Kamis, 01 Maret 2012

Film, Movie Blogger dan IMDB

Kalo boleh jujur, kesukaan aku nonton dan mengikuti perkembangan film - film Hollywood itu sebenarnya untuk pencitraan. Ya, kelihatan keren aja gitu kan kalau tau film film terbaru, yang bagus, artis yang main siapa dan sebagainya. Level kepercayaan diri meningkat lah dikit. Aku gak tau sih gimana kalau orang lain, but that magic works for me.

Dari keinginan besar untuk menimbulkan citra yang baik itu, berkenalanlah aku dengan beberapa blog yang bisa membantu aku mencapai keinginan aku dengan jalan singkat. Ya gimana dong, darah tukang baca aku tuh kental banget dah demi apa pun. Haha. Jadi instead of nonton, biasanya aku baca review dan berita aja. Lama lama, dunia film buat aku itu kayak fisika buat Einstein. Menjadi sesuatu hal yang bukan lagi dikejar untuk membangun image, tapi untuk mendapatkan sesuatu yang baru. Dunia film, seperti salah satu mata pelajaran yang menyenangkan di sekolah. Udah kayak ilmu baru yang wajib aku kejar. I don't watch often, tapi aku terus cari info soal dunia ini. Entah dari Kaskus, blog, twitter, sampai akhirnya aku dapat pengakuan "masyarakat". In my case, teman teman aku. Pengakuan itu berupa pertanyaan pertanyaan mereka seperti, "Film yang bagus apa?", "Udah pernah nonton film ini kan? Bagus gak?", sampai "Kalau film ini artisnya siapa?" Emang sederhana sih. Tapi lumayan lah ya, kalo aku ditanya berarti aku sudah punya reputasi. Eyaaa narsis bener ya? :P

Tapi walau aku jarang nonton, udah gak sedikit juga loh film yang kutonton. Aku gak mau kalah juga sama kakak kakak movie blogger pokoknya :3 Emang sih, genre film film yang aku tonton itu sempit lingkupnya. Paling aku tonton romance (drama, comedy, yang penting romance! :P), horror, thriller. Film sci-fi atau fantasi atau animasi atau aksi? Entah kenapa aku sangat anti!! Kalo ada film yang yang PG juga aku pasti udah males duluan. Hehe. Film serius? Seringnya ketiduran. Parah banget kan? Depannya aja aku nih sok sokan nonton The Prestige padahal mana ngerti tauuuu. Hahaha.

Eh tapi terinspirasi dari kakak kakak movie blogger juga, aku selalu berusaha improve kok. Aku udah nonton beberapa film yang katanya "cerdas" dan aku beneran bisa ngerti. Kayak The Black Swan, Memento atau Fight Club. Trus aku juga nonton film animasi yang menyentuh, biar aku bisa merasakan punya hati. Dan aku beneran tersentu loooohhh pas nonton Up. Love you, Disney Pixar!  Aku juga nonton film fantasi macam Harry Potter Saga. Emang sih aku masih belum ngerti yang semacam Inception, masih ada ketiduran pas nonton Harpot, tapi I'm getting better. Dan aku akan terus belajar. Karena dunia film itu gak ada ujungnya. Gak abis abis :)

Jadi di sini aku mau say thank you dulu buat "guru guru" aku dalam mata pelajaran ini. Gak hanya film aja sih, tapi juga tv series loh. Haha. Sebenarnya aku juga belajar banyak dari teman teman aku, tapi khusus kali ini, aku persembahkan buat para movie blogger nih. Keep writing, guys! I'm nothing without you ;)

1. Fariz Razi (www.vampibots.blogspot.com)

I looooveeee his blog like a lot, a lot. Kayaknya blog dia udah beberapa kali juga ya aku bahas di blog ini. Tapi emang sukanya aku sama tulisan dia gak habis habis. Dari review filmnya yang biasa, list list dia, sampai feature lain kayak head-to-head, dll. Suka semua. Terus design blognya pun keren, cowok banget. Dan si pemiliknya ini juga ramah banget. Hehehe. Deny, adek aku, sekali aku liatkan blog ini juga langsung suka. Pokoknya tiap ada postingan baru dari Vampibots di Dasbor pasti langsung bercahaya deh duniaku. Haha. Seriously guys, you really should read his beautiful writing :D

2. Hari Adhari (www.curlybandidas.blogspot.com)

Kalo ini aku suka karena satu fiturnya yang gak ada di movie blog lain, yaitu Movie Highlights. Trus dia juga suka bikin list. Terus dia juga suka ngereview beberapa film yang gak biasa. Design blognya sederhana tapi bagus. I just simply love this blog :)

3. Daniel Putra (www.danielpolitton.blogspot.com)


Kalo ini aku suka karenaaaa, bingung juga hahaha. Pokoknya sih aku nyaman aja dengan diksinya. Design blognya pun tanpa keluhan. Sebenarnya sih kalo mau lebih konsisten lagi diisi blognya pasti lebih seru. Tapi so far sudah puas banget dengan blog ini :D

4. Harry dan Galih (www.movienthusiast.com)


Yang aku suka dari blog ini adalah mereka sukaaaaa banget bikin list. Menyenangkan sekali :D :D Terus mereka juga rajin bikin review. Hampir tiap dua hari sekali pasti ada aja. Meski gak sewah yang lain lain, tapi review dari blog ini selalu aku tunggu deh.

5. Aris Munandar (www.b4b1b0y.blogspot.com)


Nah sebenarnya sih blog ini lebih banyak review tentang restoran gitu, tapi sesekali dia juga ngereview film. Yang bikin aku betah tuh tentunya tulisan dia, trus foto foto yang ada juga bagus bagus. Beda deh perasaan sama yang lain. Design blognya agak berat sih buat dibuka tapi definitely worth it :D

6. Niken Aridinanti (www.nikenbicarafilm.blogspot.com)


Sukaaa sama blog ini karena basically selera film aku sama kayak selera dia. A big no for action movies. Terus kebanyakan film ringan juga banyak direview di sini. Pokoknya aku banget lah :D Sayangnya sih fontnya aja yang kecil banget terus kalo dibuka di laptopku juga entah kenapa gak bisa di scroll gitu ke atas bawah. Padahal contentnya udah aku banget lah. Hehe.

7. Tukang Review (www.tukangreview.com)


Nah ini alasannya hampir sama kayak Curly Bandidas, dia punya satu feature yang gak dipunya blog lain, yaitu info tentang box office America. Hehehe. Terus dia juga lumayan sering ngereview jadi pasokan jarang macet. Haha kayak apa aja ya bahasanya? :P Bahasa sih standar tapi masih sangat acceptable :)

***

So far sih, baru itu aja. Nah lanjut, setelah beberapa waktu, aku ngerasa perlu juga nih buat akun IMDB. Buat lucu lucuan aja. Haha enggak kok. Melalui akun ini, aku pengen ngabsen aja film film apa yang udah pernah kutonton, maupun yang mau kutonton. Jadi kalo nanti aku mau download atau beli kaset udah ada tujuannya :D Terus aku juga mau ngerating film kan, biar kalo ada yang nanya film bagus, aku gak musti bingung ngingat ngingat lagi. Kalo bisa aku mau bikin list dan review juga disana, buat sekedar pengingat diri sendiri aja. Hoho.

Jadi biar gak bingung, aku pengen nulis artian ratingku disini aja deh. Gak papa kan ya? Blogku ini :P

Karena aku gak tegaan, aku bakal kasih bintangnya dari 5 sampai 10. Jadi ini deh arti artinya, silahkan klik di sini buat liat rating dari film film (atau tv series) yang pernah aku tonton :)

5 bintang = Gak usah ditonton deh. Beneran.

6 bintang = Boleh lah, kalo emang lagi ada waktu luang. Siap siap ngantuk aja sih. Atau berhenti di tengah jalan karena cuma ada beberapa part yang oke.

7 bintang = Nontonnya meski harus di pause pause tapi at least aku masih bisa nuntasin lah. Tapi untuk recommend ke orang kayaknya masih belum.

8 bintang = Baguuuusss. Aku hafal jalan ceritanya dan bisa ceritain ulang ke orang orang dengan semangatnya.

9 bintang = Banyak departemen yang bagus, a well done product. Harus ditonton.

10 bintang = Perfection. Nyesal seumur hidup deh kalo gak nonton. I watched this a thousand times and I'll do it again.

Yah kasarnya begitu lah. Doakan aku makin rajin nonton film ya biar list ratingku nambah terus biar aku tambah keren juga. Haha. Sebelumnya peringatan aja, selera filmku tuh cetek banget. Jadi jangan heran ya kalo ratingnya mungkin gak sesuai dengan yang ada kebanyakan :P

Mari menonton, semuanyaaaa! :D

4 komentar:

  1. Wah, senangnya bisa dipilih jadi salah satu blog favoritnya mbak Dita (bener ya manggilnya?). Nama dua orang yang katanya gila film itu Hary (saya sendiri) dan Galih temen saya. Salam kenal ya? Mudah-mudahan masih bisa semangat untuk mereview film sampai tua he he he he.

    BalasHapus
  2. Hehe bener kok manggilnya :D Oh iya iya ntar diupdate ya postingannya. Hehe. Iyaaaa jangan sampai berhenti ya nulis review dan listnya, selalu ditunggu deh pokoknya :D

    BalasHapus
  3. Waaah terima kasih banyak yaa :D jadi malu hehe makasih udah sering nyempetin mengunjungi dan baca blog saya selama ini, semoga masih bisa nerusin nge-blog sampe waktu yg lama dan semoga bisa improve terus haha sekali lagi, makasih banyak yaa :D

    BalasHapus
  4. Sama sama, Fariz. Hayo beneran ditunggu loh ya setiap postingan barunya :D

    BalasHapus