Rabu, 24 Februari 2021

Satu Dekade Jatuh Cinta Part 2

 Aloha.

Ini lanjutan dari tulisan sebelumnya di sini.


Bang Bang Bang - Big Bang

Dulu sih aku suka Big Bang ya, tapi sekarang mau ngomongin aja malas hehe. But they still got me this song so thank you for that one yo.

 

Energetic - Wanna One

Let's not talk about the song, but the group. Wanna One ini grup yang dibuat dari ajang pencarian bakat PD101 Season 2 yang bikin BG (Season 1 bikin GG). PD101 ini yaaa, sungguh merubah peta dunia idol di Korea sana (kalau aku bilang sih lebih memporak porandakan). Jadi semenjak P101, idol tuh ga butuh backing agency atau keberuntungan viral dari variety show lagi. THE variety show-nya ya P101 ini. Tentu saja ada sisi positif dan negatif ya, tapi aku lebih concern ke penciptaan Idol tuh bener bener instan sekarang. Let's say, yang juara di P101 Season 3 itu Jang Wonyoung yang usianya masih 14 tahun pada saat menang. Gilsss anak SMP loh. Kenapa dia menang? Ya karna cantik, menarik dan ada potensi talenta. Not here to disagree karna aku juga suka liat dese tapi ya, semudah itu loh sekarang. Dan pastinya makin mudah naik ya makin mudah aja turunnya kan? Ga ada bagus2nya iklim ini di industri menurutku :(

Well, terlepas dari hal itu, aku selalu menikmati konten P101 yang GG, simply karna aku memang lebih tertarik musik GG ya kan. Dan emang cantik cantik semuaaaa dan punya personality, terutama aku ikutin P101 yang Season 1 dan judul grupnya IOI (Season 3 tuh Iz*One dan Season 4 X1). IOI tuh ber-11 ya, tapi gampillll banget bedainnya, padahal aku dalam posisi kenal mereka tanpa ikutin Produce-nya. Aku yakin kalau aku serius dengerin Iz*One aku juga bakal hapal mereka semua haha.

Oke sekian mara maranya. Haha.

 

Playing With Fire - Blackpink

Lagu Blackpink pertama yang aku genuinely suka dari pendengaran pertama. Udah mau ngomong itu aja.

 

Yanghwa Bridge - Zion T

Aku pertama dengar lagu ini dengan background sekilas kalau lagu ini booming banget di Korea. Ya aku sih B aja ya karna apa yang boom di Korea belum tentu sama dengan seleraku. Tapi begitu dengar, beuhhhh enak. Sukaaa. Begitu baca liriknya feel yang didapat lain lagi. Liriknya tuh... biasa banget. Kayak dengerin temen curhat di tongkrongan. Membumi dan ngalor ngadul gitu. Tapi dalem banget. Apalagi reffnya yang "let's be happy, let's be happy" diulang - ulang. Jenis lagu yang cocok banget didengarkan saat lagi ga ada semangat hidup.

 

Me Gustas Tu - Gfriend

YOU HAVE TO LISTEN TO THIS SONG!!!

Ada beberapa lagu di dunia ini yang menurut aku cocok jadi representative Kpop songs dan lagu ini salah satunya. Terutama di kategori girl group ya. Satu batch sama lagu Forever Love (FinKL), Gee (SNSD), Mister (Kara), Tell Me (Wonder Girls) dll. Dosisnya pas banget antara genuinely good song dan very popular within public and fandom. Gfriend, grup yang nyanyi lagu ini, adalah salah satu favoritku juga selama jadi Kpop fans. Hit single-nya hampir ga pernah ada yang miss. Gfriend ini terutama aku rekomendasikan kalau kamu concern sama choreo ya karna choreo mereka cantik2 dan eksekusi mereka ciamik.

 

Rough - Gfriend

Another Gfriend song. Selain dua di list ini, favoritku : Navillera, Love Whisper, Time For The Moon Night, Fingertip, Wannabe, Mago.

 

BbiBbi - IU

Dari semua lagu IU, kayaknya ini yang paling ga menguras pikiranku tiap dengernya. Bawaannya fun aja dan pengen joget. Enak banget.

 

Shouldn't Have - Baek Ah Yeon

I know Baek Ah Yeon (mainly karna dia satu generasi Kpop Star sama salah satu cintaku, Lee Seunghoon, member Winner hehe) and I generally like her music, but actually I've just got to hear this song today and geeee I love it!!! Liriknya relatable banget iiihhhh :')

 

I - SNSD Taeyeon

Ini debut solonya Taeyeon setelah bertahun tahun jadi main vocal SNSD dan ngisi berbagai OST. Aku personally sih ga terlalu suka I ini karna lack of depth imo. Tapi kalau disuruh milih lagu Taeyeon yang forever favorite aku juga ga bisa karna bakal banyak bangeeet haha. Jadi aku bakal kasih rekomendasi album aja ya, dari semua album yang Taeyeon pernah rilis favoritku Full Album My Voice, Mini Album I dan Something New. Please dengerin dari awal sampai akhir karna enak semuaaa. Sampai sekarang aku kalau nonton live stage Taeyeon masih suka tiba tiba nangis karna dia tuh bagus banget sumpah huhu, one of the reasons why I love Kpop so much in the beginning of my journey.

