Jumat, 13 November 2015

Jalan Jalan Men!

Udah lamaaaaa banget ya sejak terakhir kali update tag wisata. Padahal mah diam diam udah mau menyaingi Jebraw. Hehe. Let the journey begins... (chronological order)

Sulawesi Barat - Sulawesi Selatan
Ini dah yang paling basi. Haha. Kejadiannya lebaran empat tahun lalu cuy tapi belum sempat diceritakan nah. Hehe. Jadi aku pada waktu itu mau ke Palopo, ke tempat adek Mamaku. Trus karna satu dan lain hal, malah dapat tiket kapal ke Mamuju yang ada di Sulawesi Barat aja gitu loh. Dan ujung ujungnya tentu aja, Road Trip!!! Yay! My daddy's style and my fave too! :)

Perjalanan lautnya sih gak seasik 10 tahun lalu waktu aku bisa liat ikan pas sore sore dari atas kapal (what a nice memory!). Ini kapalnya sempit, gelombangnya guncang banget, penuuuuuh banget sama para pemudik karna itu pas bulan puasa dan aku ujung ujungnya ngumpet aja sehari semalam di kamar ABK yang keluargaku sewa. Eh ada sih satu kali keluar (walaupun udah diperingatkan Abah dan Om aku supaya gak usah aja) dan males banget ngeliat penuhnya kapal. Kapalnya juga kecil jadi fasilitasnya gak asik trus gak terlalu bisa liat laut :( But then again, I have to be grateful for what I had, right?

Siang jam 11 gitu sampe di Kota Mamuju, ibukota Sulawesi Barat. Agenda hari itu adalah jalaaaaan terus sampai Polewali Mamasa (yang masih di Sulawesi Barat juga) tempat di mana kami bakal nginap di rumah keluarganya teman abahku :) Tempat itu juga yang dulu aku datangi, 10 tahun lalu :) Sepanjang jalan senang deh karena Sulawesi is much better than I expected. Ada yang jalanannya langsung berbatasan dengan pantai. Ada juga yang pemandangannya sebelah kiri gunung dan sebelah kanan pantai. Duhhhh itu jelas banget masih dalam ingatanku betapa indahnya! Terlalu indah sampe gak sempat difoto.

Sampai di Polmas, disambut sama keluarga Icha tadi. Pas buka puasa dikasih makan banyak dan enak enak. Ngobrol soal banyak hal. Trus rumahnya dekat sawah jadi main main kesana sama Dana, Zia dan Syifa (dua yang terakhir sepupuku, satu masih SD dan satunya umurnya 3 tahun) Menyenangkan deh :) Malamnya gak kemana mana karna emang ini kota kecil juga.

Besok pagi perjalanan lanjut trus sampe Palopo. Beberapa tempat yang aku ingat : pas mampir makan siang di rumah makan entah di daerah mana, yang jelas udah masuk Sulawesi Selatan. Makan Coto Makassar dan enaaaaak banget sumpah! Trus kan yang jual ibu ibu gitu, nah pas kami lagi makan ada anaknya datang dan pas aku numpang ke belakang eh aku liat anaknya cuci piring. Duhhh aku langsung membayangkan skenario kalo ibu itu single parent dan anaknya, yang masih SD, instead of main main habis pulang sekolah malah membantu ibunya mencari nafkah. Duh aku terhura :')

Trus juga di sepanjang jalan itu seru bisa liat kehidupan sehari hari orang sana. Ngelewatin sawah. Jalannya lurussss aja gak ada belok belok nyebelin gitu. Sebagian besar jalannya sempit. Ngelewatin beberapa kota kecil sampe akhirnya masuk ke Kota Palopo. Pertama disambut sama gerbang kotanya. Trus naik gunung dan dikasih pemandangan kece!! Ada beberapa pondok buat nongkrong gitu yang pemandangannya laut dan di tepi laut itu ada semacam tambak, yang ternyata kata acilku itu tempat pengolahan garam. Keren lah pokoknya.

Trus turun gunung dan nyampe deh di kotanya. Sekilas mirip banget suasananya kayak Banjarbaru. Langsung cus ke tempat acilku. Dan temu kangen secara udah lamaaaa rasanya gak ketemu :')

Di Palopo aku tinggal di tempat acilku itu di Pasar Lama. Rumahnya gede, tingkat dua tapi katanya biaya sewa murah aja. Alhamdulillah. Di Palopo ya aku jalan jalan ke Pelabuhan yang banyak tempat karaoke umumnya haha dan ada satu jalan terusan yang buntu gitu ke laut trus kanan kiri hutan bakau. Trus banyak juga kapal nelayan. Indah deh, dan pemandangannya asing jadi aku suka :D

Aku diajak makan di tempat tempat terkenal di sana. Beli sate yang paling rame (secara keluargaku penggila sate ya haha) dan bakso yang ramenya ampuuuun! Tapi kotor banget gitu deh, sampe kalo makan jangan liat ke bawah ntar gak berselera lagi :p Trus berhubung aku kesana pas lagi bulan puasa dan Idul Fitri jadi ya ngerasain juga gimana puasa di sana. Ke pasar Ramadhan dan liat jajanan lokal (PENTING!! HAHA) dan juga sholat di mesjid sana. Anyway, orang sana mau sholat aja, pakaian dan aksesorisnya hits banget deh. Kudos!

Ah iya, dua hal paling memorable di Palopo adalah langitnya indaaaah banget. Cerah dan awannya banyak gede gede. Trus ada ya satu daerah di mana tiga jenis kuburan (kuburan muslim, kristen dan tionghoa) berjejer sebelahan. 

Selain ke Palopo, tentunya aku juga jalan jalan ke kota sekitar. Apalagi ini khusus bawa mobil sendiri ya dari Kalimantan biar bisa puas jalan jalannya haha. Adek sepupuku aja ada yang langsung sakit saking gak bisa ngikutin flow-nya Abah jalan jalan :') Jadi kami ada ke Toraja yang mana sekitar 2 jam dari Palopo yang mana jalannya sangat sangat unforgettable. Jadi ngerasa kerdil deh sering ngeluh tiap ngelewatin Balikpapan-Samarinda karna jalan ke Toraja jauh lebih naik turun gunung, kanan kiri jurang, dan berkelak kelok kayak obat nyamuk. Tapi cantik banget sumpah. Jalannya dingin anyway, bahkan setelah kami gak pake AC lagi di mobil. Tapi begitu nyampe Toraja kota langsung panas menyengat. Ada beberapa ketemu bule. Ada banyak ketemu makanan berbahan baku babi :p

Ke Londa yang legendaris itu. Dengar sejarahnya. (Akhirnya!) ngeliat patung patung manusia yang lucu itu. Foto sama tengkorak (cuma abah sama aku yang berani ngelakuin ini haha). Pas pulang dari Toraja ini juga sempat sempatnya stop di rumah orang buat foto sama rumah adat mereka yang keren itu. Trus juga ada liat mereka ngangkut babi hitam buat ritual pemakaman mungkin, tapi gak singgah karna takut pulang kesorean.

Selain itu kami juga ke Masamba dan Belopa. Nah perjalanan ke Belopa ini yang paling memorable. Ada satu bagian jalanan yang kanan kirinya pohon gede jadi sepanjang jalanan itu bener bener rindang. Sukaaa banget. Trus kami juga mampir ke Kompleks Kantor Bupati yang berada di atas bukit gitu (enggak, gak segede kompleks Bukit Pelangi di Sengatta). Di perjalanan pulang mampir ke satu objek wisata. Gak ada ekspektasi secara cuma iseng aja liat plangnya di pinggir jalan. Tapi ternyata itu sungai pemandian dengan air yang jernih bangeeeet. Maaf norak tapi sungai yang begitu emang langka banget di Kalimantan :(

Dan... cerita selanjutnya juga dipending ya sampai ada keajaiban. Selain udah lupa, aku juga gak punya file foto foto di Sulawesi ini lagi. Hilang waktu laptop crash beberapa tahun lalu :/
***

Ps, ini postingan yang paling banyak debunya di draft. Daripada tetap dibiarin gak jelas di situ atau dibuang, lebih baik aku posting seadanya ya. Maaf gak bisa trip report selengkapnya (Madura, Bali, Tarakan, Nunukan, ceritanya kapan kapan aja lah ya kalo ada keajaiban :P).

Berhubung tampilan blog untuk gambar sudah kece, jadinya aku mau pamer foto foto aja aku udah ke mana selama beberapa tahun ini. Buat yang nyasar kesini untuk tau informasi mengenai daerahnya, bisa langsung komen aja apa yang mau ditanyain ya. I will gladly help you if I can :D

BALI

Mandatory photoshoot when in Bali

Me being silly

Flying Fish!!!

Typical penginapan di Kuta

Nasi goreng terenak sedunia

KALIMANTAN UTARA

Di kawasan konservasi hutan bakau dan bekantan di Tarakan

Di kapal dari Nunukan menuju Pulau Sebatik

Tapal Batas di Pulau Sebatik

Es krim Milooooo :9

Samarinda-Kelua-Palangkaraya-Banjarmasin-Samarinda

Mampir di Posko Operasi Ketupat di perbatasan Kaltim-Kalsel

Salah satu pasar di Palangkaraya

Nyari jodoh, pak? :D

2 komentar: