Senin, 30 Juli 2012

Tentang Teknik Kimia (2)

Okeeee lanjut lagi yak dari seri yang sebelumnya. Kita bakal ngebahas tentang mata kuliah - mata kuliah yang ada di Teknik Kimia Unlam. Set dah pembukannya sok asik ya? Ya maaf, lebih baik garing daripada tidak nulis sama sekali :)) Sebelumnya mohon maaf dulu untuk label yang satu ini sangat jarang diperbaharui. Alasannya? Males :)) Hehe, ayok dah daripada banyak bacot mending kita bahas aja nih materi yang totalnya ada 19 SKS dan tiga praktikum! Maaf ya yang praktikum gak nyantai, kalo udah jadi mahasiswa Tekkim tau aja pang alasannya :)

1) Praktikum Fisika Dasar. Ini matkul yang paling diantisipasi nih, karna berdasarkan wejangan kakak tingkat, matkul ini selain bikin mampus menguras fisik, dapat nilainya pun sulit. Secara ya, praktikum disini nebeng sama fakultas MIPA, jadi emang rada ribet. Dari awal aja, jadwal sempat tertunda karna belum fix sama para asisten. Trus keluhan lagi, standar MIPA sama Teknik itu dalam penulisan laporan maupun pas praktikumnya beda jadi agak kagok gimanaaa gitu saat harus menyesuaikan. Eh iya satu lagi, di praktikum ini  satu kelompok ada banyak orang! Sumpah ya untuk menyatukan kepala kepala itu harus menguras hati sekali. Masih kebayang leganya pas matkul ini udah beres :) Praktikum ini sendiri kebanyakan materinya berhubungan sama matkul Kimia Fisika 1, tapi secara garis besar kayak Fisika SMA juga. Jadi aman lah ya. Lebih asik ini malah dibanding kimia, soalnya gak musti parno mecahin alat. Hehehe.

2) Bahasa Inggris. Ini matkul kesukaan akuuuu, gak aneh ya secara dari SD juga pelajaran favorit pasti Bahasa Inggris. Even dosennya aku kurang suka, tapi tetap materinya aku paling suka ini. Pelajarannya sih menurut aku basic banget, bahkan lebih kompleks English waktu kelas 3 di SMA kayaknya (iyeee terserah deh mau dibilang sombong), tapi ada beberapa part yang aku suka. Misalnya aja grammar yang kayaknya gak ada habisnya itu. Selalu seru untuk dibahas :D Ini kelas gabungan sama Teknik Lingkungan jadi lumayan rame yaaa dan rada gak efektif. Anyway, dosen matkul ini pernah dua kali aja gitu loh nanya ke aku gimana cara belajar English yang benar. Dan karna aku paling bego speaking, aku malah end up jawab sok diplomatis yang bukan seharusnya. Padahal kuncinya cuma satu, Bu, tapi saya lupa bilang. Love it. Dan buat itu seperti kebutuhan. Dah itu aja :)

3) PKN. Jujur ya, lagi malassss banget ngebahas matkul ini gara gara nilai akhir udah keluar dan semua rata dapat B kecuali tiga orang! Malas kerja a.k.a menilai dengan melihat kemampuan sih oke, pak Dosen, tapi gak B juga dong. A atau minimal B+ bisa kali! Terus ya, yang bikin kecewa juga adalah kemampuan aku yang aku pikir lebih dari B. Dari UTS aja, aku yakin banget secara aku belajar bener malamnya. Terus pas tugas besar, aku sempat presentasi (while others can't. tapi tetap aja nilainya sama masa -_-) dan bapaknya sendiri loh yang muji kalau slidenya bagus!!! Tentu aku senang banget ya, karna untuk hiasan slidenya aku kerja sendiri, meski konsepnya kerja bareng bareng dong. Nah waktu UAS emang agak keteteran sih, tapi bisa aja kok. Gak sampai B lah pokoknya. Asli gak ikhlas, tiga SKS soalnyaaa T_T Anyway ini matkul isinya kurang lebih kayak PKN di SMA, jadi tinggal kuatin di hapalan aja. Ini juga kelas gabungan sama Lingkungan, Mesin dan Tambang.

4) Praktikum Kimia Organik. Ini praktikum yang paling bikin tegaaang. Auranya itu loh gak nahan. Alasannya gak perlu dijelaskan ya, cukup tau sama tau aja :)) Personal kok, jadi jangan takut, pengalaman kalian pasti beda gak kayak aku :) Sebenarnya materi praktikum ini menarik loh, karena dekat dengan kehidupan sehari hari gitu. Misalnya aja neliti tentang kandungan kafein di daun teh atau kandungan pati di singkong. Format laporannya juga sama dengan Praktikum Kimia Dasar (cuma di sini ditambah bukti print out kutipan materi yang diambil dari buku atau internet) di semester sebelumnya jadi so far gak ada kendala yang berarti. Selain karna pressurenya yang tadi aja tentu :P

5) Kimia Organik 2. I love this subject! Walau waktu semester lalu aku mati matian benci sama Kimia Organik 1. Sepanjang semester ini aku malah menikmati belajar Kimia Organik 2. Masih agak gaje sih dengan tata nama yang bikin susah hidup atau gambar gambar abstraknya itu tapi aku tertarik :D Sayang aja nilai nilaiku di matkul ini malah mengecewakan huhuhu. Mungkin otakku gak sesemangat hatiku kali ya jadi gak berbanding lurus nilainya T_T

6) Kimia Analisis 2. Gak jauh beda dengan Kimia Analisis 1, mood aku dengan matkul ini sangat berbanding lurus dengan dosen yang ngajar. Waktu paruh pertama, beeeh males banget!!! Mungkin aku pribadi emang bukan orang yang rajin juga, tapi kalo aku dipancing pasti aku bakal tertarik pang. Nah sumpah ya waktu paruh pertama tuh aku ngerasa kuliahnya gak asik banget. Nilaiku? Hancur sehancur hancurnya. Kemudian datang paruh kedua dan aku jadi semangat lagi :D Materinya asik dan jelas. Yang dipelajarin berbagai macam teknik analisis material, dan juga instrumennya. Pokoknya seru lah. Eh, dosen paruh kedua yang so far jadi dosen favoritku (meski mulai semester depan gak bakal ketemu lagi T_T) ini punya blog loh. Klik di sini kalo mau baca. Even her thought about simple things in her life amazes me. Very good job, bu :)

7) Fisika Dasar 2. What to say ya? Kayaknya kalo tanpa sensor bagian ini akan penuh dengan makian makian. Haha. Gak ngerti juga deh, padahal kan dulu aku cintaaaa fisika. Trus kan aku teknik juga ya, jadi ngerasa salah banget aja musti gak suka matkul ini. Tapi beneran deh materinya sendiri udah susah (walau susah tapi aku tetap suka, note that one) even cuma setingkat lebih tinggi dari yang di SMA. Dan gong lagi dapat dosen yang gaya ngajarnya gak sesuai dengan aku. Ya tambah sedih kaaan? T_T Makanya gak heran lah kalo nilai terendah aku di semester ini ya Fisdas 2.

8) Matematika 2. Sebenarnya materi ini menarik dan aku pun suka lagi tertantang (halah) dengan matkul ini. Tapi karna akunya emang dasarnya bego jadi yaaa, emang gak maksimal deh. I can live with that tho' tapi tetap kecewa lah secara ini tiga SKS! Materinya sih masih lanjutan dari Matematika 1, bicara tentang integral dan tentunya, the one and only, the famous persamaan diferensial :))

9) Praktikum Kimia Analisis. Nah ini dia matkul yang paling bikin kecewa demi apapun juga! Dari awal masuk, sampe final dengan asisten, sampe final dengan dosen, semua berjalan biasa aja dan cenderung menyenangkan. Aku bahkan nemu kelompok paling comfortable ya di praktikum ini, bow to Cici dan Ilham yang gak pernah bikin bosan di setiap kesempatan :D Mereka ini juga yang ngomporin aku sama Korea-an dulu. Cici suka Super Junior dan Ilham suka Beast! Hehe. Back to Praktikum Kiman, materinya lebih abstrak di banding praktikum Kimor tapi somehow lebih nyaman prakteknya di sini. Formatnya juga sama persis dengan praktikum Kimor. Nah yang bikin kecewa tadi adalah nilai aku rendah di sini padahal ekspektasi udah tinggi. Entah salah di asisten apa di dosen, gak mau tau lagi dah. Bete!

10) Kimia Fisika 1. Dari awal buka buka buku Dogra dulu di awal, I had this feeling that I'm gonna love this subject. Thank God, it's true :) Materinya sih antara ngitung dan hapalan merata banget, jadi ga bikin otak bengkak sebelah sisi aja gitu. Hehe. Sayangnya sih matkul ini cuma dua SKS jadi kurang maksimal. Tapi tenang aja dah, di semester berikutnya bakal ada matkul lanjutan dan praktikumnya sekalian. Wohoo! Wonder whether it's gonna be well or not ;)

***

I think that's it for this chapter. Maaaaaf beribu maaf sama diri sendiri karna gak pernah bisa memenuhi janji untuk nulis dengan maksimal. Really, I feel bad for myself. Ini juga kalo gak ditemani playlist yang pas gak bakal jadi tulisan. So, thank you, my new awesome playlist! See you on the next post, pals :D

updated 16 Februari 2016 :

Hello adek adek maupun kakak kakak yang nyasar kesini karna ingin tau lebih dalam tentang jurusan Teknik Kimia! Karena aku tau banyak yang peduli sama jurusanku ini, aku ada nulis bahasan yang lebih mendalam lagi mengenai hal itu di situs YouthManual. Startup ini fokus sama hal hal menyangkut perkembangan anak muda di Indonesia. Mulai dari yang galau jurusan, galau skripsi sampai galau cari kerja. Klik aja linknya di sini. Share juga ya melalui medsos kalian, kali aja ada yang butuh infonya juga. See you soon!

4 komentar:

  1. prospek kerjanya nanti gimana kak???


    komen back in my blog yeee

    BalasHapus
  2. Widih, kalo ini mah tricky ya. Jenis industri yang pakai teknik kimia banyak banget, dr perminyakan, pengolahan hasil tambang, polimer (karet dkk), sabun, obat. Tapi untuk bs masuk syaratnya jg susah, jadi kalo saran dr aku sih banyakin soft skill aja :)

    Anyway, kalo mau lebih jelas bisa coba ke link ini : http://majarimagazine.com/topics/dunia-kerja/

    Okay I will :)

    BalasHapus
  3. kak kalo mw cari bahan matKul t.kimia secara umum dimana ya???

    BalasHapus
  4. Aku jarang cari di internet sih ya, karna buku bacaan di kampus juga udah banyak. Biasanya kalo butuh buku lebih banyak lg, aku tanya dosen judulnya dan aku cari sendiri di google. Trus kalo untuk jurnal coba cari di Google Scholar aja. Semoga membantu ya :)

    BalasHapus