Kamis, 26 Januari 2017

Long Time No Talk

Untuk ukuran blog yang nyawanya megap megap, statistik blog yang baru saja berulang tahun ke-8 ini cukup impresif loh beberapa minggu belakangan haha. Impresif untuk ukuran aku lah ya, tetap masih cemen kok secara umum. Dan ga bisa nyalahin siapa siapa juga karna nulis aja malas, baca malas :))

By the way, di salah satu post blognya beberapa waktu lalu, kak Presyl pernah bagi bagi blog yang suka dia baca. Salah satunya adalah blog http://nonikhairani.com/ aka nyonyasepatu. Singkat kata, aku blogwalking beberapa kali dan memutuskan buat follow (sekarang aku rely ke Feedly buat update bacaan harian, bukan Blogger Dasbor lagi. Bagus banget loh *promosi tidak dibayar*). Berbekal kata kata di blog kak Presyl, kalo blog ini rajin banget update. Dan bener aja loh, update-nya hampir tiap hariiiii. Wow mejik, aku iri dengan konsistensinya huhu.

Kembali ke kalimat pertama di post, beneran impresif loh statistiknya. Bulan Januari ini jadi bulan dengan click terbanyak sepanjang masa, sejauh ini. Trus beberapa postingan terakhir rata rata udah di-view lebih dari 200 kali. Empat kali lipat bo, dibanding waktu jaman aku main weekly challenge (yang pasti akan dilanjutkan, pasti!). Untuk komen komen sih masih jarang banget, tapi expected sih ya karna aku juga tipe silent reader biasanya, jadi aku mengerti aja kalo ngana ngana cuma baca tanpa tinggalin kesan pesan :)

Ya, intinya ini muncul lagi karna kangen pengen ngebual bual gak penting di blog. Kangen. Kadang suka mikir dengan hidup aku yang rada flat beberapa bulan ini, interest aku yang keterlaluan sama Kpop, itu semua bakal bikin orang mikir "ih apaan sih, off putting banget" kalo dibuka terlalu lebar haha. Jaga image banget lah intinya,  jadi ujungnya membatasi topik apa yang bisa ditulis. Beneran loh aku udah berusaha lowkey dan subtle bahas Kpop-nya, walau tetap aja kelihatan ya kalo dunia entertainment aku didominasi sama itu semua. Haha.

Kejadian lucu dan bermakna sehari hari sih sebenarnya banyak tapi entah kenapa ujungnya tidak tertuliskan. Ini nih peer. Aku mau lebih banyak menulis soal topik ini. Dari blog nyonyasepatu tadi juga kebanyakan topik keseharian gitu, jadi aku termotivasi banget untuk mengisi blog dengan approach yang sama. Aku masih percaya kok kalo topik yang biasa aja pun asal diolah dengan baik ya bakal tetap seru. 

But yeah, that's life. That's my life now :)

Stay tune, I'll promise to write more on this platform! ;)

Selasa, 03 Januari 2017

SM Station is a Blessing

There, I said it. Haha

Buat yang sudah mengikuti blog ini dari beberapa postingan lampau, pasti udah tau ya obsesi aku sama Kpop. Dan terutama sama artis artis SM Entertainment. Jadi untuk gambaran umum, di Korea itu artis artisnya (atau khusus dalam kasus ini bahas idol, yang berbentuk grup dan spesialisasinya menghibur jadi talentanya ya bisa berupa nyanyi, ngerap, nari, etc) biasa bergabung di agency entertainment untuk memuluskan jalan karir mereka. Ada banyaaaak sekali agency. Tapi sudah jadi rahasia umum kalau yang terbesar adalah big 3, JYP, YG dan SM.

Aku secara umum lebih prefer ke SM, meski nyatanya aku nge-stan Winner (yang dari YG) dan mendengarkan banyak artis dari agency lain di luar big 3. Salah banget sih suka sama grup cuma dengan jaminan agency-nya, tapi seringnya emang berkualitas dan sesuai selera aku ya. Apalagi girl groupnya. Jadi ya turun temurun deh aku minimal cek kalau memang agency ini mengeluarkan konten musik baru. Dari pertama suka SNSD dan Suju, trus tau Shinee, f(x), ngikutin EXO dan Red Velvet dari debut dan yang terbaru ada NCT. Belum ada yang membuat aku cinta mati banget sih, tapi terkualifikasi kok sebagian lagu lagunya untuk masuk playlist Spotify :)

Anyway, tahun ini SM bikin gebrakan baru di industri musik sana dengan project Station. Lengkapnya baca di sini. Aku dong langsung kesenangan kan karna bakalan banyak konten, walau deg degan juga apakah kualitasnya bisa terjaga :))

So 2016 happened and here we have 40++ songs throughout the year. It was a hit and miss, obviously. Karna serius deh, genre musiknya luas sekali. Dari ballad (ini spesialisasinya SM by the way), musik trot, metal, EDM, dance song (spesialisasinya juga), jazz, rock. Artisnya mereka juga banyak (dan mereka kerja sama dengan beberapa artis dari agency lain juga). Tentu aja aku gak bisa suka semua haha.