Bucket list kekoreaan aku pokoknya mau nonton Solo Concert Taeyeon dan IU!!!

 

Wi Ing Wi Ing - Hyukoh

Hyukoh ini populer banget yes di Korea tapi jujur aku cuma bisa suka lagunya yang ini haha. Dengerin deh ini, seru lagunya.

 

Bboom Bboom - Momoland

Momoland ini one hit wonder tapi jujur ya buat aku lagu ini legendaris banget. Karna benar benar sebagus ituuuu dan baru 5 detik dengerin kayak langsung otomatis bakal joget. Classic signature Kpop song, I might say. Setelah Momoland, yang berhasil bikin lagu dengan formula yang sama menurutku April dengan lagu Oh My Mistake mereka.


At Gwanghwamun - Super Junior Kyuhyun

Bisa dibilang, suara pertama di Kpop yang aku suka tuh ya Kyuhyun ini. Variety sense pertama yang aku suka juga Kyuhyun (liat deh penampilannya di Intimate Note, seru bangeeettt). Makanya pas dia mau solo aku excited banget. Eh sayang untuk ukuran ballad, menurutku lagu ini datar banget. Kalau istilah aku tuh, ini ballad yang diseret gitu loh. Tapi ya walau begitu, aku tetap bakal rekomendasikan Kyuhyun sebagai salah satu penyanyi cowo favoritku di industri Kpop :)


This Love - Davichi

Ini salah satu OST Descendants of The Sun. Aku sih ga ngikutin dramanya ya, tapi lagu latarnya yang ini bagusss. Ini juga jadi satu satunya lagu Davichi yang aku suka, padahal mereka terkenal banget loh di Korea dan jadi duo legend karna bertahan lama dan konsisten menghasilkan OST OST yang bikin galau satu negara.


Like Ooh-Ahh - Twice

Salah satu lagu terbaik yang dimiliki Twice. Walau Jihyo di sini lumayan maksa high note-nya tapi tetap bagusss. God Jihyo is also so hot in this era with her red hair ;)


Twenty Three - IU

Dalam kehidupan karir IU, ada 2 skandal besar yang menurutku cukup mengguncang banget ya pada masanya. Dan era ini adalah saat skandal terakhir terjadi. Secara pribadi, buat aku itu cukup membekas ya karna itu masa masa aku sangat aktif di Kpop Disqus hehe. Tuduhannya mulai dari yang masuk akal sampai yang menurutku sangaaaaat condong ke arah cocokologi wae :P Dan kalau aku bandingkan sama sekarang ya, IU lebih vulnerable dulu jadi hatersnya menggilaaa. Kalau sekarang IU posisinya sudah sangat senior, jadi fans rabid Kpop banyak yang takut duluan nyentuhnya wkwk.

Anyway, pada waktu itu sih aku sedih banget ya, karna imo, lagu Twenty Three ini sangat menggambarkan diriku sebagai perempuan early 20s. Aku cuma beda setahun sama IU jadi berasa takjub banget karna lagu ini segitu relatable-nya sama aku. Ga nyangka beberapa tahun kemudian IU memberikan aku lagu yang jauhhh lebih relatable lagi (baca : Palette) hehe.


Dance The Night Away - Twice

Kalau secara konsep look, ini era Twice kesukaanku. I mean, just look at the music video for yourself ;)


Every Moment of You

I love this OST!!!! Asleee suka ini dari jaman kuliah, sampai sekarang pun kalau didengar masih berasa nyes di hati. Ini jenis OST yang saking powerful-nya aku ga peduli liriknya tentang apa atau apakah secara logika aku akan relate. Pokoknya suka ajaaaa dan berasa nyesek aja dulu :P


Blood, Sweat & Tears - BTS

Dari semua lagu BTS, jujur cuma sedikit yang aku genuinely suka. Selain lagu ini, aku suka Fire juga.


200% - Akdong Musician

Lagu lagu upbeat mereka adalah andalanku untuk memulai hari. Ringan, ga preachy secara musikalitas. Bukan lagu sedih tapi bukan lagu gedebak gedebuk khas Kpop groups juga. Oh trus kalau sing along lagu Akmu tuh seru banget karna bisa role play jadi Suhyun yang ngehit nada tinggi dengan flawless hehe.

Selain lagu ini, yang jadi favoritku juga adalah Crescendo, Dinosaur, I Love You, Endless Dream Good Night, Reality dan tentu saja favoritku nomor satu... Give Love!! Asli lagu ini menurutku timeless banget karna ga pernah sekalipun merasa bosan walau berkali kali dengerin. Sezuzurnya sih sekilas Give Love ini mirip banget sama 200% tapi menurutku lebih poppy si Give Love dan liriknya ternyata relatable juga buat aku. Makin suka deh jadinya hehe.


Mamamoo - Starry Night

Okeh ngomongin Mamamoo mah ga mungkin kita ga ngomongin the infamous Blue Dragon Awards Stage tahun 2016 ya. Sayang sekali di Youtube versi fullnya ga ada karna selalu kena copyright. Padahal stage-nya seseru ituuuu. Terutama karna aku penggemar The Wailing jadi tiap nonton stage ini mataku berkaca kaca sama tributenya. Hehe padahal receh aja I know, tapi kayak semua orang have fun gitu jadi senang liatnya. Dan di stage ini bisa liat muka muka lempeng macam Kim Hyesoo, Jung Woosung, Ha Jungwoo even Lee Byunghyun tulus tertawa itu sesuatu banget gaes. They presented the stage with such class, ga ada nervous2nya (walau infonya mereka nervous banget aslinya hehe), outfitnya pun keren banget menurutku.

Anyway, dari semua lagu Mamamoo, sebenarnya lagu ini B aja menurutku. Kalau lagu Mamamoo favoritku itu Piano Man, Um Oh Ah Yeh, Yes I Am, Decacolmanie dan Egotistic (eh tapi ini versi terbaiknya menurutku malah coveran AOA hehe). Tapi yang top of the top of Mamamoo's stage in my mind justru saat special stage mereka cover lagu Btob It's Okay. Suaranya Wheein bagus bangetttt di situ T___T kalian harus liat gaes, fixed harus liat.

Oh iya ada lagi yang mau dibahas nih mumpung ngomongin Mamamoo, soal KONSEP. Jadi menurutku pembeda industri Kpop dengan industri lainnya itu group mereka, baik cewek atau cowok itu selalu punya GENERAL CONCEPT yang clear dari awal debut. Di luar itu, mereka juga punya CONCEPT yang berubah rubah setiap era (atau dengan kata lain setiap ngeluarkan single baru). Ini konsep awal yaaa, contohnya liat aja Wonder Girls (konsep retro), 2PM (konsep beast, di saat kebanyakan boygroup unyu unyu kurus mereka tampil beda dengan badan dan muka gahar, suka banget keberanian untuk jadi beda iniii), 2NE1 dengan gaya edgy-nya dan Girls' Generation yang konsisten "cewek banget". Sistar dan Girls' Day yang konsisten seksi dan Apink yang konsisten manisttt. Nah tapi semakin kesini, khas dari Kpop ini menurutku luntur.

Mungkin karna saking banyaknya grup dan selera pasar juga udah kebaca banget, semua grup berlomba lomba pakai resep andalan aja gitu udah. Kalo gg ya wajib cantik semua, gaya edgy tapi aegyo juga bisa. Ga boleh terlalu seksi karna ntar digosok, dibilang murah, tapi juga ga boleh terlalu kiyowo karna ntar kesannya lembek. Kalau cowok malah lebih parah menurutku karna semuanya sekarang walau muda muda ga boleh kurus sayyy, harus bahu bidang dan badan sterek tapi muka tetap unyuuu. Duh ngeri pokoknya sekarang tuntutannya tida masuk akaaaal menurutku.

Konsep ini juga ntar bakal in line dan mendasari perintilan kayak group greetings, nama fanclub, design lighstick dll. Nah Mamamoo ini dari awal udah jelasss banget konsepnya. Ada banget polanya, benar benar keliatan dibuat berdasarkan rumus. And once again, they remind me why I like Kpop in the first place ;) *buset mau ngomong ini aja pembukaannya panjang benerrrr haha.


Last Goodbye - Akdong Musician

Korean loves ballad, and I do too, tapi khusus untuk Akmu, ballad mereka yang aku favoritkan hanya "How can I love the heartbreak, you're the one I love". Yesss judulnya sepanjang itu haha.

Sebenarnya lagu ballad mereka paling terkenal di Korea ya ini dan internasional itu Melted, tapi ya kalian harus dengar favoritku yaaa. Sedih banget tauk, siapin tisu.


You Are My Everything - Gummy

B aja sih sama lagu ini, cuma mau bilang Gummy ini istrinya my love Jo Jungsuk (!!!). Gummy waited like.. until mid 30s trus dapat Jo Jungsuk man.. Jo Jungsuk! Ayo jadi the next Gummy, Ditaaaa #lah #siapaelo Eh tapi kalau ngomongin Gummy-nya sendiri ya superb juga yaaa, jadi intinya kalau mau dapat pasangan yang superb ya elo harus jadi orang yang superb juga hehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NO SPAM PLEASE T_T