Senin, 15 September 2014

Dad, Where Are We Going?

Haha emang segitu banget ya efek variety show Korea satu ini, datang datang langsung buat aku jadi gak tertarik lagi ngikutin Running Man. Waktu mulai ikutin Superman Returns aja masih setia kok sama RM, tapi seriusan habis nonton ini langsung kesedoooot semua cintanya :p

Dan untuk pertama kalinya niat nulis di blog soal variety show Korea. RM yang udah diikutin sampai lebih dari 200 episode aja belum ada dibikinin satu pun. Ya maaf, this show is that good. Kalo boleh mendeskripsikan secara singkat, variety ini konsepnya tentang 5 orang famous public figure yang bakal liburan selama dua hari satu malam dengan lima anaknya masing - masing. Khusus untuk season 1 cuma ada 55 episode. Wajar lah ya, secara cast-nya anak kecil jadi tentu ada batasan yang beda dari variety lain. Sedih sih, maunya kan lebih lama lagi liat anak anak itu, tapi aku juga senang sih mereka berhenti di waktu yang tepat. Pas banget satu tahun tayangnya :))

So, what's so special about this variety? Banyaaaak banget. Jelasinnya pake poin aja kali ya biar lebih enak (ter-Beno :p)

  • The cast. Asli ya, cast untuk season 1 ini menurutku perfect banget. Bapak bapaknya have a good reputation, baiiiiik semua dan yang paling penting blend well. Semuanya juga datang dari berbagai profesi dan punya karakteristik masing masing, so they actually learn a lot as time goes by. Dan yang nonton jadi belajar juga kalo tiap bapak punya value beda beda :D Karna lagi on fire, dibahas kali ya satu satu :p
Sung Dong Il : Bapak satu ini profesinya aktor, tapi kalo sepanjang nonton ini tingkahnya komedian banget. Semacam Jae Suk kalo di RM, mood maker gitu. He's a strict dad to all of his children. Suka banget nge-bully Kim Family (dan anaknya Bin malah jatuh cinta sama the oldest Kim haha sumpah fail). Di sini dia bawa anak cowok sulungnya, Joon. Hubungan mereka yang awkward but sweet is funny and heartwarming at the same time.

Kim Sung Joo : He's the daddy of Kim Family. Kerjanya announcer dan komentator bola, jadi jangan heran kalo di sepanjang Appa dia paling sering ngomong dan membawakan acara. Orangnya bego bego lucu gitu. Walaupun jadi tertua kedua tapi tetap jadi objek bully semua cast lain. The icon of misfortune juga (and man, that's funny! :D) Kelakuan juga childish karna sering nyanyi nyanyi gak jelas dan clumsy gitu, padahal dia kayaknya udah nahan banget dah buat serius haha. Dia bawa anak sulung juga dan yang paling tua dari semua children cast yaitu Minguk. Hubungan ini yang paling standar bapak-anak sih. Kadang so sweet kadang bete betean.

Lee Jong Hyuk : Nah ini nih, si ganteeeeeng. Haha Lee Jong Hyuk ini yang paling aku kenal karna pernah main di drama favorit sepanjang masa, A Gentleman's Dignity! Kalo di drama itu mah dia jadi least favorit karna rambutnya jelek banget!!! Tapi seriusan di Appa ini dia ganteng ganteng tua gitu sukak :D Dia ini paling lucu kedua deh selain Dong Il, tapi lucunya tipe yang effortless gitu. Jadi dia paling keluarin komen komen singkat tapi bisa bikin ketawa. Dia bawa anak bungsunya si Junsu. Lee Jong Hyuk ini tipe bapak yang beda banget deh sama aku, dalam hal parenting ya. Dia ini santai banget sama anaknya. Never put pressure on Junsu. I know he has no intention to be careless karna keliatan kok, dia juga mendorong Junsu dengan caranya sendiri. Dia membiarkan Junsu menjadi diri Junsu sendiri (damn even I know it could be so hard at times). I always wanna be like him though, walau kenyataannya sekarang aja aku udah mikir ntar mau ngelesin anak ini itu :p Makanya aku respect banget lah karna gak semua orang bisa jadi ortu sesantai Jonghyuk.

Song Jong Kook : Nah bapak satu ini emang bukan orang entertainment jadi wajar lah kalo bikin joke suka garing haha. Dia mantan pemain bola dan secara atlet itu dihormatin banget di Korea, jadilah dia di variety ini. Jong Kook ini jarang sih screen time-nya jadi gak banyak juga yang bisa diomongin. Ah ya, orangnya kompetitif banget! Dia bawa anak sulungnya yang jadi cewek sendiri di acara ini, Ji Ah. Nah dia ini tipe bapak yang keterlaluan cintanya sama anak. Apa apa diturutin. Walau ada sih beberapa kali dia marah juga waktu Jiah salah (and it's kinda good to see). Jongkook ini juga tipe yang kelihatannya membedakan perlakuan antara anak cewek dan cowok. Yah parenting style orang emang beda beda ya, no comment on that.

Yoon Min Soo : Min Soo ini penyanyi ballad gitu di group Vibe. Not really funny, but he's so good with the kids. Secara paling muda gitu ya, jadi mungkin lebih mudah memahami anak anak haha. Dia itu tipe yang gampang bergaul juga kayaknya, buktinya dia dekat sama semua Bapak yang lain. Walau secara visual dia paling gak aku suka, tapi secara personal sih aku iri banget sama gaya parenting-nya. Bisa jadi teman gituuuu buat anaknya. Kok bisa ya u.u Dia bawa anak tunggalnya si Hoo. Heran juga sih, kenapa Hoo ini kesannya masih kurang suka sama Bapaknya padahal bapaknya udah oke banget gitu. Tapi kadang Hoo gak bisa bohong juga kok dia bahagia sama bapaknya karna bisa main bareng, saling bully bully-an hehe. Pokoknya hubungan mereka ini paling lucu ditonton soalnya kayak dua orang teman aja gitu.

Nah untuk children cast bakal nanti aja ya dibahas. Maunya sih dibedakan soalnya bakal panjaaaang :p

Intinya semua cast punya karakteristik kuat masing masing (children casts are even better than their dad, trust me) and they blend perfectly well. Kayak SNSD gitu sudah. Makanya menurut aku sih kekuatan utama Appa ini ya castnya.

  • The activities. Kalo aku bilang the plot kayaknya janggal ya. Secara sebelum acara ini udah ada acara 2 Days 1 Night yang plotnya kurang lebih sama. Nah kalo Appa ini, aktivitasnya diisi sama hal hal yang biasa dilakukan bapak dan anak saat liburan. Gak mungkin bisa sama persis kayak 2D1N karna kan ada anak kecilnya haha. Aku mau share aktivitas aktivitas favoritku deh tapi bakal panjang juga kayaknya :p
  • The food. Haha sumpah ya bagian ini is no joke!! Waktu awal awal sih bapak bapaknya ketahuan banget belum bisa masak. Paling parah Song Jong Kook haha. Tapi makin kesini masakannya makin yum yum. Apalagi mereka suka ngadain cooking contest gitu kan. Trus namanya anak anak kan kalo makan kayaknya enak banget gitu. Lah liatnya ngiler aja bawaannya. Jadi seringnya aku makan sambil nonton mereka makan juga biar lebih semangat haha. Trus efek positifnya aku jadi suka masak masak sederhana gitu juga kayak para bapak hehe.
  • The environtment. Dibanding Superman yang cast-nya juga anak kecil, aku jauh lebih comfortable nonton Appa ini sih. Pertama anaknya udah cukup gede semua untuk bisa mengerti mereka lagi ngapain tapi tetap cukup innocent untuk jadi diri mereka sendiri di depan kamera. That's something great. Trus mereka gak hanya bisa liburan sama Bapak masing masing, tapi juga bisa ketemu sama teman teman seumuran yang karakternya beda beda. Mereka bersosialisasi, belajar, main, doing something new. That's even greater. Trus semua kru kelihatan friendly gitu sama anak anaknya jadi mereka samasekali gak merasa lagi kerja. Mereka juga diajarin buat humble, terlihat dari tujuan wisatanya dan bahkan sering dikasih makan seadanya haha.
  • The lesson. Dari penjelasan di atas udah aku singgung juga kan ya, I learn a lot through this show, like a lot, a lot. Belajar memahami para bapak. Belajar memahami anak anak. Belajar memahami kalo tiap individu emang beda beda. Belajar masak. Belajar banyak kosakata bahasa Korea untuk percakapan sehari hari. Belajar untuk disiplin cuci muka dan sikat gigi sebelum tidur Hampir tiap episode pasti ada hal baru yang bisa dapat. Di poin ini keliatan banget kenapa aku lebih suka Appa dibanding RM :))
  • The laughter. Last but not least. Nonton Korea gini yang dicari tentunya yang bikin hati lebih bahagia lah ya dengan banyak memberikan tawa. Dan hampir tiap episode ada aja yang bikin ngakak. Well, at least I do, I hope you too. 
Jadi buat yang masih ragu buat mulai nonton Variety ini, cepat cepat cari deh ya sebelum nyesal. It was one hell of a show. Trust me you won't regret it. Di forum Indowebster masih ada tuh lengkap. Di Kshowonline juga lengkap :D Seriusan deh, ini tuh variety show Korea wajib tonton hihi!

6 komentar:

  1. Betul banget, program reality show Appa yg satu ini emang banyak memberikan pelajaran buat semua bapak2, anak2 mungkin bahkan ibunya juga. Appa odiga ga ada duanya :D

    BalasHapus
  2. Setuju Nurul, nonton ini bukan buat ketawa ketawa aja, tapi maknanya dalem :)

    BalasHapus
  3. belum pernah nonton ini diiit >.<
    selalu penasaran tp kayaknya kalah ngehits sama superman return yg ada daehan minguk manse nya.
    sipp kapan kapan aku coba nonton ah

    BalasHapus
  4. Iya kak kalo sekarang Appa ini kalah populer dibanding Superman. Bad editing I suppose -_- Tapi waktu dulu dia variety nomor satu loh kak di Korea, coba nonton yang season 1 aja, itu golden banget :D

    BalasHapus
  5. Penasaran ama appa odiga.. tp gw g bsa move on dr triplets....
    Justru krna mrka msh kecil klkuan mrka yah natural aja..smua cat superman return skrng batita,, justru itu yg buat rating mrka mkin baik
    sbliknya appa oddiga byk netizen yg menyayangkan mkin sni ratingnya turun pertama krna ank2nya udh bsar mrka jd tau beracting di dpan kamra, mrka tau mrka terkenal dn jatuhnya jd yeah show of kta netizen sna wktu season 1 lbh bgus dn lbh natural, blm lagi gosip yg ktnya ada konflik internal antra para ayah dn juga staff...buat keadaan jd canggung dn g natural lagi...

    BalasHapus
  6. Iya aku juga emang cuma ngikutin season 1 Appa Odiga dan emang itu bagusss banget. Review aku di atas juga tentang season 1 semua karna emang aku belum sempat ngikutin yg season 2 :)
    Aku jg suka Triplets dan anak2 Superman. Dan lucunya mereka emang rada beda sama Appa Odiga. Overall, aku suka dua duanya sih hehe.

    BalasHapus