Senin, 07 Maret 2016

What I Spend Money On

Duh I lost it again this Sunday hikssss. But here I am, trying to save my challenge :P

***

Challenge ini bakal jauh lebih mudah dijawab waktu jaman kuliah kali ya, when the money is actually there... :P

Tapi kalo boleh berandai andai, misal aja budget uang aku dalam sebulan itu X ya. Maka sekitar 50 persen akan habis untuk urusan premier macam tempat tinggal, makan, amenities sehari hari. Kenapa pas 50 persen karna personality aku tuh tipe yang pengen nyaman (tempat tinggal oke, makan kenyang) tapi di lain sisi juga gak masalah hidup susah. Misal amenities aku yang murah murah aja dan seadanya. Aku juga bisa makan pecel 5000an setiap hari kalau memang harus begitu. Haha.

Lalu 30 persen aku akan habiskan untuk foya foya. Literally.

Ke salon sebulan sekali itu wajib. Facial, massage, hair mask, apa aja I LOVE IT hehehe. Beli buku buku yang memang sudah aku incar (and this list is endless). Nonton film Indonesia yang kayaknya seru di bioskop. Beli makanan unik macam takoyaki dan burritos, samasekali bukan buat disombongkan di medsos, tapi akunya emang yang selalu mau nyoba rasa baru. Beli pakaian atau sepatu di butik butik lucuk macam Avenue, The Executive, JRep, duh kalo ke tempat tempat gitu pasti gatal banget pengen belanja (tapi kalo bagian ini jauh lebih bisa ditahan dibanding kalo ke Gramedia liat deretan buku dan majalah).

Budget jalan jalan juga kebanyakan diambil dari 30 persen itu tadi ya, dimana uangnya dikumpulin pelan pelan di tabungan manual di rumah. Masalahnya kalo nabung di bank tergoda gesek kartu mulu haha. Jadi menurutku masih jauh lebih aman nyimpan uangnya di rumah aja (dan bertahan gak bawa banyak uang cash kalau jalan sehari hari).

10 persen aku tabung. Sedihnya, most of the time, tabungan itu pasti kepake juga di akhir bulan yang sama hiks.


10 persen lainnya aku sisihkan untuk hal hal gak terduga dan itu pasti adaaaa aja hal gak terduganya.

2 komentar:

  1. waduuuh jangan sampai ga punya tabungan / dana darurat!
    tiap gajian menurutku harus banget 20-30%nya disisihkan buat menabung/investasi, selain supaya berkembang juga takutnya kalau-kalau ada mendadak butuh. hehehe

    BalasHapus