Kamis, 16 Mei 2013

Makanan Wajib Coba di Banjarbaru

Entah kesambet apa, lagi pengen aja ngelist makanan makanan enak di Banjarbaru. Biar nanti kalo udah bingung mau makan di mana, tinggal liat postingan ini dan voila :))

  • Sebagai penggemar sate nomor satu, dikasih jenis sate apa aja aku bakal senang hati menerimanya. Hehe. Tapi yang paling aku suka sejauh ini sih sate di salah satu warung di Pasar Banjarbaru. Lupa warung apa, ntar deh di update ya apa namanya :P Di situ ada sate ayam sama sate bebek. Aku suka dua duanya tapi lebih suka sate ayam soalnya lebih murah haha. Yang paling aku suka dari satenya adalah bumbu kacangnya yang enaaaak banget. Aku suka pake banget banget! Harganya lumayan mahal untuk sate tapi pantas lah yaaa.
  • Sate kedua terenak di Banjarbaru itu Sate Batuah. Letak rumah makan ini di daerah bundaran, samping Toko Roti Arsilla. Jenis satenya macam macam tapi aku cuma pernah beli sate ayam. Sate ayam ini isinya daging semua dan bumbu kacangnya enak banget walau kacangnya masih pada keras keras gitu. Ini juga lumayan mahal harganya huhu.
  • Makanan kedua yang paling aku suka di dunia adalah bubur ayam dan bubur ayam terenak di Banjarbaru adalah... Bubur Ayam Bandung! Tapi yang ini bukan yang  ada di warung gitu, melainkan yang dijual paman keliling. Enak bangetttt loh, isinya lengkap ada ayam, telur, kerupuk, dll. Trus murah pake banget lagi! Seporsi cuma 5000 rupiah aja loh! Kalo udah langganan, pamannya bisa ditelpon lagi. Mantap banget kan? :')
  • Makanan lain yang sering banget aku makan adalah... ayam lalapan! Nah kalo ini juaranya satu aja dah se-Banjarbaru : LALAPAN CAK ABU!!! Tapi cuma dua cabang aja loh ya yang bener, yang di bundaran Panglima Batur sama depan Komet. Murahhhh banget untuk ukuran Banjarbaru, seporsi makan di sana (udah termasuk minum es teh) cuma 14.000 masaaaa. Porsinya pas lagi, ayamnya enak renyah, dan sambalnya manis, selera aku banget deh. Totally recommended!
  • Kalo Nasi Pecel, aku punya langganan sendiri nih di seberang Sekolah IT Qardhan Hasanah. Bulenya sampai hapal sama pesananku, pasti Pecel Telur. Haha. Lumayan murah sih cuma 8.000 aja tapi enak dan porsinya pas buat aku :D
  • Nah kalo nasi goreng, mie goreng dan yang sejenis itu aku punya banyaaaak banget yang enak enak. Tapi yang paling aku suka tuh Nasi Goreng Ramona (ini selalu rame sumpah!) di daerah Balitan sana, Rumah Makan Jaya di Panglima Batur (seberang Hardware) yang Mie Goreng Seafoodnya enak bangettt, dan Nasi Goreng Murakata di Bundaran yang selalu rame juga. Ramona sama Murakata gak begitu banyak pilihan tapi rasanya aku suka banget. Manis dan banyak isinya perasaan. Kalo Jaya aku suka karna banyak pilihan, mulai dari seafood, lada hitam, daging, dll.
  • Ayam Saos Lemon di salah satu warung nasi goreng di daerah Amaco (lupa nama warungnyaaa. Ntar janji diupdate deh). Enak banget sausnya, ayamnya, juara deh!
  • Ayam panggang di Warung Bu Dijah di daerah Intan Sari. Ayamnya gede dan bumbunya enaaak. Sayang aja sih rada mahal.
  • Kalo bakso dan mie ayam, juaranya menurut aku adalah Warung Goyang Lidah,yang ada di belakang gedung 2 FMIPA Unlam. Enak, murah dan tempatnya pewe :))
  • Nah kalo mau lalapan pas siang, bisa juga ke Es Teler Andre. Ayamnya enaaak tapi enaknya beda sama Cak Abu. Ayamnya lembuuut banget dan bumbunya kerasa. Kalo ke Andre aku juga suka makan Tahu Telor, Gado Gado, atau Pecelnya. Yang asik dari Andre sih harga minumannya murah murah.
  • Ayam Asam Manis dan Ayam Crispy di Warung Bambu dalam Unlam Banjarbaru juga enak. Lumayan murah juga satu porsi sama minum es teh harganya 10.000. Ingat ya, di antara banyak warung di Bambu, ini warung ketiga dari kiri jadi jangan salah order :P
  • Untuk ayam goreng yang bertepung gitu, langgananku ada di Rumah Makan Duta Rasa. Ayamnya gedeee banget dan harganya 6.000. Kenyang banget deh makan ayamnya Duta Rasa ini pokoknya.
Nah itu buat makanan makanan berat. Kalo yang ringan ringan, ini rekomendasiku :

