Senin, 01 Maret 2021

Laporan Keuangan Februari

Oke kembali lagi ke acara di mana saya akan menelanjangi diri sendiri aka buka bukaan keboncosanku dalam sebulan hehe.


- Target bulan ini cuma satu : nge-cut pos pengeluaran yang tentu saja ujung ujungnya... gagal wkwk. Yaiyalah wong udah mepet juga kan gimana mau motong lagi hehe, tapi ya namanya juga usaha ya sist.

- Yang aku sesalin di bulan ini adalah aku ada transaksi tarik tunai di ATM lintas kartu yang menyebabkan harus bayar uang admin. Ih sebel deh. Iya sih ga seberapa tapi 2 kali bisa dapat 1 mangkok Bubur Ayam huhu. Dan dua duanya kejadian karna aku ga cukup sabar karna ATM Mand*** di Loa Janan tuh ga ada yang bener. Tapi harusnya akunya yang lebih sabar. Btw, kalau transaksi mobile, sekarang aku pakai Flip jadi aman yayyy. Thank you kepada Bapak2 pembuat startup Flip ini.

- Bulan ini highlight belajar finansial serabutan ala aku adalah nonton Instagram Live Almira Bastari dkk yang ngebahas soal Asuransi. Wah seruuu. Langsung meluncur ke IG @almirabastari dan cek IGTV-nya aja ya biar liat langsung.

- Aku masih berjuang ngumpulin dana darurat. Update sementara untuk goal jangka pendek yang terkumpul baru 35%.

- Kabar baiknya bulan ini adalah aku hutang free. Yippieee.

- Top 3 Expenseku bulan ini adalah :


Gifts itu aku ga punya batasan ya buat first circle. Aku mikir mumpung masih ada waktu dan ga motong saving-ku aja lah pokoknya. Selain first circle, ngasih kado buat teman teman dekat juga ga bisa aku tinggalkan ;) Tapi next-nya bakal pakai sistem bergilir kali ya biar ga sekalian dan berpotensi boncos hehe. Eating Out menurutku udah paling minimal jadi no comment. Entertainment bulan ini aku beli 1 buku padahal di lemari ada beberapa buku yang belum sempat dibaca. Ini sebenarnya pelanggaran sih. Tapi ini PO bukunya Kimbab Family gaesss jadi gimana yaa :')

- Ini aku tracking sambil buka aplikasi Monefy trus kayaknya ada beberapa inkonsistensi masukin pos di expense deh. Padahal kalau dalam tahap Check Up kayak aku harus konsisten banget pembukuannya ya kakak, biar bisa tracking pos mana yang boncos dan yang biasa aja.

=> Eating Out : Semua biaya beli makan di luar aku dan/atau saat aku traktir orang lain makan bersama aku

=> Entertainment : Yang annual tuh Netflix (40.000/bulan), tabungan Smoothing (100.000/bulan) dan tabungan foya2 (200.000/bulan). Trus yang termasuk di sini juga dan sering adalah nyalon, nonton (termasuk beli online), beli buku. Sama apa lagi yaaaa *mikir hehe

=> Car : Bensin, cuci motor & helm, parkir, dan servis/repair kalau ada

=> Gifts : Yang annual ke De (x/bulan), Da (x/bulan), ortu (limitless, yang penting ga potong uang saving). Aku tuh juga hobiiii banget kasih uang ke Badut Jalanan jadi budget buat mereka juga limitless. Oh iya catatan kalau aku beli makanan yang aku ga ikut makan maka aku masukin ke Gifts ini juga ya. Selain itu juga duit buat nyumbang2, amplop kondangan dll masuk post ini.

=> Communications : Pulsa yang mana tiap bulan aku isi sekali aja buat beli Paket Keluarga (170.000). Kayaknya ini mau ganti strategi sih karna kelebihan muluuu kzl. Bulan ini aja kelebihan 5 GB, dari total 20 GB untuk 4 orang. Tapi lumayan juga ya 15 GB/bulan untuk 4 device cukup sekali transaksi. Ihhhh pokoknya masih galau ih mau lanjut atau ganti paket ini. Aku bakal hitung2 lagi deh. Kakak kakak minta sarannya doooong, kalian pakai paketan Telkomsel apa?

=> Toiletry : Plus include skincare + makeup

=> Health : Ke dokter dan beli obat pribadi. Also include beli masker (misal sekeluarga ya tetap masuk sini), hand sanitizer dll. Ntar kalau aku dah punya asuransi aku bakal masukin ke pos ini juga deh.

=> Pets : Makanan kucing liar kesayanganssss di sekitar rumah. Mungkin lain kali bisa juga pakai pos ini buat nyumbang buat sterilisasi kucing liar. So far kalau cuma buat makanan aja rata rata cuma 1% gaji dong padahal kebahagiaannya tumpah tumpah :')

=> House : Ini isinya harusnya biaya beli rumah ga sihh? Atau biaya isi rumah (kalau dah punya rumah)? Lah aku nyaru kebutuhan rumah sebagian kumasukkan ke sini hehe. Next time ga lagi deh yaaa. Apa Dana nikah kali ya bisa masuk post ini :P

=> Food : Nah expense ini harusnya gedayyy ya, karna kan yang masuk itu bahan bahan makanan. Jadi expense food besar equal aku lebih banyak masak haha. Makanan jadi ga masuk sini yaaa, makanan siap makan tempatnya di Eating Out / Gift.

=> Clothes : Semua bagian yang membentuk outfit. Yang sempat dibingungin bulan Februari : masker kain masuk pos mana? Aku tulis di sini buat pengingat kalau next ada lagi case ini ya, masker kain masuk Clothes.

=> Bills : Ini aku masukkan biaya administrasi dan top up karna so far aku belum punya pengeluaran Bills. Biar kekontrol juga jadinya biaya biaya ini habis berapa sebulan.

- Walaupun tergodaaaaa sangaaaaat dengan Gofood dan Grabfood, dan padahal bisa kok hemat walau dengan app itu, tapi aku mau stick to the needs jadi kalau untuk Gofood dan Grabfood kuucapkan GAK DULU.

Note : btw sengaja ada warna warna kuningnya untuk efek stabilo hehe. Maunya sih kayak UI site ini tapi apadaya hamba mampunya begini saja :P

2 komentar:

  1. Semangat managemen uangnya, widu. Aku sudah setahun belakangan belajar kontrol uang pake aplikasi money manager, tapi tetap aja bocor mulu. Budget kalah sama keinginan.

    Ohya, btw sekarang aku pake provider by.U dari Telkomsel, lumayan hemat, 140.000 unlimited dengan kecepatan 1,5 Mbps selama 30 hari. Bisa juga dipake sebagai hotspot rame-rame di rumah.

    BalasHapus
  2. Semangat untuk kitaaa. Huhu iya nih minimal sdh ada keinginan untuk check up keuangan ya, drpd aku dulu pokoknya keluar2 aja ga dikira2 wkwk. Jgn lupa nabung jg pokoknya Dil nomor satu.

    Hmm noted Dila, makasih sharingnya ;)

    BalasHapus

NO SPAM PLEASE T_T