Maka dari itu list ini sangat, sangat subjektif. Aku bukan expert dalam hal vokal dan selera aku pada dasarnya emang receh ya, jadi maafkan kalo list ini terkesan becandaan haha. But I really meant what I wrote loh. Aku beneran sukanya sama yang ada di list dibanding yang gak masuk :P

Oke preambule-nya kepanjangan. Langsung aja kita ke dua daftarnya ya.

My Top 12 SM Station Songs

12. Borders - f(x) Amber



Alasan terbesar lagu ini masuk list adalah liriknya yang dalem dan terasa personal banget buat aku, dan aku yakin buat Amber sendiri yang nulis (I think I read once that she shared about this on her Instagram). Aku apresiasi sekali kalau ada penulis yang rela sisi paling sensitif dari hatinya diobok obok untuk bikin karya. Emosi yang dihasilkan biasanya jadi relatable banget :')

11. Your Voice - Shinee Jonghyun x Heritage



Aku suka aja sama lagunya dan suaranya. Pernah ada yang bilang kalo mayoritas lagu Station itu dikeluarin biar bisa dijadikan lagu lagu kafe aja saking "ringannya" dan menurutku lagu ini masuk dalam kategori itu. Easy listening, I love it. Eh, tapi vokalnya on point sih (eh tapi aku pada dasarnya gak bisa banget nilai ginian, jadi diresapi sendiri aja ya :P)

10. Runnin' - Super Junior M Henry x Sistar Soyu



Aku secara mengejutkan suka lagu ini padahal ekspektasi rendah sekali karna aku gak suka suara Henry (dan tetap gak suka sih haha). Tapi lagunya bagus, suara Soyu bagus. Tipikal lagu ala ala kafe juga.

9. Starry Night - Shinee Onew x Lee Jin Ah



Another collab between SM artist and artist from another company. Ini nih yang aku suka banget dari adanya project Station, yaitu membuka kesempatan dapat sesuatu hal yang gak mungkin didapat dari album biasa. Kembali ke topik utama, aku suka lagu ini tuh karena manis banget, dan agak lenjeh gitu, jadi pas banget kalo didengarkan jadi pengantar tidur. Kan ada tuh lagu manis yang cheerful (nomor 5 dari daftar contohnya), nah ini manis juga tapi relaks gitu. Suara Onew maupun Lee Jin Ah sangat khas :))

8. Secret - SNSD Taeyeon



Ini mungkin track paling underrated dari semua rilisan Station karna statusnya yang berupa (satu satunya) B side track. But I love this song so much! Aku curiga sih karna bias aku yang keterlaluan sama vokalnya Taeyeon haha. Padahal kalo bicara vocal color, Taeyeon itu bukan favoritku. Di SNSD masih di bawah lah dia dibanding Jessica, atau bahkan Tiffany. But as a singer, Taeyeon is my favorite girl in the whole Kpop universe. This pure ballad is her specialty and it's perfect as expected.

7. Taste The Feeling - NCT 127 x Coca Cola


Lagu ini gak masuk Spotify karna hitungannya lagu iklan (liat aja itu ada nama merk di credit-nya haha). Ini lagu juga gak original karna lebih dulu ada versi english-nya yang malah lebih kece haha (versi Avicii lihat di sini, versi Kurt cs liat di sini). Tapi entah kenapa aku suka banget juga sama versi Korea ini dan stuck aja gitu beberapa hari setelah didengarkan. Sumpah ini bukan bias, karna aku gak terlalu suka NCT sebenarnya. Well, I really want to, but their stage outfits are tragic and I value visual a little bit too much :P

6. Dancing King - EXO x Yoo Jaesuk



I'm not a big fan of EXO, most of time I need several listens until I get used to their songs. This song, however, is an exception because I like it at first listen! ;) Kalo lagi beres beres gitu aku suka banget nyetel lagu ini karna lagunya mompa semangat banget dan bikin pengen joget juga haha.

5. Spring Love - Red Velvet Wendy x Eric Nam



Normally, this is the song that fit my style the most. There's no way I won't love this type of cheerful love song hehe. So yeah, posisi lima besar didapat dengan mudah.

