Selasa, 15 Oktober 2013

Me and #MyAVYW

Pernah bilang di sini ya, betapa berartinya tulisan Ika Natassa dalam hidupku. Entah dalam bentuk cerita pendeknya di mana - mana (termasuk di sini), blognya, tweet tweet random-nya tiap hari dan tentu dalam bentuk buku bukunya yang melegenda. Ya intinya, aku cintaaaa banget sama gaya tulisan kak Ika ini. Namanya ada di daftar penulis favoritku selain Adhitya Mulya, Dewie Sekar atau Andrea Hirata. Nah khusus kali ini aku mau ngebahas buku pertamanya, A Very Yuppy Wedding.


Buku ini terbit tahun 2007. Pas aku masih SMP. Tapi aku taunya baru sekitar awal tahun 2009. Pas SMP sih, sesuai sama lingkungan sekitar ya, aku biasa baca teenlit aja. Tapi lama lama bosan cuyyyy. Ceritanya terlalu benyek dan aku rasa konfliknya banyak yang gak penting (duh susah ya aku orangnya cepat dewasa sih :p). Nah suatu hari pas lagi ngubek ngubek toko buku cari buku baru, nemulah aku dengan novel ini. Dan udah jatuh cinta dari pandangan pertama :) Pikiran waktu itu adalah, "kece banget ini cover-nya!!! Wajib beli deh wajib!" Kebetulan juga waktu masa masa itu gak peduli sama reputasi penulis dan penerbit, begitu cover dan sinopsis cucok langsung pengen bawa ke kasir aja :D

Tapi eh tapi. Waktu itu aku lagi ke Gramedia sama Mama dan sesuai peraturan gak tertulis, aku gak boleh terlalu gila beli buku sampai ratusan ribu lebih. Kalo beli baju atau kosmetik baru boleh. Ladies and gentlemen, mamaku -_-" Jadi dengan berat hati aku tinggal dulu itu novelnya, tapi aku ingatin cover-nya. Judul sama penulisnya sengaja dilupakan :P Sampai sempat bolak balik Gramed tiga kali tapi novel itu gak pernah jadi prioritas. Kemudian di satu malam aku beli deh karna udah bingung mau beli apa. Dan... itu adalah salah satu keputusan terbaik yang pernah aku buat :D

Karena dari AVYW aku mengenal tulisan Ika Natassa :)

Masih ingat banget perasaan aku pas pertama kali baca buku itu. Aku menghabiskan semalaman nonstop. Cengar cengir sendiri, kesal sendiri. Waktu itu tahun 2009. Dua tahun setelah novel itu terbit dan aku kelas 3 SMP. Agak agak inappropriate mungkin ya kalau dipikir sekarang, mengingat ada beberapa adegan dewasanya. Hihi. Tapi secara emosional kok aku bisa ngerasa lebih relate baca itu ya dibanding baca teenlit teenlit benyek. Gak ngerti juga.

Terlalu banyak yang kusuka dari novel ini, di-list aja kali ya biar enak aku jelasinnya :

  • Tentu ya yang ini nomor satu, covernya!!! Cover novel terbaik yang pernah aku liat. Basically semua novel Kak Ika covernya bagus tapi ini yang terbaik. It's not only good for the eyes, but it contains the soul of the book itself. So that's why it's awesome.
  • Cara nulis kak Ika. Nah ini bingung juga jelasinnya gimana. Suka aja. Ngalir, cepat tapi gak kerasa ditarik tarik, bikin baca berlembar lembar jadi gak kerasa. Bahkan tulisan gado gado bahasanya pun aku suka kok. Samasekali gak bikin kesal kok kakak :)
  • Adjie. And Radit too. Enough said. Hehehehehehe.
  • Referensi tempat tempat gaulnya yang nyata sekali. Gara gara buku ini juga rela berduaan keliling Bandung sama tukang ojek buat beli Batagor Kingsley :D Selain referensi tempat gaul, buku ini juga mengajarkan banyak hal lain terutama tentang dunia kerja di bank dan memperkaya kosakata English. Seriusan, waktu SMP-SMA itu obsesi banget pengen ambil ekonomi biar kerja di Bank.
  • Konfliknya yang gak cemen. Kadang emang kerasa gak penting sih sifat insecure-nya Andrea tapi aku bisa ngerasain kok segala kecemasan dan penyebab dari tingkah lakunya yang aneh aneh itu.
  • Dan sesuai dengan ciri khas Ika Natassa di novel novel selanjutnya ya, ending-nya gak kukuuuuu. Ending ini masih termasuk lemah sih dibanding ending Divortiare yang the best, tapi lumayan lah aku suka karna gak terlalu dreamy tapi bahagia kok :)
  • Full of quotes. And sweet moments too. Yang paling diingat ya pas Andrea sama Adjie makan pizza itu. Ya ampuuuun sweet banget deh juara! :')
Baca buku ini berkali kali sampai halamannya pada lecek :')

Trus karna aku hobi promosi buku bagus dan minjamin orang sana sini (hobi yang masih awet sampe sekarang -_-), aku kehilangan jejak sama #MyAVYW dari SMA. Sedih? Bangetttt. Apalagi kan aku hobi banget tuh baca novel favorit berulang ulang (alasan bisa dibaca di sini). Mau beli baru juga selalu gak masuk prioritas. Too many new books, too little money :( Impiannya ntar mau beli boxset-nya aja biar dapat cover baru semua tapi selalu gak sempat nyisihin uang. Duhhhh kok jadi curhat ya.

Tapi gak nyesal deh hobi pinjam pinjamin itu. Sampai sekarang, teman teman dari jaman SMP dan SMA kadang masih saling kontak dan jadi menggila bersama novel novel Kak Ika. Aku jadi gak merasa gila sendiri :'D Pernah bikin Novi yang pendiam jadi histeris abis bacanya. Bikin Elsa dan Grace jadi lebih update sama buku bukunya Kak Ika (Grace dengan entengnya pernah ledekin aku gara gara telat dapetin Antologi Rasa masaaaa. Dan Elsa pernah ngetweet gini aja -_-). Debbie yang lagi terobsesi pengen di folback sama akun Alex haha. Dan Dewi yang sampe nge-WA demi bilang ini aja... :'D




Hihi asik kan jadi ngobrol seru, gakpapa deh bukunya hilang asal bisa bikin orang gila juga selevel akuuuu :p

Anyway, ini cuap cuap panjang lebar karena lagi ikut kuis #MyAVYW yang diadakan sama kak Ika sendiri melalui akun twitter-nya, @ikanatassa . Jadi ceritanya disuruh bikin tulisan singkat mengenai alasan suka AVYW dan kalo dijadikan film siapa yang cocok jadi pemerannya. Disuruh singkat tapi aku nulisnya panjang lebar. Maaf ya kakak. Udah naluri bacot sejak lahir :| Tapi seriusan AVYW ini bagus banget jadi gak bisa singkat singkat ditulisnya. Lagian buku ini yang paling bersejarah karna buku ini selain mengenalkan aku sama tulisan Ika Natassa juga membuat aku cinta sama genre Metropop sampe sekarang punya belasan buku dengan genre ini :)

Oh iya, menjawab pertanyaan mengenai siapa siapa aja yang cocok buat jadi pemeran karakter di buku ini :
  • Andrea : I have several names on my mind. Tapi kayaknya yang paling mendekati adalah Alexandra Gottardo. Aku pribadi sih gak begitu suka aktingnya. Tapi menurutku fisikly dia Andrea banget.
  • Adjie : Aku suka Richard Kevin sih. Kayaknya rapih gitu, Adjie banget :))
  • Radit : Nah ini dari awal baca udah kebayang Zumi Zola sebagai Radit. Gak tau kenapaaaa. Mungkin karena mukanya rada lubang gitu ya. Tapi dia lagi bermasalah gini gimana dong mau main film lagi (kayak saran ini bakal dipake aja Dit)
Nah tiga pemeran utamanya itu dulu kali ya. Ntar kalo kak Ika request aku yang jadi cast director baru aku pilihin sisanya (mimpi itu indah broooo hehe)

Ayo yang mau ikutan kuis ini buruan yaaa, batasnya sampe tanggal 17 Oktober 2013 dan formatnya bisa dicek di twitter Kak Ika. Hadiahnya menggiurkan deh, first draft AVYW bertanda tangan Kak Ika aja masaaaa. Anyway, doain aku menang yaaa. Kemaren pernah ikut kuis AVYW gratis dari metropop-lover.blogspot.com tapi gagal (duh curhat lagi). Jadi doain yang ini menang ya. Amen!

Dan jika kak Ika berkenan baca sampai akhir, terimakasih sudah mau membaca :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar