Kamis, 15 April 2021

Copywriting 101

Aku sadur dari thread berikut ya dari user @.iammarkwilliam di Twitter

https://twitter.com/immarkwilliam/status/1373651928404664324

Sebenarnya sih ini buat catatan aku pribadi karna aku lagi suka topik digital marketing, tapi sekalian aku tuliskan di sini ya hehe.


1. "Think about what your audince wants, NOT what you want"

Ini masalah terbesar dari aku pribadi sih, dan I learn it the hard way, karna aku tuh pernah udah keluar modal eh ternyata bisnis ga jalan ya karna mindset aku masih di apa yang AKU inginkan. Bukan apa yang CUSTOMER inginkan.


2. "Dumb down your writing"

Kalau di thread itu kuncinya adalah bikin copywriting kamu seakan bisa dimengerti anak kelas 5 SD. Yang lebih akurat lagi sebenarnya ya sesuai dengan target audience ya. Tapi bahkan aku yang umur 27 tahun ini pun suka kok baca copywriting dengan bahasa sederhana yang mudah dimengerti, jadi menurutku ya dumb down your writing is accurate indeed.


3. "Write as if you were solving a problem for someone right in front of you"

Or maybe, yourself.

Intinya harus bener bener ada skenario konkrit gimana produk kamu tuh bakal mengatasi problemnya orang lain. Buat aku yang hobi ngayal sih ini gampang banget yaa, ntah buat orang lain gimana untuk poin yang ini. Menurut kalian gimanaaa??


4. Copywriting yang secimit harus punya key ingredients yaitu...

Masalahnya

Solusinya

Mekanisme unik (yang bakal jadi pembeda produkmu dengan produk lain)

Janji janji manis kalau solusimu bakal akurat

Alasan kenapa jualanmu unik dan beda dari yang lain

Penawaran yang sulit diabaikan (freeong! diskon! dll)

Solid proof kalau solusi ini works

Buanyak yaaaa. Wkwk. Semakin sederhana kamu bisa mengemas ini semua, semakin mantapssss.


5. "Research is where you make the money, writing is just formality"

Riset, riset, riset, tulis, evaluasi, riset, riset.

Jujur ya untuk riset terbaik menurutku kamu harus "tenggelam" di platform yang kamu tuju. Buka 24/7, jadi paham nafasnya di pagi, siang, sore dan malam hari. Jam jam kritis, jam jam rame. Kamu harus bisa "berdiri" di sepatu customer. Pokoknya riset ini butuh waktuuuu tapi juga wajiiiib untuk menghasilkan copywriting yang tepat sasaran.

***

Ada 10 poin lagi tapi aku dah malas nulis dan jabarin jadi silahkan langsung ke thread aslinya ya sis (link di paragraf atas). Ciao!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NO SPAM PLEASE T_T