4. All Mine - f(x)



Station punya range genre yang luas, tapi kalau ada dua genre paling repetitif itu adalah ballad dan EDM. Nah aku entah kenapa gak terlalu suka EDM karna menurutku genre itu agak "menutupi" vokal gitu. Ini teori sotoy emang haha. Lagu ini adalah satu dari 2 lagu eksperimen EDM-nya SM yang sukses di aku (shoutout to Rehab, ini lagu bagus juga tapi gak masuk 10 besar). Mungkin agak bias juga sukanya karna aku kangen f(x), terakhir keluar lagu grup kan udah cukup lama (untuk ukuran Kpop haha).

3. No Matter What - BoA ft Beenzino



Nah ini lagu EDM lain yang aku suka. Kalau disuruh meringkas alasan sukanya jadi satu kata aja sih aku bakal bilang : BoA. Tepatnya sih suara madunya :)) Sumpah deh sering dengar istilah "suara madu" alias honey voice tapi baru punyanya BoA lah yang aku approved. Aku udah familiar sejak dengar suaranya di lagu Dear My Family versi SM Town Concert tahun 2012, tapi entah kenapa gak terlalu suka sama rilis solonya dia (kecuali yang jaman jaman baheula dulu hehe). Tapi duh, lagu ini benar benar memperlihatkan kapabilitas suaranya. So good!

2. Rain - SNSD Taeyeon



Rain ini adalah lagu pertama yang dirilis Station dan menurut aku pribadi, langsung menggebrak. Because seriously, this type of song is not in Taeyeon's comfort zone (dan kebenaran aja, tahun ini dia keluar dari comfort zone beberapa kali sampai kemudian di akhir tahun kembali ke ballad haha). But she did good! To me especially, beyond good! Mulai deh biasnya haha. Lagu ini gak bosan bosan sih pokoknya aku dengarkan sepanjang tahun :))

1. Deoksugung Stonewall Walkway - SNSD Yoona ft 10 cm



Oke ini bias banget aku akuin hahahaha. Lagu ini menurut aku masuk kategori "lagu kafe" dan cheerful love song, jaminan banget lah ya aku bakal suka, totally my style. Lagu yang bikin pengen jatuh cinta dan gak akan bosan didengarkan berkali kali :))

My Top 7 SM Station MVs

1. Deoksugung Stonewall Walkway


MV nya pas banget banget sama feel lagunya, walau isinya gaje banget cuma Yoona senyum senyum ketawa sendiri haha. But the concept is gold, the filter is gold. Aku juga mau walking date menyusuri Deoksugung Stonewall Walkway~~~ Oh, and this MV includes english subs with beautiful font! Couldn't ask for more, really.

2. All Mine


Aku nekat masukin MV ini di nomor dua dengan mengambil resiko dicap paling dangkal dan bias sedunia haha. But to be honest, here's the reason : aku bisa ngeliat senyum tulus Krystal (yang mana susah sekali deh didapatkan on record) :)) Yaudah sih itu aja haha.  Oh satu lagi, MV ini carefree dan kasual sekali, barang langka di Kpop scene. Another plus point to be added!

3. Always in My Heart


Aku suka sekali dengan storyline-nya yang rapi dan unsur unsur quirky-nya yang so Red Velvet, grupnya Joy si penyanyi cewek (try their Ice Cream Cake or Russian Rouletter MV, you'll understand what I mean). Visual wise, Joy and Seulong is such a great pair!

4. Lil' Something


Lagi lagi alasan aku suka adalah storyline-nya. Cerita cinlok di backstage dengan segala intrik macam curi curi pandang, gesture kecil ngebantu sana sini, ih aku sukaaaa. Endingnya manis dan agak agak gak terduga pula :))

5. Dancing King


Another casual MV with the members doing weird dances, dabbing, etc. Efek efek editingnya bisa dibilang berlebihan tapi juga menambah kadar "ramai" yang memang pas dengan lagunya. Aku suka banget sih.
Oh iya, lagu ini lahir dari project Infinity Challenge (variety show paling relevan di Korea) yang mana salah satu member-nya ditantang untuk jadi member baru (bohong bohongan) dari EXO. Jadi intinya di MV dijelaskan behind the scene sama cuplikan mereka live performance lagu ini di salah satu konser. That member is the one and only, Yoo Jaesuk. Duh Jaesuk ini ya, hands down lah, most loved and respected Korean entertainer in the eyes of Korean AND international audience and especially me. Best MC I've ever watched, seriously. Jadi ya intinya, kehadiran Yoo Jaesuk menambah bias aku untuk suka sama MV ini hehe.

6. Still


Persaingan untuk MV tidak sesengit lagu karna sumpah deh, SM didn't even try haha. Tapi ya namanya juga digital single release aja ya, trus tiap minggu pula jadi dimaafkan dong. Dan MV ini masuk list sesederhana karna aku suka sama dua model utamanya yaitu dedek dedek yang cakep cakep banget deh. The storyline itself is so cringeworthy, and somehow rub me in the wrong way. But the kids are so beautiful, so yeah.

7. Sweet Dream


Satu hal yang paling aku suka mengenai MV ini adalah gimana dia sukses mengkomersialisasikan "persona" dan "skit" yang awalnya cuma ada di variety show (yang dibintangi sama dua penyanyinya) ke dunia nyata. Aji mumpung at its finest, karna terbukti berhasil banget, this is one of the highest ranked SM Station songs. Mereka dengan pintar dan serunya memasukkan unsur unsur dari variety itu dan MVnya juga dibintangi member lain. I didn't watch the show actually, so I lost at the inside jokes T_T But even though I didn't understand, I really appreciate the effort to include as many inside jokes as possible. I love inside jokes! :D

Minggu, 20 November 2016

My Music Challenge

Sebelumnya, maaf dulu deh kalau blog ini jadi kayak blog reviewer. Isinya review dan list muluuuu haha. Maybe I'm too old to write about my feelings. Dan mau nyeritain kehidupan sehari hari juga malas. Too lazy to make it interesting. Mau berkomentar soal isu isu terkini juga ujung ujungnya "too lazy to even keep it up". Apalagi kebanyakan isu yang rame itu antara SARA dan politik ya, berat banget.

Jadi intinya ada di kata malas ya. Maafkan :P

Hari ini kebetulan bersinggungan dengan tweet dari seorang teman yang lagi ikutan #30DaysMusicChallenge.


Eh, aku tertarik dong. Tapi berhubung aku orangnya anget angetan banget (masih ada hutang challenge ini ups haha) jadi mikir nulisnya di blog aja trus dijadikan satu postingan. Lumayan kan jadi ada postingan baru *kemudian merasa bersalah blog isinya macam gini gini aja dan buat paragraf di atas*

So, let's start!

A song you like with the color in the title


A song you like with the number in the title


A song that reminds you of summer time


A song that reminds you of someone you would rather forget about


A song that needs to be played LOUD


A song that makes you want to dance




A song to drive to




A song about drugs or alcohol



A song that makes you happy



A song that makes you sad




A song that you never get tired of




A song from your preteen years




One of your favorite 70's songs




A song that you would love played at your wedding




A song that is a cover by another artist




One of your favorite classical songs




A song that would sing a duet with on karaoke




A song from the year that you were born




A song that makes you think about life





A song that has many meanings to you




A favorite song with a person's name in the title




A song that moves you forward



A song that you think everybody should listen to


A song by a band you wish were still together (with original members)




A song by an artist no longer living


A song that makes you want to fall in love




A song that breaks your heart


A song by an artist with a voice that you love




A song that you remember from your childhood


A song that reminds you of yourself

Rabu, 26 Oktober 2016

Fangirl Talk #1

Favorite vocal color on Kpop Scene

Aku pilih dari grup - grup yang sering aku dengar dan individualitas vokalisnya emang menonjol gitu ya. Open request! Kali aja ada yang mau nyocokin seleranya sama akuuuuu. Tapi siapa aku ya, ngedeskripsiin lagu bagus aja masih belibetan T_T (silahkan baca di sini atau sini buktinya).

1. SNSD --- Jessica

Jessica is the one who sings at 1:17

Bonus karna SNSD yang bikin aku suka Kpop haha

2. Super Junior --- Kyuhyun

Well, di Suju aku juga suka jenis suara Sungmin dan Donghae sih. Sungmin itu yang pake kemeja kotak kotak dan Donghae yang pakai vest kotak kotak.

Kyuhyun is the one who started the song!

3. Big Bang --- Daesung

Daesung is the blonde one

4. Mamamoo --- Wheein

Wheein is the one who started the song.

By the way, Hwasa came close as second place. Hwasa is the only one who has short hair on the video :D

5. 2NE1 - Park Bom

In 2NE1, I kinda like Dara too. Dara kalo dikasih lagu yang cocok dengan range suaranya bagus banget loh. Coba dengerin Two of Us deh, ost web drama dia yang featuring dengan Winner Seungyoon. Trus kalo boleh jujur, aku sama sekali gak suka vocal color Minzy maupun CL. They sound annoying to me T_T

Park Bom is the one singing at 0:52

6. Red Velvet --- Seulgi/Wendy/Joy

Sumpah gak bisa milih. Aku suka semua jenis suara vocal line di grup ini.

Nama berdasar urutan nyanyi : Joy, Seulgi, Wendy

Bonus, salah satu lagu favoritku dari mereka. Carol time!!!

7. Winner

Seperti yang udah tergambar dari postingan udah udah, Winner ini sekarang jadi satu satunya grup Kpop yang aku stan. Jadi khusus mereka aku ranking semua member haha.

Yang paling aku suka adalah.. Jinwoo! Yes, the most underrated vocalist on the group. Dibanding 2 vokalis lain, dia yang part nyanyi paling sedikit karena secara objektif emang nyanyinya yang paling tidak stabil (dan lebih bagus live dibanding versi studio. Haha beneran, ini salah satu kekurangan dia). Tapi... aku suka warna suaranya gimana dong T_T Terutama kalo dengar Winner keseluruhan, suaranya itu penyejuk di antara yang lain lain deh.

Yang kedua aku suka adalah Song Mino. Kalo boleh mendeskripsikan sama satu kata, suara Mino itu : sex. Haha. Dan paling seneng deh kalo di Winner, mereka tuh demen banget mengeksploitasi suaranya Mino ini. Musti banget doi disuruh nyanyi (he's a rapper btw) dengan musik minimal. Pecah hati fangirl aku :))

Yang ketiga aku suka Seungyoon. Suaranya powerful dan khas banget (a little bit like Yesung Suju, tapi suara dia lebih nyaring imo :)). Aku gak terlalu suka sama warna vokal dia tapi at least dia gak annoying suaranya :P Yang aku salut nih, dengan suara begitu dia gak pernah kedengaran dominan saat nyanyi di grup atau duet. Dia kayak tau banget kapan ngerem kapan ngebut. Coba perhatikan di ending part pas Winner nyanyi Missing You di video ini deh (Yoon yang main gitar). Waktu awal dia nge-blend dan ngebentuk harmoni sama yang lain, baru pas akhir dia tekan suaranya dan ngasih impact.


Keempat dan kelima adalah Taehyun dan Seunghoon. Tapi overall posisi terakhir di Winner masih di atas dari posisi satu di grup manapun. Maafkan kebiasan saya :P

By the way, di bawah ini video buat yang mau mengamati masing masing vocal color mereka. Beda beda banget deh pokoknya 5 manusia ini haha. Nama berdasar urutan tampil : Seunghoon, Jinwoo, Taehyun, Seungyoon dan Mino.


Beberapa warna suara dari vokalis Kpop yang aku suka (tapi aku cuma dengerin lagu mereka yang title track aja, jadi gak akurat sih ini haha) : Eunji (Apink), Yuju (Gfriend), Minah (Girls' Day), Onew (Shinee), Changsub (BtoB), PO (Block B), Jisoo dan Rose (Blackpink), Kim Yoo Jung (ini aktris sih, tapi aku suka banget deh suaranya) dan Suhyun (Akdong Musician).

***

OOT, setelah terakhir kali jatuh hati sama series bule itu pas nonton Sherlock, aku akhirnya menemukan dambaan hati baru yaitu serial... Black Mirror!! Telat banget ya secara ini udah ada sejak 2011 sebenarnya. Tapi gak masalah lah karna satu season paling banyak juga 6 episode jadi gampil ngejar ketinggalannya hehe. Yang paling aku suka dari Black Mirror ini premis umumnya itu satu aliran sama film Wild Tales (ini salah satu dari sedikit fim yang masuk kategori forever favorite aku. Tonton deh, bagus banget, pasti gak nyesal :D). Dan kalo emang ada yang nonton, boleh kali bilang bilang. Di circle friend aku gak ada yang nonton ini and I'm dying to talk to someone about this series T_T Ntar kapan kapan ditulis deh soal Black Mirror, sekalian memancing diskusi juga sama yang udah nonton seriesnya hehe.

See you later, good people~~~

Sabtu, 01 Oktober 2016

Just a Thought

Menertawakan si Karin, tapi nyebarin linknya di mana mana. Ngasih exposure.

Merasa prihatin dengan video musik rapper irrelevant (well, pengakuan adekku yang anak SD kelas 6 sih dia relevan, which is sad. Let's work on that fact more, reach out tuh anak anak SD terdekat. Even better, reach out gurunya biar bisa kasih pemahaman yang baik buat dedek dedek kita), tapi enteng nyebarin cuplikan video yang irrelevant juga.

Terlalu banyak double standard. Terlalu banyak iklan. Itu yang bikin malas main Twitter akhir akhir ini.

Sedih.