Kamis, 26 November 2020

Oleh-Oleh Khas Samarinda

Di suatu siang, tiba tiba ada nomor ga dikenal WA nanyain oleh oleh khas Samarinda apa ya. Tentu saja nanya sama aku karna kan aku orang Samarinda asliiii wkwk. Dan aku langsung jederrrr, apa yhaaa?? Lah bingung sendiri haha. Jadi setelah aku berpikir keras aku balas dengan ini. Aku bagiin di sini juga siapa tau di luar sana juga ada yang bertanya tanya dengan subjek yang sama ;)

Btw, yang WA ternyata adalah teman kuliah dulu hehe.

1. Amplang
Ini bertaburan lah ya dimana mana. Kalau di Kota yang paling populer ya di daerah persimpangan Slamet Riyadi sampai Antasari. Personal favoriteku adalah Amplang Usaha Devi yang ada di Slamet Riyadi. Random banget nemu merk ini karna dia ada di Gojek dan kebetulan aku harus ngandalin Gofood buat beli. Eh ternyata enak bangetttt, sekarang mau beli amplang bela belain ke kota deh, padahal di Loa Janan ada juga hehe.


2. Cream Puff Barra's Kitchen
Ini aslinya produk Balikpapan ya, tapi aku mau akuin jadi produk Samarinda aja karna enaaaak haha. Cabangnya satu aja kalau di Samarinda yaitu di daerah Cendrawasih. Selain Cream Puff dia ada berbagai macam produk lain tapi favoritku tetap Cream Puff.

3. Roti Durian Panglima
Ini cabangnya juga bertaburan di Samarinda ya, tapi toko besarnya setauku ada di Antasari dan Juanda. Dia punya banyak varian oleh oleh lain tapi yang paling original menurutku ya Roti Durian ^^

4. Kue Balok Coklat Sari Pasundan
Dulu ada cabangnya di Antasari, tapi semenjak disitu tutup jujur aku ga tau mau beli di mana lagi. Kalau cek Gofood sih ada cabang di Gerilya ya, tapi ga pernah beli langsung kesana. Ini paling suka yang original, enaaak.

Selain itu mungkin ada beberapa penganan yang lebih tradisional untuk dijadikan oleh oleh seperti Kue Keminting, Ilat Sapi, Kerupuk Ikan Haruan, Gabin, dll, tapi aku pribadi sih kurang suka ya hehe. Kebanyakan jajanan itu bisa didapat di sekitaran Antasari juga.

Nah kalau non makanan, maka rekomendasiku :

1. Sarung Samarinda
Aku biasa beli langsung di pusat pengrajinnya di daerah Samarinda Seberang. Motif Sarung Samarinda ini bagus bagus dan pasti kepakai banget kan buat Bapak Bapak jadi pas buat jadi oleh oleh.

2. Batik Kaltim
Ya siapa tau suka sama keragaman kain Nusantara, Batik Kaltim wajib juga dikoleksi karna tentu saja unik dan beda dari batik dari daerah lain.

Lanjut ke daerah di luar Samarinda, maka ini jenis oleh oleh favoritku (tolong take notes ya buat orang - orang yang mau kasih aku oleh2 wkwk, lah ngelunjak) :

1. Bontang : Empek empek frozen tentu sajaaa. Yang satu plastik terus dapat banyak ituuu.

2. Tenggarong : Tempe Loa Kulu dan Kue Keroncong (yang banyak penjualnya di daerah Tenggarong Seberang)

3. Banjarmasin : Bolu Gulung. Yang terkenal sih Haji Enong ya, tapi personal favorite itu Haji Aida, beli di dapurnya langsung di Jalan Poros Martapura. Favoritku rasa Vanilla dan Pandan.

4. Daerah sekitar Jawa : Kue Pia Basah (!!) Mungkin yang terkenal ini dari Jogja ya, tapi aku juga pernah dapat ini dari teman di Trenggalek dan Semarang dan enak jugaaa, jadi aku ga bilang spesifik Jogja hehe. Trus ya untuk sekitar Kaltim tuh ga ada banget Kue Pia Basah ini jadi berasa senaaaang kalau ada yang kasih huhu #receh
Btw, nemu resep ini di Cookpad, kapan kapan mau coba ah : https://cookpad.com/id/resep/568434-pia-basah-kacang-hijau-pake-teflon

5. Jawa Barat : Nah kalau sama teman Sunda, aku paling suka kalau dibawain Lapis Talas Bogor. Enak bangettt, warnanya cantik pula. Kalau dulu kan Brownies Amanda yang original ya, tapi sekarang ini mah di Samarinda juga ada hehe.

6. Malang : Lapis Kukus Tugu Malang favoritkuuu. Trus suka juga keripik tempe dan keripik2 yang lain, tapi spesifiknya harus yang terbuat dari buahnya langsung ya. Jangan yang cuma perasa gitu aja.

7. Semarang : Lumpia frozen. Terharu banget pernah dikasih ini sama tetangga :'') Pokoknya ini personal favorite karna emang dari sononya aku suka lumpia.

8. Makassar : Es sirup DHT Pisang Ambon. Ini rasanya kayak sirup rumahan buatan Mama jaman dulu huhu suka banget.

9. Kaltara : Milo Malaysia to the rescue!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NO SPAM PLEASE T_T