Sabtu, 04 Agustus 2012

Telaah Lirik Lagu Superman

Pernah baca postingan Miund yang ini atau Raditya Dika yang itu? Karna dua duanya blogger ngetop banget jadi kemungkinan besar udah pernah baca ya :D Nah, aku pengen ngelakuin hal yang sama (tapi gak komedi, maaf gak bakat ini hehe) dan sesuai dengan kegilaan aku tentang Korea sekarang, lagu yang aku telaah adalah Superman-nya Super Junior!!! Haha silahkan kalo ngerasa muak langsung ditutup aja postingannya ya.  Let's talk about some other things later ;)

Aku milih lagu Superman karna ini lagu Suju yang liriknya paling bikin nganga. Karna malas merangkai kata, jadi aku copas aja ya salah satu komentar netizen lain tentang lagu ini yang kata katanya aku setuju banget :D

"aww! i love the song from the very start but i didn’t know what it meant or even bothered to look it up. but finally, i’ve read it already and superman is a really meaningful and really talks about super junior. "

Oh iya, satu komentar dari netizen lain yang aku juga setuju adalah anggapan kalau lagu ini arogan! Mind the languange, ELF, arogan di sini bukan dalam artian negatif ya. Karna buat aku arogan itu kalo beralasan malah keren banget! Pada akhirnya arogan cuma masalah persepsi lah ya :) Lagu ini sendiri diciptakan sama Yoo Youngjin, the same person who wrote Sorry Sorry, Bonamana, etc. Pengen tepuk tangan dulu nah sama yang nyiptain, keren banget kerjaannya! :D

Oke kita mulai aja ya analisanya *halah*

EUNHYUK:
When i am coolly dancing in the group that’s one of a kind in the world and uniquely moving the world

See? Dari awal aja udah songong, just the way I like it :) Seandainya aja aku dan jutaan orang di dunia ngerti bahasa Korea, pasti udah langsung noleh begitu dengar bagian pembuka ini. Tapi kalo dipikir benar juga sih, Suju kan boyband yang anggotanya 13 orang, itu jelas sekali one of a kind kan? :D Dan sebuah keputusan yang sempurna untuk nyuruh Eunhyuk nyanyiin part ini, secara dia mesin dancenya Suju yaaa.

DONGHAE:
All the elfs in the world fall fall fall for me
Run run run to me
Let’s rejoice in this moment together

Nah ada satu fakta menarik nih tentang Donghae, coba perhatiin deh di lagu Bonamana dan Sorry Sorry dia juga kebagian lirik yang punya kata diulang ulang. Even lagu ciptaannya sendiri di reality show We Got Married aja juga ada kata berulangnya. Haha nih anak keranjingan banget kali ya, but it fits him well sih :P Kembali ke liriknya, ya gak usah dijelaskan lagi ya emang ELF sebegitunyaaaa sama Suju *nunjuk diri sendiri*

YESUNG:
I (emotionally) touch those people that have genuinely, quietly loved me

Nah ini juga tingkat arogansinya kental banget. Apalagi dinyanyikan oleh seorang Yesung yang emang mukanya udah nyebelin dari sananya. Haha. Tapi dengan suara yang emang begitu itu siapa gak tersentuh dan cinta Yesung coba? :P

KYUHYUN:
There haven’t been moments where i’ve said useless things or not been truthful

Coming from the evil maknae, I think this is kind of true. ELF seluruh dunia pasti tau lah ya betapa tajamnya mulut Kyuhyun ini sama anggota lain (bahkan sama ELF sendiri -_-) jadi emang pas banget kalo bagian ini dia yang nyanyi. Aroma songong ada sedikit tercium di part ini. Hehe. Aku pribadi sih pas bagian ini kurang peduli sama liriknya ya, suara Kyuhyun sudah cukup sekali dah :D

SUPER JUNIOR:
Our scale is the best and our scale is the best
Everything has to be the best
Super Junior is only missing the ‘man’ from the name of ‘superman’

