

Indoor seating area

Even WC-nya aja cute banget huhu monangesss

Outdoor seating area

Semi Outdoor, area kita duduk

Hari itu buat lunch kita pesan Fried Chicken Burger & Ice Matcha Latte (Dana) dan Dory with Creamy Lemon Sauce & Ovaltine Machiato (Dita). Makanannya oke tapi menurutku sih porsinya cimit. Setelah itu kita masih iseng pesen 1 dessert dan 1 kopi huehehehe ini buat gaya gayaan aja. Untungnya ini keputusan tepat karna porsi dessertnya gede dan enaaaak. Next time pengen deh kesini sore sore buat nge-dessert. Oke banget ambience dan makanannya tuh.





Keluar dari GQ masih sekitar jam setengah 3, kita memutuskan untuk jalan kaki ke Samarinda Central Plaza yang cuma berjarak sekitar 300 meter dari situ. Keliling toko lucu dari Ace Hardware, Stroberi sampai Miniso huhu senang bangat.

Jalan kaki dari GQ ke SCP

Selalu senang window shopping di ACE

Trus kita jalan kaki balik ke GQ buat ambil motor dan pulang deh ke Loa Janan. Sekian satu hari bersama Dita (dan Dana) kali ini 😊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NO SPAM PLEASE T_T