Selasa, 02 Februari 2021

Laporan Keuangan Januari

 Pos ini bakal kerasa out of nowhere banget haha. Tapi ya udah lah kita tuliskan aja ya sebagai evaluasi :

Gimana, sobat sobatku?? Apakah merasa legaan dikit setelah biasanya liat standar netizen di Big4lph4 atau J0usk4 atau HRDb4c0t?? Hehe meet me, just another karyawan yang hidup hanya dengan 1 income gaji mepet UMR di negeri berflower ini. By the way, biar fair aku bakal tulis background-ku ya, jadi para netizen tidak usah galau saat membanding bandingkan diri karna sungguh deh, merancang financial plan itu tidak bisa apple to apple. ENGGAK, GA BISA BANGET.

Jadi aku sehari hari kerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan X dengan jam kerja 8-5 tiap hari Senin-Jum'at. Punya satu income aja, tapi waktu luang buanyaaaak (setiap malam dan setiap weekend).

+ Jarak rumah - kantor hanya 15 menit dan aku udah punya 1 kendaraan pribadi (motor)

+ Aku tinggal sama orang tuaku

+ Makanku weekdays full ikut mereka dari pagi sampai malam. Siang bawa bekal karna emang lokasi kantor ga memungkinkan buat jajan wkwk. Paling weekend sih yang full ditanggung sendiri (entah dalam bentuk masak atau beli)

+ Internetku full ditanggung ortu di rumah dan ikut kantor saat weekdays. Jadi perlu paket seadanya aja hehe. Tapi aku beli paket yang agak mahalan yaitu Paket Family buat sekalian serumah.

+ Aku ga punya kewajiban membiayai orang lain kecuali diriku sendiri. Adik adikku dan ortuku meski ada budget tiap bulan buat mereka tetap jatuhnya hanya insidentil sesuai kebutuhan dan persentasinya pun menurutku keciiiil :" Btw ini udah pernah kami omongin yaaa sebelumnya.

Oke jadi dalam rangka aku mau merancang financial plan-ku, aku tulis di sini deh ya apa tujuanku, hal hal apa yang sudah kulakukan sejak start bulan November, hal hal apa yang sudah kupelajari, dll dsb. Ini bakal jadi journey yang panjaaaang, apalagi dengan incomeku saat ini wkwk, tapi bismillah ya Bunda, untuk kehidupan yang lebih baik :))

- Goal jangka panjangku adalah punya tabungan dana darurat 12 bulan, double income (dengan jualan online), bisa smooting tiap 6 bulan sekali, liburan 1 tahun sekali dan punya instrumen investasi minimal 4 macam jenisnya.

- Goal jangka pendekku untuk saat ini adalah DANA DARURAT 3 bulan

- Dengan income UMRku dan rerata expenseku selama ini, aku ngebagi 3 macam pengeluaranku yaitu Hutang (aku masih punya hutang cash 500 ribu sama teman), Saving dan Expense.

- Saving dari November aku fokuskan untuk Dana Darurat dengan rerata ambil 30 persen dari gaji. Hal ini bakal berjalan terus sampai goal jangka pendek tercapai yaitu Agustus (lama bgt anjim T_T). Setelah itu akan ngebagi dana saving menjadi 50 dana darurat 50 investment.

- Instrumen investasi pertamaku rencananya mau emas. Amin doakan jadi yaaa.

- Apakah mengontrol expense itu berat? Berat sekaliiiii. Tapi aku juga hitungannya masih loose karna untuk Januari aja masih banyaaak banget yang harusnya bisa dikurangi lagi. Top 3 expense aku tuh Eating Out, Entertainment, Transport. Nah kaaan top 2-nya aja udah ga bener banget haha.

- Sebagai catatan, Januari tuh aku nonton ke bioskop 2 kali dan weekend getaway 1 kali jadi lavish yaaa. Bulan Februari harus lebih kenceng pokoknya hematnya, ga boleh ngadi ngadi lagi.

- Btw, menurutku nge-track uang kita kemana aja itu PENTING banget. Tapi, langkah ini juga susah banget dan perlu tingkat KEDISIPLINAN tinggi. Aku nge-tracknya per hari (liat poin sebelumnya di mana aku punya waktu luang banyak, makanya ini memungkinkan buat aku). Dan aku pakai aplikasi Monefy (hence how I classify my expense) buat pendataannya.

- Oh iya aku mau curhat soal budget make up & skincare karna aku nyadar diri aku tuh anaknya random dan impulsif banget soal ini huhu. Syukurnya aku dikasih anugerah jenis kulit muka yang super duper fleksibel jadi ga perlu perawatan intense. Makeup so far aku fokus ke lip area, next mau serius cari bedak dan makeup area mata. Tapi bakal baby steps karna mikirin uangnyaaa. No boncos boncos club pokoknya. Trus skin care muka aku mau pakai rumus paling sederhana yang pernah dibagi Kak Ira di IG-nya : Cleanser > Toner > Moisturizer > Sunblock. Cleanser pun so far aku baru single, karna aku tau aku malasss. But next, pengen pakai double juga dan serius cari toner yang bagus dan affordable. Masker ngabisin stok dulu aja. Sama satu peer lagi adalah mau cari wewangian yang aku suka DAN affordable. Kalau suka aja ya White Musk Ori-nya The Body Shop :P


Akhir kata, teman teman mari kita belajar financial planning bersamaaa *dih siapa elo ngajak ngajak haha. Yuk tolong dibagi tips and tricks buat newbie iniiii T_T 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NO SPAM PLEASE T_T