Kamis, 01 April 2021

Laporan Keuangan Maret

 Bulan ketiga dan jujur mulai terasa malesnyaaa. Wkwk.



Ideally seperti di atas ya, tapi pada kenyataannya expense bulan ini membengkak to the point aku harus tarik tabungan darurat sebesar 700 ribu. Wow banget ya sissss.

Nah mari kita bedah kenapa jadi begitu.

Berdasarkan data Monefy, aku mulai keluar budget itu di minggu terakhir bulan Maret, tepatnya tanggal 27. Mari kita breakdown pengeluaran dari tanggal 27 itu mana yang esensial dan tidak.



Berdasarkan data ini, kesimpulanku :

1. Aku maksain beli album Seungyoon (!!!) Wkwk ya Tuhaaan this should be the last time aku maksain beli sesuatu yang non esential hanya karna ada duitnya (visually, padahal secara budget ya ga ada lagi duitnya) :')

2. Aku keluar 136.000 dalam 1 hari pas lagi jalan jalan ke Samarinda. The BIG question, seperlu itukah?? Well, I'd say yes, buat kewarasan aku. But it should have been in a better condition dan ga perlu menggores sistem keuangan yang ingin aku bangun dari nol ini. Caranya? BUDGETING OUTING OUT. I'll talk about this one later so stay tune.

3. Selain budgeting biaya foya foya untuk kewarasan, aku juga perlu sekali budgeting Communication alias biaya pulsa/paketan. Karna udah ke-setting aku beli paket tuh di akhir bulan, yang mana tentunya uang akhir bulan tuh pas pasan haha.

Oke kembali ke fitur bulanan, berikut Top 3 Expense bulan ini


Melihat trend ke belakang, budget Eating Out Fradita around 500-800 itu sebuah keniscayaan ya, jadi mari tidak berusaha naif dan menghindar dari angka sekian. Kalau kata Queen Mother mah, EMBRACE IT!! Selain itu, aku yakin section pengeluaran lain bisa dikontrol.

Nah mari kita masuk ke isu penting yaitu.. BUDGETING. Rencananya dari trend 3 bulan terakhir ini aku mau bikin secara garis besar untuk per bulan dan budgeting harian. Perhitungan rincinya ga aku bagi ya karna privacy issue tapi aku bakal tulisin budget harian aku di sini buat pengingat apakah sebulan ke depan budget ini terbukti masuk akal / tidak.

*brb, hitung2 dulu anggaran*

Budget harianku adalah.. jeng jeng jeng..

17.000/hari. Hmmm cukup challenging karna bulan lalu aku coba 15.1000/hari (trial & error ceritanya) dan gagal total di minggu kedua. Tapi apa boleh buat, mari kita coba di bulan ini.

Oh dan sebagai bagian dari recovery bulan ini yang kacaw balaw, maka budget menabung & investasiku akan langsung dipotong untuk menutupi hutang bulan Maret :')

Baiklah rekan - rekan, cukup sekian Laporan Keuangan bulan ini. Untuk bulan ini abstain dulu belajar financial-nya karna somehow lebih banyak prakteknya loh (cieee, mungkin akan cerita tentang ini kapan kapan). See you again next month!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NO SPAM PLEASE T_T