Banyak orang bilang ini bagian songong banget, tapi yang aku liat malah kerapuhan-nya mereka. Haha sentimentil sekali ya diriku? :P Seakan akan mereka mau bilang kalo mereka selalu dan selalu berusaha memberikan yang terbaik, selelah apapun mereka. Aku ngedengarnya jadi sediiiihhh. Meski bagian ini dinyanyikan dengan penuh semangat dan power, yang aku dengar ya kerapuhan itu tadi. Kalo Suju baca dan somehow ngerti, aku mau bilang kalo kakak - kakak gak usah berusaha terlalu keras, jangan terlalu capek, I will love you guys no matter what. Oh ya, kalimat terakhirnya itu daleeem banget. Suju kan ditinggal sama Hankyung yang keluar dari SM, Kibum yang entah bagaimana kabarnya dan Heechul yang lagi wajib militer jadi 'man' di sini ya mereka mereka itu. Huhu ayo kumpul lagi biar lengkap jadi superman. Perpisahan yang paling sakit tentu sama Hankyung ya, karna pisahnya gak baik baik. Dan speaking of superman, Suju-M waktu dulu leadernya masih Hankyung pernah mengumpamakan diri mereka dengan sebutan itu loh di lagu Supergirl. Jadi yaaa, memang lagu ini Suju banget lah. Yang nulis pasti ngerti Suju banget pokoknya :D

Our passion is the best and our concentration is the best
Who would be able to say we’ve finished
Super Junior is only missing the ‘man’ from the name of ‘superman’

Cuma mau ngomentarin kalimat kedua dengan kata : songong. But true. Ketika semuanya selesai, selesai-lah. Sampai itu kejadian gak ada yang boleh mendahului takdir. Even you, haters ;)

HEECHUL:
Now, now, now, who is it?

Nah kenapa Heechul yang paling pas bawain part ini? Karna bersama Kangin, dia ini nyawanya Suju. Kalo gak ada Heechul gak rame dah karna dia ratunya bacot (rajanya ya Kangin). Jadi cocok aja di sini dia kayak bikin rame gitu *halah ribet amat ngomongnya, Dit*

SHINDONG:
So why do all of you look back when i am right here
Who the hell are you looking for
I am Shindong

Ini part yang gak songong, tapi aku sukaaaa. Liriknya biasa banget tapi dalem. Kalo orang ngomongin Suju (terutama haters) pasti demen ngungkit masa lalu Suju yang rada gak enak. Tentang Hankyung lah, tentang Kibum dan lain lain. Di sini Shindong dengan humble-nya ngingatin untuk move on dan mengingatkan kalo dia (dan Suju) masih ada loh, masih eksis. Ada selipan komedinya juga di sini. Secara kita tau ya body Shindong itu paling gede, dan pas dia ngomong ini kok rasanya orang yang masih liat ke belakang itu bego banget gak liat Shindong udah nunggu buat maju ke depan gitu :D Sekali lagi, yang nulis lagu ini pasti TAU SETAU TAUNYA tentang Suju :)

LEETEUK:
Should I pluck the stars for you, count them
One, two, three
With the stars we’ve lost
We are thirteen stars

Ini juga gak songong :) Secara leader ya, ngomongnya tegas, dalem, dan ajaibnya langsung bikin tenang. Walau Leeteuk pas nyanyi ini suaranya keras dan mukanya galak, tapi hati jadi lebih tenang aja. Or is it just me? Haha. Dari liriknya frontal banget ngomongin tiga anak yang hilang yaitu Hankyung, Kibum dan pada saat lirik itu ditulis, Kangin. Dan di sini juga Leeteuk menegaskan kalo bagi Suju, mereka itu tetap bertiga belas. Sesuatu banget kan buat ELF garis keras ngedengarnya? :)

HEECHUL:
But we are not lonely, we have SM family and ELF

This is my favorite part, suka aja dengar suara Heechul di bagian sini :) Secara lirik sih agak dalem tapi gak segitunya. Suju emang mendewakan SM dan ELF banget dah :D

RYEOWOOK:
don’t be disappointed, don’t judge/betray us
you have already become drunk by the super holic

Nah ini juga paling pas dibawakan sama Ryeowook, karena menurut aku dia itu yang paling pure dan innocent di Suju. Dengan dia nyanyi ini, aku liatnya kayak anak kecil imut yang lagi mohon mohon sama orang - orang jahat nan kejam di luar sana. Kalimat keduanya gak begitu ngerti maksudnya apa, tapi kalimat pertamanya walau simple gitu tapi sukaaa banget. Seriusan itu kalimat punyanya Ryeowook, no doubt at all.

SUNGMIN:
Try singing the song, and now even follow the dance
Let’s get excited together

Nah ini juga, I can easily picture Sungmin said those things on his own. Sungmin itu bukan leader, tapi jelas eksistansinya sebagai anggota Suju yang berkarisma dan humble (!!!) ada. Gak kayak Heechul atau Kangin atau Shindong yang walau lebih tua tapi aku gak bisa bayangkan aja kalo mereka jadi leader. Haha. Dua kalimat yang amat sangat rendah hati ini perfect dah untuk menutup sesi ini untuk selanjutnya memasuki reff yang tadi nyanyi bareng bareng.

SUPER JUNIOR:Our scale is the best and our scale is the best
Everything has to be the best
Super Junior is only missing the ‘man’ from the name of ‘superman’
Our passion is the best and our concentration is the best
Who would be able to say we’ve finished
Super Junior is only missing the ‘man’ from the name of ‘superman’

KYUHYUN & SUNGMIN:
When your heart is sad, when you want to listen to a song,
When you need something to lift your spirits up,
We are next to you, let’s all come together

Emang tau aja ya kalo Kyumin adalah salah satu dari pairing anggota Suju yang paling populer. Those two are super cute together indeed. Btw, aku suka liriknya banget karna emang itulah gunanya Suju sehari hari :)

SUPER JUNIOR:
Super Junior
We are super super superman

Nah sebagai fan yang gak bisa ngomong Korea, line ini yang paling aku suka nyanyiin. Haha. Kalimatnya simple dan singkat tapi dalem dan... arogan lagi. Gak papa lah ya, mereka emang udah kayak superman gitu kok. Hebat gitu :)

RYEOWOOK & YESUNG:When you’re very bored and surfing the internet, if you just type in ‘super’ our results will come come out
We are always by your side
Scream it out

Yewook ini juga pairing favorit kebanyakan ELF. Anyway, itu kalimat pertamanya juga sombong banget tapi  ya wajar aja sih mereka ngomong gitu karna mereka Suju! Haha. Aku iseng loh cari di Google, GoogleImages sama Youtube dan walaupun hasilnya gak seakurat lirik lagu ini, tapi udah lumayan lah untuk artis asia :D


SUPER JUNIOR:
Super Junior
We are super super superman
EUNHYUK:
Even if they don’t know of us, we try our best every day

Ini merupakan kata kata yang manis banget buat para haters yang asal ngebenci aja tanpa mau mengenali lebih dulu :) Aku suka banget kalimat ini, dari awalnya sampai bagian yang terakhir yang menurut aku humble banget.

DONGHAE:
If they question who who who we are, we show them our results

Tuh kan, kata berulang lagi :) Btw, Eunhyuk sama Donghae curang ya, dapat part nyanyi sendiri gak bareng bareng. Eh tapi memang Superman ini jenis lagu mereka banget ya jadi dimaafkan :D

SUPER JUNIOR:
Even if the road we walk is barren,
We are in the end, Super Junior
THE LAST MAN STANDING!

Gee, aku sukaaaa banget kalimat terakhir. Sebuah ending yang keren banget dari semua kesongongan demi kesongongan beralasan mereka tadi. Love you very very much, my supermen :*

SELESAI!
Sekali lagi tepuk tangan buat pencipta lagunya dan Super Junior yang udah keren banget ngebawainnya *tepuk tangan*

Ps, terjemahan ini aku dapat dari sini, jadi kalau ada yang keliru salahkan mimin blog sebelah aja ya. Hehe.

Ps lagi, bonus ah ini foto Suju waktu masih full tiga belas. Ah, semoga suatu saat nanti bisa foto lengkap lagi kayak gini ya. Mari berdoa! :D


2 komentar: