Senin, 29 Februari 2016

Workin' On My Fitness

Seminggu kemaren emang sengaja break dulu dari challenge ini. Dan minggu ini pun lambat sehari postingnya :P

***

Okay topik menarik nih, di mana sebenarnya aku udah belajar banyak banget tentang teori menjaga kebugaran (HAHA but seriously I do) tapi masih gak jago dalam mengaplikasikannya. Jadi kita bahas satu satu kali ya apa yang aku yakini dan apa yang selama ini aku berusaha terapkan :)

Makan makanan sehat dengan teratur
Masih ngambang banget yes? Yes. But seriously, makanan ini adalah step pertama banget dan paling penting menurut aku. Karna terasa banget perbedaannya. Waktu dulu aku sakit kaki yang parah banget, aku lumayan kuat ngelakuin ini selama beberapa bulan. Dan terbukti aku merasa badanku lebih enak dan ringan.

Sehat versi aku yang lagi sebisa mungkin dijalanin sekarang berarti say NO to processed food (mie instan, kecap, nugget, ya gitu gitu), say NO to deep fried food (gorengan jenis apapun!), say YES to any kind of vegetables and fruits, kalo bisa gak makan nasi samasekali dan ganti dengan kentang atau oatmeal (kalopun iya cuma satu sendok tok). Trus juga gak makan di atas jam 7 malam dan selalu sarapan.

Udah dilakuin semua gak Dit? Belum dong tentu aja haha. Tapi aku yakin step2nya sebagian besar udah benar. Correct me if I'm wrong ya? ;) Pengennya sih ikutan kak @Ladywolf dengan metode #MealPrep yang kayaknya seru banget itu, tapi apa daya masih belum terlalu termotivasi. Next time ya, self ;) Buat yang mau tau #MealPrep itu kayak apa silahkan klik di sini.

Rutin berolahraga
Salah satu langkah yang aku lakukan untuk program ini adalah membuat ini...

*the pic is soon to be uploaded aka belum sempat foto!*

Nah langkah selanjutnya adalah : know yourself better

Tiap orang ditakdirkan memiliki minat olahraga yang beda beda. Contohnya aku yang suka banget renang tapi gak bisa main tennis (hiks). Atau temanku Ayuning yang suka banget basket tapi gak bisa berenang. Jadi tentukan minat kalian masing masing ya, baru kalo bisa tetapkan jadwal yang harus rutin dilakukan setiap minggu.

Saat ini olahragaku yang terjadwal adalah lari ke bendungan di belakang perumahan yang kira kira jaraknya 1 km dari rumahku. Jadi aku jalan dulu ke sana, lari satu putaran di danaunya yang luas banget itu, baru balik lagi dengan jalan kaki. Maunya sih kalo udah mampu, sesekali di-upgrade dengan naik sepeda. Nah kalo naik sepeda maunya 5 kali putaran danau deh :) Aku ngelakuinnya setiap hari minggu sore dari jam 4 sampai jam setengah 6 sama adekku Dana.

Iya musti serinci itu ya bikin planning-nya biar jelas :P

Kalau untuk yang gak terjadwal, aku biasanya berenang. Nah yang ini kalo lagi mampu aja ke kolam renang lol. Pastikan untuk pemanasan sebelum nyebur ya. Kalo aku sih biasanya menetapkan target sebelumnya. Biasanya targetku 3 kali putaran bolak balik untuk kolam renang gede (bisa berubah sesuai dengan ukuran track).

Trus aku juga lompat tali. Kalo ini gampil banget ya, modal tali doang haha. Biasanya aku juga ngelakuin di kamar dengan target sehari maunya 100 (tapi jarang jarang kesampaian haha). Trus yang baru baru ini aku lakuin adalah... dance!

Sumpah ini seru banget dan mengeluarkan banyak keringat juga ya haha. Awal mulanya tentu aja karna aku terinspirasi dari #dansayolaila-nya Laila Achmad di Instagram. Seru banget kayaknya berdanso hehe. Trus waktu itu jaman Red Velvet comeback dengan lagu Dumb Dumb dan aku iseng cari tutorialnya di Youtube. Nemu satu yang beginner friendly banget (dari RPM Dance Crew kalo gak salah) Langsung lah download. Dan sampai berbulan bulan masih betah aja belajar itu. Gak jago jago tapi yang penting kan semangatnya dulu ya haha. Buat yang suka Kpop, ini recommended banget. Selain berkeringat, belajar, bisa sambil fangirling juga :D

Selain itu aku juga suka senam musik yang tutorialnya berjibun di Youtube. Nah banyak kan macam macamnya olahraga itu. Jadi pilih dan tentukan sendiri ya.


Menurut eik 2 hal itu sih yang paling diperhatikan untuk menjaga kebugaran. Kalo ada yang mau nambahin dan diskusi di kolom komentar akan sangat diapresiasi. Bye! :D

2 komentar:

  1. Senangnya bisa rutin berolahraga. Saya entah kapan bisa rutin lagi, nunggu anak2 gedhean kyke #alesyan :))

    BalasHapus
  2. Hehe gak rutin rutin bgt kok Mbak kalo aku *loh*

    BalasHapus