Minggu, 13 Oktober 2019

Shihab & Aku & Shihab

Udah cerdas ga tuh pemilihan judulnya? :P

Jadi dalam rangka cuti untuk kesekian kalinya (ini jujur sedih ngetiknya haha), aku punya beberapa proyek pengembangan diri. Mulai dari nonton film sebanyaknya (target sih 2 file video / film satu hari ya. Targettt haha), ngabisin semua reading list (baru boleh beli buku baru lagi!!), ikut Mama ke majelis taklim, menghidupkan blog ini lagi dan nontonin Shihab dan Shihab.

Target awal sih mau pacaran wkwk how naive I was. Tapi more on this later lah ya, ntar aku keterusan curhat kan ga lucuuuu.

So, daripada cuma nonton selewat selewat gitu aja, aku mau nulis apapun itu yang aku rasakan setiap aku habis nonton satu video web series Najwa Shihab dan Abinya tersebut. Here we go :


Jawabannya Adalah Cinta



Cinta di pembahasan kali ini tentang cinta antara lawan jenis. Menarik sekali, bukaaaannn?? Haha.

Bahasan favoritku tentang tingkatan cinta dalam Islam. Dan definisi praktis dari mencintai sesuatu karna Allah (good question, Zaskia!!). Dan juga nasihat Quraish mengenai menikah dulu vs memperbaiki diri dulu. Huhuuuu praktikal banget aku tertampar. Oh sama cara membedakan sesuatu itu hati yang bergetar atau sekedar bisikan setan (clue : kalau melanggar aturan agama ya jelas itu setaaaan, sederhana banget ya tapi sungguh aku tercerahkan :'))

Zina, Cambuk dan Rajam dalam Islam


Judulnya clickbait banget ya ga sih hehe,

Padahal intinya sih hukum dalam Islam (in general). Emang ga populer topiknya tapi justru karna ga biasa jadi buka wawasan buat aku. Beberapa poin yang aku suka :
  • Adil itu seimbang, bukan sama
  • Jangan biarkan kebencian pada suatu kaum membuatmu tidak adil
  • Ketentuan untuk menghukum dalam Islam (ini mencerahkan banget karna yang kita tau selama ini cuma kulit luar tok. Hal hal gini yang membulatkan tekad untuk terus belajar, membaca, karna ilmu sungguh seluas samudera, ga ada ujungnya :'))
Islam yang Disalahpahami



Banyak sekali bahasan di episode ini yang "tabu" dan jarang dibicarakan. A must watch.

Memaafkan Haruskah Melupakan?



Ini tema yang sangat penting (!!!!). Aku paling suka bahasan yang jadi judul ini, yaitu memaafkan dan melupakan. Pertanyaan pertanyaan di episode ini juga sangat praktikal jadi tuh bener bener kebayang akan dipraktikkan sehari hari.

Keragaman Kehendak Tuhan



Aku sukaaaa banget judulnya. Dan lima menit pertama (part 2) dimana Abi Quraish Shihab menjelaskan dengan sederhana dan terstruktur arti dari judul tersebut. Terus disambung beliau menjelaskan 2 prinsip yang akan selalu aku ingat ingat : terkait dua orang/kelompok yang berbeda agama/prinsip, pilihan terbaik cuma dua. Bekerja samalah dalam kebaikan, atau kalau tidak bisa bekerja sama, berlombalah dalam melakukan kebaikan.

"Orang yang beragama itu ramah."
"Orang bijak menemukan sisi positif pada sesuatu yang buruk."
"Kemanusiaan mendahului keberagamaan."
"Paling tidak, tersenyumlah."

Dan aku auto senyum di kalimat terakhir. Hehe. Jadi kepikiran beberapa hari lalu ketemu Ika. Ika ini temanku yang baiiiiikkkk banget. Muslimah sejati. And she has that smiley face, sesuatu yang aku iri banget dan sungguh pengen aku duplikat. Tapi aku tuh anaknya malas senyum huhu ga benar iniiii. So here's the resolution number 1 : senyummmmm! :)

CINTA





Ini sungguh topik populer di Shihab & Shihab haha. Ini aku suka karna kerasanya feel-good banget. Banyak senyumnya aku nonton ini tuh :))

Wajib tonton ini ya. You'll feel happy and smiley right after :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar