Minggu, 27 November 2011

Tentang Teknik Kimia (1)

Pertama – tama, aku mau cerita soal materi – materi apa aja yang ada di semester 1 ini. Berhubung masih dipaketin, jadi untuk para maba, sama semua. Totalnya ada 22 SKS dengan 1 SKS buat praktikum. So here’s the review :

1) Kimia Organik. Ini matkul cuma dua SKS tapi yang paling menguras hati dan bak mandiiii. Beneran dah ini matkul yang paling aku gak suka sampe ke ubun – ubun. Asli, abstrak. Duh, sebenarnya gak boleh ngeluh ya, tapi kadang – kadang pengen give up aja kalo udah belajar matkul ini karena gak ngerti – ngerti :( Dan terbukti pas UTS kebobrobokanku di matkul ini. Huhu. Doain lama – lama aku terbiasa dengan matkul ini deh ya, karena aku tau kok kalo ini penting. Cuma ya itu, malesin. Matkul ini sendiri belajar tentang kimia yang kayak alkana, alkuna, alkil halida, dkk. Banyak gambar – gambar struktur gitu, terus lebih ke hafalan dibanding ke hitungan. Dan lebih ke imajinasi. Nah bukan aku banget kan? T_T

2) Fisika Dasar. Aku cinta fisikaaaa! Beneran! Tapi waktu SMA aja. Disini kok aku ngerasa fisika jadi kayak disusahin ya? Apa yang berasa mudah pas SMA disini malah kayak diberat – beratin. Sampai mau tenggelam rasanya belajarnya T_T Materinya sih sebenarnya kurang lebih aja sama yang ada di SMA, tapi kecepatan pengajarannya lebih ditingkatkan. Yang sebenarnya sih gak masalah banget ya, secara aku masih suka kebawa – bawa aroma aksel gitu. Haha. Fisdas ini tiga SKS, jadi gak usah dibayangin ya sekali belajar berapa jam. Enek, enek dah! Sad to say, tapi fisdas ini matkul kedua yang paling aku gak suka. Entah karena dosennya atau materinya yang emang belum sampai bagian favoritku (dari dulu entah kenapa emang paling gak suka itu sama kinematika, dinamika, dan arah – arahan gitu!) tapi ya begitulah adanya!

3) Agama Islam. Yang ini sih walau tiga SKS, so far belum terlalu membebani. Salah satu highlight di hari Selasaku malah, setelah sebelumnya harus berhadapan dengan Kimia Organik dan Fisika Dasar. Kalo di matkul ini, Tekkim 2011 gabung sama Teknik Lingkungan 2011, jadi lumayan rame di kelas. Materinya setingkat lebih tinggi lah dibanding apa yang pernah dipelajari di SMA, tapi lumayan ngantukkin juga. Eyaaa.

4) Kimia Analisis. I kinda love this subject. Bagian reaksi reaksi itu sih lumayan malesin, tapi hitungannya asik dan kegiatan analisisnya kayaknya berguna banget buat nanti – nanti. Materinya kebanyakan tentang reaksi, larutan, titrasi, endeskay endeskoy. Matkul ini cuma dua SKS, jadi jam belajarnya pun pas pas aja, gak begitu lama maupun singkat. Dosennya pun lumayan menyenangkan yang di paruh pertama, sering ngasih tugas (though I hate it, aku tau itu berguna dan sangat membantu).

5) Bahasa Indonesia. I loooove this subject! Hoho bukan subjectnya sih, tapi mungkin dosennya. Sangat asik, sangat muda. Dan walaupun anak teknik, tetap ya kemampuan berbahasa yang baik itu penting juga, saudara – saudara! Apalagi dalam nulis laporan, harus banget gak ada typo. Hehe. Kuliah tiga SKS jadi terasa asik – asik aja. Tapi itu baru yang sampai sekarang loh. Gak tau deh kalo nanti – nanti matkul ini jadi serem juga kayak yang lain :P Materinya sama banget kayak pas persiapan SNMPTN jadi gak begitu kagok ngikutinnya. Dan btw, kuliah ini sama kayak Agama Islam, juga gabungan. Kami gabung sama Tekling (again!), Sipil dan Tambang campuran.

6) Ilmu Kealaman Dasar. Banyak yang bilang ini matkul gaje. Tapi aku sih suka – suka aja. Banyaknya tiga SKS jadi lumayan bikin ngantuk juga. Kuliahnya pun gabung sama Tekling (again again!) dan Arsitektur. Materinya agak abstrak, tentang alam gitu. Kalo aku bilang sih lebih mengarah ke Biologi gitu kali yaaa. Lucunya, disini sang dosen masih pakai alat sejenis proyektor yang pake kertas itu loh. Haha. Hare geneee. Tugas jarang, tapi ada satu tugas yang lumayan membebani. Yaitu bikin makalah dan deadlinenya sampe sebelum UAS nanti dan punyaku setengah jadi pun belum. Ah jadi bete ngingatnya! -_-

7) Kimia Dasar. Mirip sekaliiii sama Kimia yang ada di SMA. Cuma dua SKS, jarang bikin repot, tapi bingung sekalinya pas UTS. Karena baru nyadar kalo jarang latihan soal! Jeder jeder. Ya pokoknya kalo yang suka sama Kimia pas di SMA sih ya pasti suka matkul ini. Tapi kalo aku sih biasa aja.

8) Matematika. Judulnya aja sama, tapi beda sekali ternyata sama yang ada di SMA. Materinya asal comot yang susah aja. Fungsi, limit, diferensial dan integral. Noh belajar itu aja sampai mampus!!! Tapi alhamdulillah sekali, aku dapat dosen yang okeeee menurutku. Bagian fungsi dan limit sih masih agak bingung, tapi diferensial jadi ngerti banget banget! Padahal aku kan gak punya dasar samasekali tentang itu di SMA (blame the short time I had!) tapi everything went well. Ya mudahan aja hasil UTSku gak mengecewakan dan sesuai dengan harapan aja lah ya. Soalnya sudah agak suka sama subject ini dan gak siap kalo sampai dikecewakan lagi kalo sampai liat nilainya.

9) Praktikum Kimia Dasar. Ini praktikum cuma satu SKS tapiiii udah lumayan bikin repot, bikin ribet dan bikin pusing :)) Pengalaman pertama kali yeee, dengan laporan, asistensi, lab dan sebagainya itu. Tapi kalo dipikir pikir praktikum ini menyenangkan loh. Selain belajar praktek, juga belajar tentang teamwork, tentang toleransi, which is sesuatu banget buat orang egois macam aku ini. Haha. Lewat praktikum ini juga jadi lebih mengenal beberapa kakak tingkat yang buat aku juga penting banget karena bisa saling share pengalaman. Materi praktikumnya sendiri juga sebenarnya sederhana aja tentang kimia dasar gitu, tapi mudah – mudahan aja ya ini jadi awal yang bagus buat praktikum – praktikum selanjutnya nanti. Amin :)

Sampai jumpa di postingan - postingan tentang Teknik Kimia yang selanjutnya :))

updated 16 Februari 2016 :

Hello adek adek maupun kakak kakak yang nyasar kesini karna ingin tau lebih dalam tentang jurusan Teknik Kimia! Karena aku tau banyak yang peduli sama jurusanku ini, aku ada nulis bahasan yang lebih mendalam lagi mengenai hal itu di situs YouthManual. Startup ini fokus sama hal hal menyangkut perkembangan anak muda di Indonesia. Mulai dari yang galau jurusan, galau skripsi sampai galau cari kerja. Klik aja linknya di sini. Share juga ya melalui medsos kalian, kali aja ada yang butuh infonya juga. See you soon!

53 komentar:

  1. aduh astagaaaaaa pelajarannya kok susah semua yah? kalo gue masuk teknik kimia gimana yah? tewas di tempat mungkin. TT^TT *padahal anak IPA hwhw*

    BalasHapus
  2. Haha tp asik kok. Kalo tingkat awal mah masih pelajaran2 SMA tuh. Kalo anak IPA ga asing harusnya :p

    BalasHapus
  3. Pokok nya tetep semangat. TKim tu asik...buat wirausaha, konsultan, dosen, industrial...bisa semua...dgn kata lain lapangan kerja luas. Buat di pemerintahan jg bermanfaat koq. Sukses.

    BalasHapus
  4. @Anonim Iya makasih motivasinya. Saya percaya Tekkim emang sekeren itu kok :D

    BalasHapus
  5. mbak, saya ardy dr tekim unila.
    saya ingin bertanya, kira kira dimana yah saya bs mendapatkan mikroorganisme zymomonas mobilis?
    terimakasih.
    mohon infonya.

    BalasHapus
  6. Hey ardi:) Sebelumnya maaf ya, pengetahuanku tntg dunia tekkim masih sedikit, maklum ini baru masuk tahun kedua :P Tp kalo mau cari bacaan sih biasanya aku cari di majari. Google aja Majari :)

    BalasHapus
  7. Wah...
    Teknik jaya !!! :D
    Aku trtarik dgn T. Kim
    mba, skrg kuliah di univ mana ? Siapa tau tahun dpan aku bsa nyusul. . . Ho:)

    BalasHapus
  8. Yay teknik jaya!
    Emang harus tertarik dengan Tekkim dong, soalnya menarik emang materinya ;) anyway, aku kuliah di Tekkim Unlam. Kamu asalnya darimana? Kali aja beneran bisa satu almamater :D

    BalasHapus
  9. iyaa tekkim,,
    au ambil tekkim juga mb..duch deg-degan mau msuk kuliah,,soalnya ada fisikanya itu juga..hehe

    BalasHapus
  10. di Tekkim ada fisikanya juga?
    padahal aku pingin masuk tekkim biar bisa terhindar dari fisika . . .


    kak, kalo udah lulus sarjana teknik kimia biasanya kerja jadi apa?
    kuliahnya susah ga?

    BalasHapus
  11. Maaf telat balas ya, semuanya..

    @diyah Hehe semangat! Fisikanya yang lebih mudah kok dibanding teknik lain setau aku :D

    @albertus Oh iya dong, semua teknik ada fisikanya tapi porsinya tetap sesuai jurusan. Kuliahnya sih sejauh dua semester yang aku jalanin lumayan susah, tapi aku juga baru basic, so I can't really tell. Kalo peluang kerja sih gak usah ditanya, banyak banget, dari pabrik sabun, semen sampe minyak bumi dan batu bara :)

    BalasHapus
  12. salam kenal ka,,saya maba tek.kim unnes nih.tulisannya sangat inspiratif ka,tapi saya belom kebayang kalo harus ngadepim kalkulus..oh nooo

    BalasHapus
  13. Welcome to the club, Faisal! Btw, namamu sama persis deh sama dosen kalkulusku and now you're worrying about it hehehe. Saran aku sih kamu musti bersahabat sama MTK ya khususnya diferensial dan integral karna dua itu emang yg paling penting :D

    BalasHapus
  14. salam kenal yah kak...:)
    aku juga maba Teknik kimia sama kaya faisal. infonya sangat membantu terimakasih kak...

    BalasHapus
  15. Salam kenal juga Hartini :) Semangat trus ya, senang kalo beneran merasa dibantu :)

    BalasHapus
  16. Emang beda2 kok, tergantung institusinya. Tapi pada dasarnya kurang lebih aja :)

    BalasHapus
  17. Makasih penjelasannya mbak.. :) aku kelas 12 sekarang dan aksel juga. Aku tertarik sama tekkim tapi fisikanya itu loh... Beneran fisika di tekkim lebih dikit dari teknik lainnya mbak? Hehe :)

    BalasHapus
  18. Maaf bgt baru balas Adinda :( Wih, kalo menurut aku sih yang namanya teknik tetap aja ya fisikanya ada. Banyak! :p Tapi mungkin lebih ke termodinamika aja kali ya kalo Tekkim. Jadi emang beda sama teknik2 yang lain tp gak sedikit jg sih menurutku :)

    BalasHapus
  19. hai kak wanda :) aku anak kelas 12 aksel juga :D aku bentar lagi daftar snmptn tekkim UB. doain aku masuk tek kimia ya mbak :)

    BalasHapus
  20. Hai Thut :) Amiiiin banget ya, mudahan kamu sukses trus dan gak gampang nyerah :)

    BalasHapus
  21. apa teknik kimia sesusah itu kk?? aku kelas 12 ipa..dan masih bingung mau jurusan apa..aku lhat lhat prospek kerjanya bagus..jujur akunya sih ada sukany dan gak sukany sama pelajaran kimia,takut kalo mw ngambil tekkim katanya susah..mohon penjelasannya kk??

    BalasHapus
  22. Aku yakin gak sesusah itu kok asal mau berusaha dan emang punya passion di Tekkim. Teman2ku banyak yg asik2 aja kuliah soalnya.
    Nah kalo ngomongin prospek kerja sih jangan ditanya, bagus banget! Gak usah bingung mau kerja apa, karna tekkim itu luas bgt cakupan kerjanya.
    Nah untuk pelajaran sendiri, Kimia malah punya peranan kecil di Tekkim (seriusan jangan ketipu sama judul Teknik Kimia yaaa). Justru yang harus diingat kamu tuh suka Fisika/Matematika atau enggak. Kalo gak suka Fisika/Matematika ya wassalam deh, fatal banget.
    Semoga sharing aku bisa membantu ya :)

    BalasHapus
  23. Ka, mau nanya. Kalau ngga terlalu suka sama kimia tp agak suka sama fisika + mtmtka (itung2an) itu cocok ngga ke tekim?

    BalasHapus
  24. Menurut aku, kimia itu basic buat Tekkim, passion ke arah itu butuh bgt buat penelitian dsb. Hambar aja kan kalo kita cuma hitung2, tp gak ada rasa di kimianya. Kalo kasusnya gitu aku malah menyarankan gimana kalo ambil teknik mesin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh ya sudah ka, makasih atas sarannya. :-)

      Hapus
  25. hai ka, saya berminaaaaaaaaattt dan tertarik banget sama tek.kim sejak kelas X duluuu hohoho
    doa akan ulun masuk Tek.Kim Unlam jugaa yah kakaaa

    BalasHapus
  26. Amiiiin. Semoga keinginannya tercapai ya :)

    BalasHapus
  27. Kak sblmx mks infox :D,
    Salam kenal kak,
    Mau nanyk jg, apa materi teknik kimia di semua univ itu sama?

    BalasHapus
  28. Salam kenal juga Rizki :D
    Program mata kuliah pasti beda beda tiap univ, tapi generally materi yang diajarkan itu sama kok.

    BalasHapus
  29. ass kak sya erwin dri lampung sya kelas 12 angkatan kelulusan tahun 2015 ini doain kak lulus :) nah terus sya msih bimbang kak dng tekkim tpi sya niat btull kak sama tekkim bahkan sya sudah mengikuti peserta lomba keterampilan laboratorium kimia di universitas lampung ya walaupun gk menang hanya piagam peserta aja..kira" sulit bnget gk kak tekkim itu? kirim ke fb sya aja kak ya komen nya erwin.putra7877@yahoo.com atau sms ya kak 087798705206 makasih

    BalasHapus
  30. Balasan
    1. Erwin, kok alamat emailmu dibilang gak ada ya? Bisa kasih alamat email yang lain. Ntar aku kirim ke situ :D

      Hapus
  31. selamat pagi ka :)
    kalo di tekkim harus pinter fisika ya? sebenernya saya lebih suka kimia, kalo fisika belum terlalu. tapi sedang berusaha menyukai fisika :D mohon sarannya ka :) terimakasih

    BalasHapus
  32. Hai Sisilia :D
    Teknik itu setau aku basic-nya emang fisika sih, tapi untuk Teknik Kimia gak terlalu banyak lah. Lebih banyak Matematika :p Jadi lebih wajib cinta Matematika dan Kimia sih hehe.

    BalasHapus
  33. Kaka, ak tahun ini baru mau masuk jurusan tekim nihh. Kaka pasti udah mau lulus ya? Kaka ak mau tanya lebih banyak lagi dong ka tentang tekim. Kaka ada line ato medsos lain ga ka? Hehe makasih sebelumnya

    BalasHapus
  34. Iyaaa insya Allah tahun ini aku udah wisuda :D :D Tinggal nyusun TA aja ini. ID line ku fraditaws coba aja di add ya biar bs tanya2 di situ. Pleasure is all mine :)

    BalasHapus
  35. Kak saya maba tahun ini dan ambil tek. Kimia kira2 susah gak ya kalo waktu SMA gak terlalu nguasain pelajaran fisika sama kimianya. Justru malah mkt yg banyak nguasain. Gimana kak pendapatnya?

    BalasHapus
  36. Hai juga Rizal :)
    Wah malah menurutku yang paling relate sama Tekkim itu Mtk dan English (karna semua buku dan jurnal tentang Tekkim mostly in English) loh jadi jangan takut. Menurutku malah kalo mau mulai dari nol semuanya juga mungkin kok asal gak gampang nyerah :D

    BalasHapus
  37. Hai kak ^^ terimakasih buat infonya. Kmrn aku di terima di tekkim unlam lwt sbmptn. Kak aku klo ktemu matematika sama fisika sering aja gitu buntu. Aku bisa ga ya kuliah di jurusan ini? Agak pesimis nih -_- oh iya ka harga kostan si bjb kisaran brp ya?

    BalasHapus
  38. Hai Niyaaaa! Wah bakal jadi adek tingkat saya dong ya hehehe. Maaf ya baru sempat balas.

    Aku juga dulu sempat minder deh begitu masuk jurusan ini. Semua pelajaranannya jauuuuh lebih susah dibanding di SMA. Musti mengandalkan logika (sedangkan logika aku payah).

    Tapi seperti yang sering aku bilang, asal ada keinginan belajar pasti bisa. In my case, aku belajarnya pelan2 bgt tp alhamdulillah jalan aja kuliahnya. Semoga kamu gak cepat nyerah dan selalu semangat ya :)

    Anyway, harga kost-an rasanya 500 ribuan gt kali ya, udah dapat kamar mandi dalam itu. Kalo mau lebih rumah biasanya kamar mandinya sharing.

    BalasHapus
  39. Halo kakk mau tanya nih. Skrg masih SMA, masih bingung mau ambil jurusan apa. Tertarik sm tekkim soalnya prospek kerja yg luas dan gajinya jg besar. Aku bisa matematika + fisika + kimia, tp sebenernya kalau "suka" ya paling mat sm kimia aja. Mnrt ku fisika gapenting dan gajelas bgt huhuhu :( trs aku sendiri juga ga gitu suka praktek sih. Jd kira2 cocok ga ya masuk tekkim? Aku perempuan hehe thank you:)

    BalasHapus
  40. Ini saranku ya dek, amatiran, jadi gak bisa dipercaya 100% juga hehe. Kalo mau bisa konsultasi ke guru BP atau kemana gitu.

    Modal suka MTK dan kimia menurutku udah cukup banget sih. Ke depannya kamu bakal belajar (sebagian) fisika dan siapa tau aja kamu jatuh cinta :P Fisika kan banyak tuh macamnya, nah kalo yg kayak asas black gitu2 itu yg dekat sama Tekkim.

    Trus kalo praktek yaaaa, wah di tempatku aja ada 4 macam praktikum sih. Belum lagi ada mata kuliah Penelitian (tiap kampus beda2 ya jadi Tekkim di universitas lain bisa beda juga materinya). Tapi kalo di kuliah kan ada asisten dosen juga, ada teman sekelompok juga, jadi jangan minder duluan. Bisa belajar along the way kok (like I did :)).

    Nah yang dipikirin kalo kerja dek. Kan kalo emang field-nya ngambil Teknik (gak meleneng jadi PNS atau pegawai bank misalnya), otomatis kerjanya praktek trus. Tapi aku gak bisa cerita banyak juga sih bagian itu soalnya aku belum kerja juga :D

    Semoga sharing ini membantu. Kalo ada sesama Tekkim juga bisa sama2 sharing di sini.

    BalasHapus
  41. thank you kakak blognya sangat membantu...
    BTW aku siswa kelas 12,aku suka banget fisika tp kimia dan mate ku biasa2 aja,tp akhir2 ini aku punya minat masuk tekkim,kalau boleh minta sarannya yaa...makasih

    BalasHapus
  42. Sama2 Anindya :D

    Kalo emang kamu ada minat, why not? Tapi saranku banyak baca2 dulu ya mengenai jurusan ini biar bisa dapat gambaran lebih :) Bisa dicoba di jurusankuliah.tumblr.com atau halokampus.com atau youthmanual.com seperti yang aku kasih link di atas :)

    BalasHapus
  43. Kak, makasih sudah menulis ini. Btw aku juga minat tekkim dan tulisan ini sangat bermanfaat :)) semoga sukses kak!

    BalasHapus
  44. Nah thn 2016 ini giliran anak sulungku cewek yg diterima lewat jalur undangan di Tekkim Unila. Tulisan ini menambah wawasan. Aku sbg ortunya sedikit membayangkan perjuangan yg bakal ditempuh putriku. Smg dia lancar sampe lulus kelak.

    BalasHapus
  45. Nah thn 2016 ini giliran anak sulungku cewek yg diterima lewat jalur undangan di Tekkim Unila. Tulisan ini menambah wawasan. Aku sbg ortunya sedikit membayangkan perjuangan yg bakal ditempuh putriku. Smg dia lancar sampe lulus kelak.

    BalasHapus
  46. Wow, I wish by the time I am a parent myself, I could be like you. Prepared enough and not left behind by the technology and other things in life ;)

    Amin semoga lancar ya buat anaknya di Unila :)

    BalasHapus
  47. Terima kasih informasinya yang bermanfaat, salam dari kami dan kunjungi: https://kimia.akprind.ac.id

    BalasHapus

NO SPAM PLEASE T_T