  • Pempek di seberang Kantor Pos Banjarbaru. Enak deh!! Satu porsi cuma 5000. Kalo aku sih, untuk dapat kenyang yang maksimal ya minimal harus dua porsi soalnya kalo satu aja pasti gak puas hehehe.
  • Burger!!! Yang paling enak seBanjarbaru ya emang cuma di Intan Sari, dagingnya patty trus sayurnya lengkap. Trus kedua terenak itu Burger Telor di Andre yang sayurnya lengkap juga, ada tomat dan selada.
  • Kalo roti yang sering aku beli dan forever favorite itu lapis surabaya di Arsilla. Enak pake banget! Sayang aja rada mahal, satu biji 7000 aja masaaa -_- Tapi enak sih, nagih terus.
  • Dari semua penjual Jus, aku paling suka sama Depot 19. Ada dua cabang, satu di samping toko Younique, satunya lagi di seberang Sekolah IT Qardhan Hasanah. Dan dari semua jusnya yang paling juara ya Jus Milo hehehe. Selera pribadi ini kayaknya :P
  • Teh Poci di belakang Purnama. Rasanya Milo ya. Harganya 5.000 dan rasanya oke banget!
  • Kalo untuk pisang keju, yang nomor satu adalah yang di Purnama!!! Haha dekattt banget ini sama kosanku. Satu porsi harganya 5.000. Pisangnya kecil kecil dan dikasih susu + gula palemnya banyak banget sama penjualnya jadi puas deh pokoknya kalo beli :))
Itu aja deh yang kuingat. Nanti kalo ada tambahan bakal di-update lagi. Atau ada yang mau rekomen juga tempat makan enak lain di Banjarbaru (atau di manapun di dunia)? Boleh banget ya dikasih tau, nanti aku coba :)) Dan buat Nurul, challenge accepted :))

16 komentar:

  1. wahhhhhh asik banget di banjar baru. jadi laper kebetulan makan siang nih. hehehe

    BalasHapus
  2. Hehehe ayo sekali kali kesini biar bisa ngerasain langsung :D

    BalasHapus
  3. Wah bagus nih buat hunting kuliner.. !!
    Thanks postnya.. Ctrl+D dah

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Ajakin akau dit aku baru di bjb dan aku lapar... Kapan2 jd guide aku ya hehehe

      Hapus
    2. Boleh deh asal ditraktir hehehe

      Hapus
  5. Ad lg n ch yg kudu dicoba.. Lesehan kedai harma letaknya di jl pm noor deket sirkuit arah ke mandi angin, dsana ada lalapan, nasgor, n jg nasi pecel ma nasi rames. Yg plg joss sambal lalapannya tu bikin mulut kebakar. Pas buat yg sk pedas.. Nasgornya jg gak kalah cm 8,000 sporsi dah plus telur..

    BalasHapus
  6. Nah thank you buat rekomendasinya. Ntar kalo sempat dicoba deh :D

    BalasHapus
  7. Arsila roti anak2 ku.sate batuah iya dagingnya banyak ga pake lemak..warung KPK juga enak deket Hero,free wifi lagi :)

    BalasHapus
  8. Warung KPK belum pernah nyoba jadi gak bisa rekomendasikan :P

    Makasih udah di-mention lagi ya :)

    BalasHapus
  9. Hello! I just would like to give a huge thumbs up for the great info you have here on this post. I will be coming back to your blog for more soon.

    BalasHapus
  10. Lalapan cak abu. Itu sebelah mana nya bunderan kak? Kebetulan saya lagi di BanjarBaru ingin coba kuliner sini hehe @Fradita

    BalasHapus
  11. Hai Visca, enjoy Banjarbaru!
    Itu di bundaran dalam ya, bukan bundaran luar yang gede itu. Kalo dari kampus MIPA Banjarbaru, di seberangnya ada jalan kan, nah masuk situ. Di dalamnya ada bundaran, kamu ambil jalan yang sebelah kiri, cari aja plang Salon Annisa, di sampingnya. Ini Lalapan buka malam aja ya :D

    BalasHapus
  12. Ini lagi terdampar di banjarbaru. Bingung mau ngapain kalau malam. Thanks buat rekomendasinya :D.

    Ntar lagi mau nyobain salah datunya aja. Semoga harga nggak naik drastis mengingat ini postingan tahun 2013 :D

    Salam kenal yak
    pandu aji

    BalasHapus
  13. Sama sama. Enjoy Banjarbaru! :D
    Iya mudahan harganya gak naik naik banget ya, tapi knowing Kalimantan, pasti ada lah naiknya T_T
    Anyway, ada banyaaaak lagi makanan baru yang enak enak sebenarnya, maaf list-nya gak update T_T

    BalasHapus