Minggu, 10 Mei 2020

Shihab & Aku & Shihab Jilid 2

#DiRumahAja

Memaknai virus yang mewabah dengan humble dan penuh kasih. Ini nih alasan kenapa aku sukaaa sekali dengan program ini. Dan juga pandangan agama mengenai etika beribadah di mesjid alias rumah Allah. Karna itu rumah Allah, kita justru harus seribu kali lebih hati hati untuk beribadah ke sana (dalam hal kebersihan, kesehatan, dll). Jangan karna keegoisan diri untuk pahala pribadi, malah jadi merugikan banyak orang ceunah.





Aku Mencintaimu Lillahi Ta'ala

Menurutku sih ini click bait banget yaaa. Karna judul yang sesuai harusnya ya Kosakata Keagamaan. Dan my oh my, ini menurutku bahasan yang sangat menarik!!! Karna ini sesuatu yang sehari hari banget tapi kan karna ga kontroversial ya jadi jarang gitu dibahas di majelis majelis. Beberapa bagian favoritku : arti mencintai sesuatu semata mata karna Allah. Ya kalau mau mencintai sesuatu karna Allah harus disiplin, ga boleh berlebihan dan ga boleh juga berkekurangan. Plus, harus pada tempatnya. Penting banget ini buat aku yang punya kecenderungan bucin ya kaaan :') Trus kutipan ini juga favoritku "Mengucapkan sesuatu yang berkaitan dengan Allah harus disertai dengan ketulusan dan pengagungan." Huuu dalem banget ya ga sih :/ Sama pengertian hijrah juga yang menurutku humble sekali dan sesungguhnya ya sederhana aja ceunah. Which is meninggalkan yang buruk untuk sesuatu yang baik. Dengan prinsip meninggalkan yang buruk, lebih baik daripada melakukan yang baik (ini contoh ekstrim tentu saja). Also, I read this one already on Ummukh IG, tapi di sini ada disinggung lagi bahwa menegur orang itu, tegurlah jangan di depan umum, karna itu jadinya pelecehan. Kalau bisa tegurnya japri aja gitu sis.

Another favorite quote of mine (buset panjang bener ini tapi serius seru banget kan topiknya) : "Bahasa itu digunakan untuk memberi pengertian, bukan untuk dipamerkan." "Ada orang bicara bahasa Inggris, bahasa Perancis, gak ada yang ngerti. Bukan itu bahasa. Bahasa digunakan, kita mengerti artinya, baru kita sampaikan pada orang, secara mudah dan gampang diterima." Ih ini dalem banget ya kaaaan :') Dan bukan hanya tentang bahasa Arab ya, tapi semua bahasa di dunia.



Pajak, Uang dan Riba Menurut Al-Qur'an

Aku suka gimana di episode ini menjelaskan posisi harta di dalam agama Islam, yang menurutku tidak populer di Islam dewasa ini. Juga redefinisi ibadah. Love bangeeeet huhu. Sesi tanya jawab pun menurutku sangat kepakai di daily life. Wajib nonton untuk pengetahuan yang lebih luas.




Takut Corona Melebihi Takut pada Allah?

Ini pembahasan singkat tapi ngena banget di aku karna pendekatannya sederhana dan logis. Mengenai berbagai macam rasa takut dan bagaimana Islam memandang rasa takut itu sebagai salah satu dari sifat dasar yang pasti dimiliki seluruh manusia.



Jodoh Itu Rezeki, Bagaimana Menjemputnya?

Salah satu poin favoritku adalah di awal pembahasan mengenai cara menjemput rejeki menurut ketentuan yang disarankan Agama. Di sini Abi Quraish mengutip satu ayat Al Qur'an mengenai jaminan rejeki untuk setiap makhluk di bumi yang bergerak. Kemudian Abi underline kata bergerak, dan memberi perumpamaan dengan salah satu makhluk hidup lain yaitu burung. Ditutup dengan kesimpulan, yang sekali lagi terkait dengan tuntunan Islam. Pokoknya cara jelasinnya enak bangettt harus nonton.

Also, love this quote "Syukuri yang sedikit, supaya Allah memberi Anda yang banyak." "Tidak usah menuntun rizki hari esok untuk hari ini, karna Tuhan juga tidak menuntut kita beribadah yang harusnya dilakukan besok di hari ini." "Kurangi kebutuhan Anda, kecuali kepada Allah SWT."

Dan buat para jomblo, ada tips supaya bisa lebih percaya diri dalam menjemput rezeki dalam hal ini pasangan hidup kelak ;) Oh iya buat Mbak Kania, I feel you mbak, I feel you :')


Islam Wasathiyyah, Islam yang di Tengah

Penjelasan sederhana dan menyenangkan (khas Quraish Shihab) mengenai Islam moderat.

Penting. Wajib ditonton.



Klik di sini untuk baca jilid pertama :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar