Minggu, 22 November 2015

Social Media Phenomenom

Pada awalnya mau buat satu artikel serius yang membahas salah satu fenomena media sosial, yaitu selebtwit : @amrazing alias Alexander Thian. Tujuannya ya apalagi kalau bukan belajar nulis serius dan decent untuk diumbar di koran atau media online yang keren. Bikin panjang portfolio gitu maksudnya :))

Tapi dipikir pikir gak jadi ah. Mau nulis lebih personal aja dengan memamerkan media media sosial yang aku punya (dan masih aktif aku gunakan). Jadi, kalo ada yang baca tag challenge di blog ini tuh kayak "membaca" aku gitu. Hehe. Pokoknya semua tentang Dita. Dari selera musik, nilai nilai aku dalam hidup, dan lain lain. Latihan menulis benernya nanti aja kapan kapan.

Anyway postingan jenis ini terinspirasi dari postingan Kak Maya (duh sok akrab banget ya, baru juga beberapa kali bacain blognya, as a silent reader pula :P) di blognya di sini.

Blogger
Aku makai platform ini dari Januari 2009 dan masih bertahan dibuka setiap hari sampai sekarang. Yay!!! *tebar confetti*

Alasannya jelas ya kenapa aku buka situs ini tiap hari. Aku suka membaca, dan ini difasilitasi sama blogger dimana kita bisa follow berbagai blog dan setiap ada postingan baru di blog itu bakal muncul di dasbor akun kita. Spesifiknya lagi, dibanding situs berita atau yang sejenisnya, aku tuh memang lebih suka membaca blog blog pribadi orang. Lebih personal aja rasanya, dan bahasanya juga lebih gampang diikuti buat aku. Alasan kedua aku rajin buka ini karna aku suka menulis. Jadi walaupun gak tiap hari aku post di blog, aku tetap menulis di draf atau mengedit draf yang udah udah. Dan alasan ketiganya adalah... aku suka bacain statistik blog! Hehe.

Twitter
Aku makai platform ini sejak Juni 2009. Sejak aku masih SMP hehe. Dari yang awalnya makai lu-gue (jijik banget yaaa, padahal tinggalnya di Loa Janan seumur umur :P) sampai sekarang cuma post dua-tiga tweet per hari.

Alasan kenapa aku menggunakan situs ini sehari hari juga sama seperti Blogger, karna aku suka membaca dan menulis.

Untuk sisi membaca, twitter menawarkan jauh lebih banyak manusia dibandingkan blogger. Manusia dengan moralitas, selera, keunikan dan pesonanya masing - masing. Ada yang aku follow karna suka nonton berbagai macam film dan insights-nya selalu menarik, ada yang karna dia lucunya random dan genuine (hey kak @imandita :)), ada yang karna sama sama suka MU, ada yang karna sama sama suka Running Man, ada yang pandangan politiknya sama, atau simply saat dia galau dia pintar bikin kalimat puitis. Di Twitter juga efektif belajar bahasa gaul masa kini yang ujung ujung digunakan pas nulis sendiri hehe. Trus Twitter itu sifatnya real time banget, jadi asal follow orang yang tepat nih, segala info dan gosip baru bakal dilahap semua. Penting banget memang menjadi manusia up to date.

Sedangkan untuk sisi menulis, twitter itu membatasi diri aku dengan 140 karakter. Dan aku suka dibatasi begitu. Karna ya, kalo gak dibatasi aku sukanya nuliiiis aja sampai topik utamanya itu kadang kabur. Teknik menulis yang buruk sekali, memang. Makanya blog gini gini aja, mau nulis fiksi juga gitu gitu aja #ehcurcol Trus dengan pembatasan itu, aku merasa nulis di twitter jadi jauh lebih mudah. Jadi aku memperlakukannya sebagai online diary gitu. Membahas perasaan aku (cencuuuu tidak frontal ya, Twitter rame banget, bahaya! :P), hal hal yang aku suka, value hidup, on daily basis.

Instagram
Bergabung dengan Instagram itu tepat saat aku pertama kali punya smart phone, yaitu tahun kedua kuliah. In fact, salah satu alasan aku pengen punya smart phone ya karna ada aplikasi ini. Biasa, kemakan buzzer di Twitter wkwk.

Instagram juga aku buka setiap hari, sama seperti dua platform di atas. Alasannya... cetek sih, aku jadi malu ah. Haha. Instagram ini aku buka terutama untuk follow up sama Diana Rikasari. Akunnya selalu aku cek tiap hari simply karna aku selalu suka fotonya. Mau yang warna warni, mau yang black and white, paling sering kukasih love pokoknya. Definisi kebahagiaanku juga salah duanya adalah #bidibidibongbong dan #mynameisshahmeer hehehe. Hardcore fan banget ya :P Trus Instagram juga satu satunya media sosial yang semua member (even the ex one) SNSD pakai, jadi aku update kehidupan mereka di situ. Apalagi IG-nya Taeyeon yang artsy-nya gak kalah sama Diana. Unnie jjang! :D Trus di IG aku juga bisa follow up beberapa blogger yang lebih aktif di sana, contohnya Mbak Woro (thepradonos nya udah vakum kan huhuhuhu) atau Dr. B (food blogger kesayangan). Trus aku update berita berita soal MU ya di IG juga (adminnya kece nih, akunnya informatif dan gambar gambarnya bagus!), dan banyak cewek kece maupun cowok ganteng yang aku follow just because I can (kalo cewek contohnya Shalom anaknya Wulan Guritno yang cantik banget itu. Kalo cowok contohnya Arnold Teja yang super ganteng!) :P

By the way, I rarely upload my photos there :P

Facebook
Nah ini dedengkot kedua setelah Blogger. Aku bergabung dengan Facebook gak lama setelah aku gabung sama Friendster, masih awal tahun 2009 juga. Hubungan aku on off sih sama media sosial satu ini. Aktif banget dari awal gabung sampai awal kuliah. Baru selama empat tahun kuliah cuma ngebuka grup buat update tugas aja. Nah setelah lulus, dalam seminggu bisa dua tiga kali buka.

Aku menggunakan Facebook buat catch up sama orang orangnya. Teman SD, teman SMP, teman SMA, teman kuliah, bahkan teman teman lain dari dunia maya. Ngobrol, entah itu melalui wall to wall atau chat. Atau komen di foto mereka. Mengucapkan ulang tahun. Kadang kalo iseng ya nulis di note-nya tentu aja. Membahas hal hal yang gak mungkin aku tulis di blog. Aku juga menganggap Facebook itu semacam drop box dengan banyak meng-upload foto di sana (biar sekalian pamer juga hehe).

Tumblr
Ah iya, hampir aja lupa sama media sosial kesayangan ini hehe. Aku gabungnya waktu SMA, lupa tepatnya. Tahun 2010 kali ya. Waktu lagi suka sukanya sama True Blood pokoknya hehe. Ini juga hubungannya on off kayak Facebook, dengan alasan untuk ngebuka Tumblr itu butuh internet cepat yang stabil. You know, isinya mostly jpeg dan gif ya jadi berat. Sekarang juga udah gak buka setiap hari, tapi dalam sebulan pasti ada buka. Trus kalo buka itu nagih, reblog, refresh, reblog, refresh gitu trussss.

Tumblr ini jenisnya sama kayak Blogger dan Twitter ya, kayak online diary buat aku. Blogger untuk tulisan tulisan panjang, twitter untuk ocehan sehari hari dan tumblr sejenis scrapbook yang isinya berwarna. Dan tumblr ini aku anggap sebagai alter egoku. Kalo sekilas ya isinya mirip lah sama blog dan twitter, aku sering share soal Kpop, quote keren, meme lucu, tapi ada banyak hal yang bisa lebih bebas aku bagi di tumblr dibanding dua diary aku yang lain. Bahkan aku punya prinsip "what's in tumblr, stays in tumblr". Makanya jujur aku gak terlalu suka memasarkan media sosial satu ini, karna aku suka sisi exclusive-nya :p Trus tumblr ini juga real time banget kayak Twitter. Lah Rebecca Black dulu juga kan meledaknya dari Tumblr ini :))

Keunikan dari Tumblr-ku, adalah aku memaksa diri sendiri untuk selalu menggunakan bahasa Inggris di sini. Entah untuk posting, komen atau nge-ask user lain. Gak ada alasan khusus, pengen aja hehe. Trus di Tumblr ini kontennya almost tanpa sensor. Jadi Fradita Wanda Sari tanpa pencitraan itu ya adanya di Tumblr *tutup mata*

Youtube, Indowebster Forum, Goodreads dan Asianfanfics
Keempat situs ini juga termasuk media sosial according to Wiki. Untuk Youtube, aku buka hampir tiap hari. Karna aku seringnya nonton apa apa ya di youtube ini. Nonton TV udah jarang banget hehe. Trus following aku juga banyak banget, terutama artis artis cover lagu ya hehe. Kalo forum Indowebster sendiri aku buka kalo lagi pengen aja. Seringnya nyari berbagai macam TV series atau variety show ya di sini. Di kedua media sosial ini, aku jadi passive user aja. Jarang berbagi konten, seringnya menikmati konten konten orang lain aja.

Sedangkan Goodreads dan Asianfanfics ini adalah media sosial teranyar yang aku punya. Goodreads untuk ngedaftar buku buku apa aja yang sudah aku baca dan wishlist bacaan aku selanjutnya. Di sini aku gak aktif review, cuma aktif nge-rating aja setiap buku. Sedangkan Asianfanfics ini untuk channeling my inner Kpop self hehe. Jadi ya di sini bisa post fanfic atau yang random aja asal tentang Kpop. Aku gak pernah bikin fanfic english jadi gak pernah upload di sini huhu, pernahnya nulis random aja tentang artis Kpop favorit. Trus di sini ya paling berburu fanfic yang bagus bagus aja :)

Nah kalo kalian, seringnya aktif di media sosial yang mana? Dan kenapa?

4 komentar:

  1. blog dan instagram aja.
    twitter isinya feed dari instagram. :)

    BalasHapus
  2. Wah dikira mainan Path atau Ask.Fm juga seperti anak kekinian :D

    BalasHapus
  3. - blog adalah socmed yg ngga pernah diuninstall dari hp, semuanya pernah diuninstall dan bertahan, tp blog jangan sampe deh.
    - twitter masih aktif tapi yaa jarang ngetwit juga, kalaupun ngetwit juga yg general, bahaya curhat di twitter ;p
    - facebook? duh udah lama banget ngga mainan
    - instagram, sukaa, tp jarang dibuka via hp kalau udah fakir kuota
    - tumblr! duh favorit aku kedua selain blog
    dan sama banget, aku males ngumbar tumblr karena tumblr itu lebih gue banget. bisa nyampah personal tapi tanpa rasa sampah (lah ini apa maksudnya yaa, yaa pokoknya gitu deh), nyari spoiler drama korea juga disini, dan bisaaaa banget ngasih kode sekode-kodenya via tumblr #eaaaa
    tapi sekarang jarang dibuka karena yaa, selain yang dikodein udah ngapus tumblr, trus following juga mulai jarang update :(
    - path? aku takut envy kalau ngeliat foto bayi bertebaran, makanya ngga mainan :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama banget masalah Instagram. Susah dibuka kalo lagi fakir kuota :P

      Hapus